Manfaat Tersenyum

Siapa sangka sebuah senyuman dapat memiliki berbagai manfaat. Tentu anda semua belum bisa menerima sebelum mengalaminya sendiri. Jika kita sudah mengalami, maka kita baru percaya akan manfaat sebuah senyuman.


Di perkembangan zaman yang semakin canggih, bentuk-bentuk senyum pun mulai dikembangkan lewat sebuah media emoticon gambar yang melukiskan berbagai perasaan hati manusia. Emoticon tersebut ada yang bergambar senyum, marah, kesal, bahagia dan lain sebagainya.

Jika anda belum tersenyum hari ini, mari kita mulai belajar tersenyum untuk diri kita dan orang lain. Memberikan senyum itu ibadah. Walau sederhana akan tetapi bermanfaat kepada diri kita dan orang lain. tunjukan betapa kita bahagianya pada hari ini. Meskipun banyak sekali masalah kehidupan yang kita hadapi, cobalah untuk tetap tersenyum karena senyum itu banyak sekali khasiat yang kita tidak ketahui. Adapun manfaat dari senyum adalah :

Manfaat sebuah senyum

1. Obat awet muda

Tersenyum merupakan salah satu jalan agar kita selalu bahagia. Dengan selalu tersenyum akan meningkatkan perubahan sel-sel pada tubuh bekerja lebih cepat dan menggantikan sel-sel yang sudah tua.

2. Sebagai obat kesehatan

Tidak ada yang menyangka bahwa tersenyum dapat membuat kita sehat. Sering tersenyum akan meningkatkan sel anti body yang berada di dalam tubuh bekerja lebih cepat dan melumpuhkan zat-zat beracun dalam tubuh.

3 . Sebagai daya pemikat

Siapa sangka senyum yang terlihat sederhana memiliki pengaruh yang kuat untuk memikat siapa pun. Senyum yang indah akan membuat suasana hati orang yang melihat jadi bahagia. Pada umumnya orang akan merasa lebih tertarik kepada orang yang selalu tersenyum. Orang yang selalu tersenyum sejatinya punya daya tarik tersendiri dan juga terlihat orang yang selalu berpikiran positif.

4. Sebagai pengurang stres

Anda boleh percaya atau tidak, senyum bisa mengurangi stres karena beban fikiran yang sudah terlalu lama menumpuk. Ketika stres mulai menyerang, cobalah anda untuk tersenyum, maka stres anda pun akan berkurang dan hilang dengan sendirinya sehingga anda akan merasa jauh lebih baik dan siap untuk menjalani kehidupan yang baru dengan suasana baru yang lebih segar.

4. Sebagai perubah suasana

Apakah anda pernah mengalami, saat teman atau pun pacar yang sedang marah. Jika pernah mengalami, maka obat yang mujarab pertama kali adalah cukup berikan senyuman. Maka suasana pun akan berubah seperti biasa.

5. Senyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ketika kita tersenyum, sistem imun didalam tubuh akan bekerja dengan lebih baik. Ketika fungsi imun mengalami peningkatan, maka orang tersebut akan merasa lebih rileks dan terhindar dari penyakit seperti pusing dan pilek.

7. Sebagai pereda sakit

Senyum bisa melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit dan serotonin. Sebuah study telah membuktikan bahwa senyum itu bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat yang alami. Sungguh teramat banyak manfaat dari sebuah senyuman.

Sedangkan apabila kita kurang tersenyum itu bisa sangat berbahaya pula bagi kesehatan. Manusia adalah makhluk sosial dan tidak bisa lepas dari yang namanya berbaur dan berkomunikasi setiap saat. Senyum sangat dibutuhkan sebagai jalan untuk mencairkan suasana ketika sedang berkomunikasi.

Banyak para ahli yang sedang mendalami berbagai manfaat dan efek samping tentang sebuah senyuman. Sangat disayangkan, apabila ada seseorang yang jarang tersenyum. Adapun efek jika kita jarang tersenyum sebagai berikut :

Efek jarang tersenyum

1. Mudah marah

Orang yang jarang tersenyum biasanya akan memiliki sifat sensitif yang berlebih dan mudah tersingguh serta marah. Ketika banyak problem yang sedang dihadapi orang yang jarang tersenyum akan merespon dengan sifat marah.

2. Mudah terserang penyakit

Orang yang jarang tersenyum ternyata akan mudah terserang berbagai jenis penyakit. Hal ini tentu sudah banyak dibuktikan oleh para ahli yang meneliti tentang manfaat sebuah senyum.

3. Sulit bergaul

Apakah anda pernah melihat orang yang kurang tersenyum akan sulit bergaul. Jika ya, anda pasti mengetahui jawabannya. Orang yang kurang tersenyum atau pun tidak pernah tersenyum akan sulit ketika berkomunikasi dengan lawan bicara. Semua yang ia bicarakan terasa kaku dan sulit memahami.

Senyum itu memiliki manfaat yang sangat luar biasa sekali terhadap kehidupan kita. Cobalah untuk tersenyum dengan ikhlas, maka anda akan mendapat manfaat senyum tersebut. Tapi perlu di ingat pula jangan tersenyum seorang diri karena nanti dikira orang gila.
Advertisement

2 Responses to "Manfaat Tersenyum"

  1. Tapi kalau tanggal Tua terkadang semua itu cuma sia2 saja pak... senyumnya juga terpaksa betul toohh!!!

    ReplyDelete
  2. Senyum itu menyenangkan saya mengawali pagi hari dengan senyuman karena dengan senyum semua terasa mudah dikerjakan, beban pikiran ilang dan jadi fokus dengan kerjaan.

    Oia ijin follow blognya.

    ReplyDelete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!