Berkhasiatnya Buah Jagung


Hallo sobat pembaca semua, jumpa lagi di tips buah. Pada pertemuan kali ini, admin akan membagikan beberapa khasiat buah jagung.

Jagung biasa digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan resep masakan atau sebagai bahan pelengkap seperti, untuk sayur asem, lodeh, bakwan jagung dan lain sebagainya.


Di negara kita sendiri masih jarang menggunakan jagung sebagai makanan pokok, karena makanan pokok sehari-hari kita adalah nasi. Biasanya jagung memang hanya dijadikan sebagai bagian campuran dalam sup atau sayur.

Jagung yang agak tua dapat diolah menjadi popcorn atau di buat untuk pakan ternak. Jagung sangat baik dikonsumsi karena mampu menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat jagung selain sebagai sumber karbohidrat namun sangat banyak mengandung nutrisi yang mampu mengatasi permasalahan kesehatan.

Jagung merupakan sumber yang kaya kalori dan sering dijadikan makanan pokok diluar negara kita. Jagung banyak mengandung sereal. Mengkonsumsi jagung dapat meningkatkan berat badan dengan cepat.

Jagung dapat mengurangi resiko wasir. Kandungan serat jagung dapat berguna untuk membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir. Serat akan membantu memperlancar buang air besar.

Jagung kaya akan manfaat vitamin B, khususnya Thiamin dan Niacin. Thiamin penting untuk menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif. Kekurangan niasin dapat menyebabkan penyakit yang ditandai dengan diare, demensia dan dermatitis yang umumnya diamati pada orang kekurangan gizi. Jagung merupakan sumber asam pantotenat, karbohidrat, protein, dan lemak. Kekurangan asam folat pada wanita hamil dapat menyebabkan kelahiran bayi yang cacat tabung saraf.
Biji jagung kaya akan manfaat vitamin E, sebagai antioksidan alami yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perlindungan kulit tubuh.


Beberapa macam penyakit yang dapat diobati oleh tanaman jagung:

1. Radang pada kandung kemih.

Caranya :
~ambil rambut jagung sebanyak 2 mangkuk (utamakan yang masih muda dan segar)
~lalu rajang dan rebus dengan 4 gelas air selama 15 menit
~Minum air hasil rebusan 3 kali sehari sebanyak masing-masing 1 gelas.

2. Bekas cacar air

Caranya :
~Sediakan jagung muda lalu parut dan gosokkan pada wajah atau bagian badan lain yang berbintik merah.
~lakukan secara rutin dan teratur hingga sembuh.

3. Kencing batu.

Caranya :
~ambil jagung muda
~daun remujung
~murbei
~serta daun meniran yang akarnya dicabut.

Rebus semua bahan dan minum airnya secara rutin. Sebagai tambahan, hindari makananan yang terlalu banyak mengandung minyak, seperti gorengan.

Baiklah sobat pembaca semua, semoga apa yang admin bagikan bisa bermanfaat bagi sobat semua.

Advertisement

0 Response to "Berkhasiatnya Buah Jagung"

Post a Comment

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!