Cara Membuat Susu Kedelai

Cara membuat susu kedelai sendiri

Siapa yang tak kenal dengan kedelai, salah satu bahan pembuat tempe dan tahu ini ternyata bisa di buat susu. Penasaran kepingin tahu lebih jauh..?

Susu adalah minuman yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi jika kita bisa membuatnya sendiri, tentu lebih menghemat biaya bukan..? Susu yang beredar di pasaran saat ini adalah susu yang dibuat dan diolah oleh beberapa pabrik dan home industri. bagi sobat yang yang ingin merasakan  susu dengan rasa berbeda  sobat bisa  mencoba susu dari kedelai. ada baiknya pula sobat bisa membuatnya sendiri di rumah.


Bahan yang akan kita olah adalah dari kacang kedelai. Mungkin sobat sudah banyak mendengar mengenai bahan satu ini. Namun tahukah sobat bahwa kedelai merupakan salah satu jenis bahan makanan yang mempunyai kandungan kaya akan manfaat untuk tubuh, yaitu dengan protein dan gizinya yang belum diketahui semua orang.

Dengan mengetahui cara mengolah yang benar dan bahan sesuai takaran, sobat akan mampu membuat susu kedelai yang sehat dan lezat. Apakah sobat tertarik? Pada artikel ini, admin akan berbagi tips cara membuat susu kedelai yang mudah.

Bahan yang diperlukan adalah :

  ~  ½ kg kacang kedelai
  ~ 1 bungkus vanili
  ~  Gula pasir secukupnya
  ~  Garam secukupnya

Alat-alatnya terdiri dari :

 ~  Kompor
 ~  Blender
 ~  Panci
 ~  Saringan

Cara membuatnya yaitu :

~  Siapkan kedelai yang akan diolah
~  cuci bersih dengan menggunakan air mengalir
~  Rebus kedelai kurang lebih 15 menit
~ Angkat rebusan kedelai lalu rendam menggunakan air bersih selama kurang lebih 12 jam agar lunak dan kulit arinya mengelupas
~  Lalu cuci bersih sambil membersihkan sisa kulit yang masih tersisa
~  Tiriskan
~  Blender dengan ditambahkan air secukupnya
~  Tuang kedelai yang sudah diblender ke dalam sebuah wadah
~   tuangkan air mendidih secukupnya.
~  Saring untuk memisahkan ampas
~  Susu kedelai buatan sobat telah jadi.

~ Untuk mengkonsumsinya biar aman dan sehat, sobat harus memasaknya hingga matang atau mendidih selam 15 menit, untuk menghilangkan bakteri bakteri jahat.
 
~ Setelah rebusan susu kedelai mendidih, kecilkan api sambil terus mengaduk susu kedelai hingga kurang lebih 15 menit. Lakukan Cara ini agar sari sari kedelai mengendap dan susu kedelai bertahan lama.
~  Tambahkan garam dan gula secukupnya
~  tambah vanili biar wangi
~  susu kedelai siap disajikan

Susu kedelai memang terbentuk dari hasil proses kacang kedelai yang dihaluskan dan disaring, hingga menghasilkan sari-sari kedelai yang sarat akan gizi dan vitamin di dalamnya. Adapun manfaat susu kedelai sebagai berikut :

Manfaat susu kedelai

1.Mencegah osteoporosis

Susu kedelai dapat juga mengatasi kerapuhan pada tulang. Osteoporosis merupakan penyakit yang disebabkan tubuh kekurangan hormon seiring dengan bertambahnya usia. Fitoestrogen dalam kacang kedelai dipercaya dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya masa tulang (penyebab osteoporosis). Agar hasilnya maksimal, anda bisa mengkonsumsi susu kedelai secara teratur. Bisa juga ditambah sering berjemur pada pagi hari, untuk menguatkan tulang.

2. Menurunkan kolesterol tinggi

Susu kedelai memang cukup ampuh untuk mengatasi kolesterol yang tinggi. Susu sapi mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Lain halnya dengan susu kedelai, ia mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang terbukti cukup efektif untuk menghambat pengangkutan kolesterol kedalam aliran darah. Penelitian telah membuktikan konsumsi susu kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika anda secara rutin mengkonsumsi susu kedelai maka kolesterol yang tunggi tersebut akan mudah diatasi.

3. Mengurangi diabetes

Ya, susu kedelai juga sangat berguna untuk mengurangi diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang muncul akibat tubuh mengonsumsi gula lebih banyak. Mirisnya, hingga sekarang belum ada obat yang dapat menyembuhkan diabetes. Sebagai penderita kita hanya bisa mengontrol gula darah agar tetap berada di angka normal.

Mengkonsumsi susu kedelai dapat membantu menjaga gula darah tetap normal. Berbeda dengan susu sapi, kedelai mengandung 5 gram gula lebih rendah. Apalagi didukung dengan kandungan protein nabati tinggi yang dapat membantu penyerapan gula dalam tubuh. Susu kedelai memiliki kandungan gula yang rendah, sehingga sangat baik digunakan bagi penderita diabetes.
 
Baiklah sahabat semua semoga sobat bisa melakukan tahap demi tahap dalam membuat susu kedelai ini. Selamat bereksperimen dan semoga sukses selalu.

Advertisement

3 Responses to "Cara Membuat Susu Kedelai"

  1. susu kedelai banyak maanfaatnya utk kesehatan, tp aku kurang begitu suka nih

    kalau susu coklat bolehlah
    hehe
    makasih sharenya

    ReplyDelete
  2. kalau kelebihan susu cap kutang apa pak..?

    ReplyDelete
  3. Aku pernah sih, dulu bikin. Tapi gagal hehehe. Mungkin ini alternatif bagi yang nggak suka atau alergi susu sapi.

    ReplyDelete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!