Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Jahe merupakan tanaman yang selalu akrab dengan kaum hawa di dapur. Jahe biasa digunakan sebagai bumbu pelengkap suatu masakan. Aromanya yang khas membuat masakan terasa lezat. Di samping itu pula jahe juga dapat dibuat berbagai jenis minuman hangat dan berkhasiat.


Tanaman jahe termasuk kedalam kategori suku Zingiberaceae. Nama ilmiah dari jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari bahasa sanskerta singaberi. Di indonesia sendiri orang sudah terbiasa menyebut jahe.

Berbagai jenis manfaat yang dapat diolah dari tanaman yang satu ini, rasanya yang sedikit pedas, hangat bila melewati tenggorokan kita dan penghangat untuk tubuh kita.

Dimusim hujan fungsi jahe sangatlah penting, orang kita biasanya membuat berbagai jenis minuman hangat seperti wedang jahe, bandrek, jahe wangi dan lain sebagainya. Hal ini sudah menjadi kebiasaan secara turun-temurun.

Disamping sebagai bahan bumbu masak maupun minuman hangat, ternyata jahe juga dapat dibuat berbagai jenis obat-obatan. Anda bisa lihat sudah banyak sekali produk obat dan jamu tradisional yang menggunakan bahan jahe tersebut. Jahe memang terkenal banyak sekali manfaatnya, diantaranya yaitu :

 Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh kita

1. Sebagai pelengkap masakan

Jahe bisa sangat bermanfaat sebagai bumbu pelengkap masakan dan sangat berkhasiat untuk tubuh. Jahe juga berfungsi menghilangkan bau amis pada ikan, dan menambah nafsu makan.

2. Membuat tubuh kuat

Kandungan senyawa yang dimiliki oleh jahe ada yang bersifat inklamasi. Hal ini sangat efektif sekali untuk membangun otot pada bagian tubuh kita. Di dalam jahe juga terdapat zat besi yang berguna untuk menguatkan otot.

3. Menurunkan Berat Badan

Jahe berfungsi juga untuk melebarkan pembuluh darah yang membakar kalori menjadi panas tubuh. Selain itu, jahe hanya mengandung sedikit kalori sehingga tidak berkontribusi menaikan berat badan kita. Apabila dikonsumsi setiap hari maka bisa menurunkan berat badan.

4. Obat masuk angin

Jahe juga berfungsi untuk mengobati masuk angin. Dengan meminum air jahe hangat, maka reaksi tubuh akan semakin kuat dan mendorong angin keluar, baik lewat mulut, pori-pori maupun dubur.

5. Membersihkan racun tubuh

Apabila kita sering mengkonsumsi jahe dengan cara diseduh, biasanya hal tersebut dapat membuat tubuh kita berkeringat. Dengan berkeringat itulah racun dan toksin di dalam tubuh keluar.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Jahe memiliki kemampuan dalam melebarkan pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin. Oleh karena itu, darah akan mengalir lebih cepat dan menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

7. Mengencerkan darah

Tanaman jahe juga mengandung senyawa yang bernama gingerol, yang mana senyawa tersebut merupakan salah satu senyawa yang bisa mencegah terjadinya pergumpalan darah. Sehingga darah tetap stabil dengan standar keencerannya.

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk pembaca semua.
Advertisement

3 Responses to " Manfaat Jahe Untuk Kesehatan"

  1. Banyak juga khasiat jahe, apalagi di musim pancaroba. Daya tahan tubuh perlu dijaga dengan adanya tanaman herbal sepweti jahe. Saya sendiri seeing mengkonsumi jahe merah yang dibakar teelebih dahulu, baru diseduh dengan air hangat.

    ReplyDelete
  2. Jahe banyak manfaatnya apalagi pas musim penghujan untuk penghangat tubuh. (wedang jahe)

    ReplyDelete
  3. Jadi inget manfaat jahe untuk jari kaki saya yang pernah tersandung dan membengkak. Dengan diparut dan ditempelkan pada jari yang membengkak lalu diperban, biarkan sampai mengering, jari kaki saya langsung sembuh, dan jangan lupa berdoa.

    ReplyDelete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!