Berkhasiatnya Buah Rambutan

Buah rambutan sangat populer di indonesia

Hallo sobat pembaca yang selalu update membaca di sini. Apa kabarnya..? Semoga sobat selalu sehat dan tetap semangat menjalani aktifitas yang semakin padat.

Baiklah pada sesi pertemuan berikut ini, admin akan berbagi seputar tips buah rambutan yang mungkin sudah sering sobat jumpai.


Rambutan, buah yang satu ini terdapat jika musimnya telah tiba. Jadi, jika tidak musim rambutan akan sangat sukar mencari buah yang satu ini.

Di negara kita musim rambutan di perkirakan pada bulan desember, januari dan februari. Kebiasaan ini sudah menjadi ciri khas, karena pada bulan tersebut curah hujan di negara kita cukup lebat. Jadi tidak heran jika buah yang satu ini dapat tumbuh dengan subur.

Buah yang memiliki ciri khas berbulu ini sudah banyak dikenali oleh masyarakat kita sejak dulu kala. Dari yang kulitnya berwarna hijau, merah maupun yang kuning tergantung varietas bibit pohon tersebut.

Buah yang satu ini memiliki banyak macam nama, dari yang bernama rambutan aceh, binjey, sinyonya dan lain sebagainya. Dan tentu saja yang banyak di sukai adalah yang daging buahnya mudah terkelupas (melotok).

Sungguh tak disangka buah yang satu ini pula memiliki banyak khasiat yang berguna untuk kesehatan tubuh kita. Di zaman yang serba canggih ini, sudah banyak para ahli yang melakukan riset mengenai kandungan buah yang satu ini.

Sifat dan Khasiat

Kulit buah yang satu ini pula berkasiat sebagai obat penurun panas. Biji rambutan berkhasiat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh kita. Sungguh banyak sekali manfaat yang terkandung dalam buah yang satu ini.

Kandungan Kimia buah yang satu ini terdiri dari :

Buah mengandung :
~karbohidrat
~protein
~lemak
~fosfor
~besi
~kalsium
~vitamin C

Kulit buah mengandung :
~tanin
~saponin

Biji mengandung :
~lemak
~polifenol

Daun mengandung :
~tanin
~saponin
~flavonoida
~petic
~substances
~zat besi.

Khasiat buah yang satu ini yaitu :

Dari sejak zaman dahulu kala, para kakek dan nenek kita sudah meramu berbagai jenis obat tradisional dari berbagai tanaman. Sehingga ilmu tentang pengobatan tersebut di wariskan kepada generasi selanjutnya. Sehingga terciptalah berbagai jenis obat, salah satunya dari buah rambutan ini. Diantaranya yaitu :

©Kulit buah digunakan untuk mengatasi :
~Demam
~Disentri

©Kulit kayu digunakan untuk mengatasi
~Sariawan

©Daun dugunakan untuk mengatasi :
~Menghitamkan rambut
~Diare

©Akar dugunakan untuk mengatasi :
~Demam

©Biji digunakan untuk mengatasi :
~Kencing manis

Demikian tips buah kali ini, semoga kita tidak ragu lagi untuk mengkonsumsi buah yang satu ini.

Advertisement

2 Responses to "Berkhasiatnya Buah Rambutan"

  1. bosen aahh!! Rambutan, kalau dah musim diJl.Raya Lenteng Agung Ceban 4 ikat.... mending buah yang ada susuya....????

    ReplyDelete
  2. @satria salju
    buah yang ada susunya ?
    apa ya.. ?

    ReplyDelete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!