Manfaat Cahaya Matahari

Matahari, orang banyak mengenal sebagai sumber penerang yang yang utama bagi kelangsungan hidup, semua makhluk yang ada di bumi ini. Adanya matahari memberi kehidupan bagi banyak makhluk, hewan maupun jutaan jenis tumbuhan, semua bergantung pada matahari.


Ada juga yang berfikir matahari bisa merusak kulit, pendapat itu bisa juga dikatakan benar, dengan catatan matahari yang mengenai kulit ketika pukul 12.00 siang. Artinya ketika posisi matahari berada diatas kepala kita.

Karena ketika posisi matahari berada diatas kepala kita, matahari mengeluarkan cahaya yang dapat membuat kulit kita tidak sehat.

Namun dibalik semua itu ada juga manfaat cahaya matahari untuk kesehatan tubuh kita. Karena semua yang diciptakan Sang Pencipta pasti memiliki manfaat yang belum bisa terungkap secara utuh. Butuh penelitian dan riset lebih dalam lagi agar mengetahui manfaat dari cahaya matahari tersebut.

Akan tetapi para pembaca tidak usah khawatir, karena admin akan membagikan beberapa manfaat dari cahaya matahari baik itu bagi manusia, hewan maupun tumbuhan. Diantaranya yaitu :

Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan

1. Menyehatkan tubuh

Betul sekali, cahaya matahari pagi dapat menyehatkan tubuh. Caranya bagaimana..?, jemurlah tubuh anda ketika pukul 08.00-09.00 pagi, dengan menjemurkan tubuh akan meningkatkan suhu tubuh. Tubuh lebih hangat dan keringat akan mudah keluar.

2. Membunuh kuman

Cahaya matahari dapat pula membunuh kuman ketika kita menjemurkan pakaian maupun kasur yang sedang kita jemur.

3. Meningkatkan hormon melatonin

Caranya sangat mudah, yaitu jemur tubuh anda pada pagi hari antara pukul 08.00-09.00 untuk meningkatkan produksi hormon melatonin dan memudahkan anda tidur di malam hari.

4. Menganduk vitamin D

Betul sekali, cahaya matahari pagi juga sangat baik untuk pembentukan tulang, karena cahaya matahari pagi banyak mengandung vitamin D.

5. Mempercepat pertumbuhan pada tanaman

Cahaya matahari juga dapat mempercepat pertumbuhan tanaman, karena cahaya matahari juga banyak mengandung zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan.

6. Mata kita jadi sehat

Dengan adanya cahaya matahari, mata kita jadi dapat melihat apa pun dengan maksimal. Dan susunan saraf pada mata dapat bekerja dengan baik, dan mata kita jadi lebih sehat

7. Mengobati sakit kuning

Cahaya matahari juga mampu mengobati penderita sakit kuning. Biasanya sakit kuning ini terjadi pada bayi yang baru melahirkan, sehingga diperlukan cahaya matahari untuk meningkatkan anti body pada tubuh bayi. Ketika anti body telah aktif, maka bakteri-bakteri pembawa sakit kuning akan diserang oleh anti body tubuh kita.

Sebenarnya masih banyak manfaat yang lain tentang cahaya matahari. Admin hanya berbagi beberapa saja dalam posting kali ini. Agar pembaca lebih mudah menyerap maksud dari artikel ini.

Baiklah semoga tulisan kali ini dapat bermanfaat untuk para pembaca semua.


Advertisement

0 Response to "Manfaat Cahaya Matahari"

Post a Comment

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!