Cara Membuat Contact-Us Dengan Google Form

Apa kabar semuanya.. Hari ini admin akan berbagi mengenai cara mudah membuat halaman Contact-Us dengan menggunakan google form.

Sebenarnya tutorial ini tidak sengaja admin dapat, karena beberapa hari yang lalu layanan foxyform tidak terlihat di blog admin. Di saat kebingungan inilah admin mencoba browsing mencari tahu, apa yang sedang terjadi pada layanan contact tersebut. Alhasil nihil.


Akhirnya setelah berdiskusi dengan para sahabat blogger di Taiwan, admin menemukan solusi untuk membuat layanan Contac-Us dengan menggunakan google form.

Admin mulai bertanya mencari tahu tentang cara membuat Google form. Ternyata membuat google form itu mudah. Anda bisa langsung membuat lewat dasboard blogger. Ya, betul sekali lewat deretan menu yang paling atas. Perhatikan gambar dibawah ini.


Silahkan anda klik lainnya, maka anda akan ada menu kebawah (dropdown). Setelah itu anda klik yang bertuliskan 'masih banyak lagi' (more). Maka akan terbuka menu baru yaitu deretan produk google. Perhatikan gambar dibawah ini.


Setelah itu anda cari dan klik yang bertuliskan formulir (form), setelah itu klik buka formulir. Maka anda akan dibawa pada pengeditan formulir. Anda bebas berkreasi sesuka anda, seperti membuat formulir untuk layanan contact, formulir survei dan masih banyak lagi.

Setelah disusun formulirnya sesuai dengan keinginan anda. Langkah selanjutnya cari menu kirim. Perhatikan gambar dibawah ini. Itulah menu kirim yang terlihat pada ponsel android admin.


Setelah itu anda akan dibawa pada gambar seperti dibawah ini. Setelah itu anda klik yang bergambar seperti ini <>. Maka akan terbuka link iframe yang akan anda pastekan pada laman blogger di mode 'Html'. Jangan lupa ubah lebarnya menjadi 300 px dan tingginya 500 px. Seperti gambar dibawah ini. Jika lebar dan tinggi sudah sesuai maka tinggal klik salin, lihat pada gambar.


Setelah dipastekan, jangan lupa beri judul diatasnya. Lalu simpan dan terbitkan (publish).

Selamat anda telah berhasil membuat Contact-Us lewat Google form. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda yang sedang kebingungan membuat layanan Contact-Us.
Advertisement

11 Responses to "Cara Membuat Contact-Us Dengan Google Form"

  1. ini indra hidayat user MWB Dulu ya kan? wah berarti ketemu lagi nih sob hhee
    .
    membuat form contact us memang penting buat menampung saran pertanyaan atau krtikan dari visitor ya, thanks tipsnya.

    ReplyDelete
  2. @Rio Agustya
    He..he..
    Ketemu lagi, terima kasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete
  3. mas aku akhirnya bisa ganti template via hp hhh jadul bgt ya..oh ya contack us nya kapan kapan deh bisa di coba..makasih share nya

    ReplyDelete
  4. Beehh.. Mantep sob, ini bisa buat ngontak cewe kaga sob? Hehe aku nanti aja ah bikinnya

    ReplyDelete
  5. @Jaey Langkung
    Bisa juga, kalau siap di gerebeg he..he.. 😂

    ReplyDelete
  6. maaf, mau nanya min, fungsi dari google from ap ea.?
    maaf masih baru dalam urusan blog.

    ReplyDelete
  7. @Wadud mrf
    Fungsi google form untuk membuat formulir gan, bisa formulir survei online, formulir pendaftaran online, maupun formulir Contact secara online.

    ReplyDelete
  8. untuk tips yang satu ini saya jadi pengamat saja ya...
    ngeblog sepertinya jadi hal yg istimewa bagi saya...
    sukses terus and keep move on....

    ReplyDelete
  9. @Amrana
    Silahkan pak, sambil ngopi lebih asyik

    ReplyDelete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!