Cara Mudah Atasi Link Error 404

Kesalahan pada perayapan terkadang banyak yang tidak menyadari termasuk admin sendiri. Karena pada awalnya memang belum memahami apa itu link error 404.

Berbekal alat tempur seadanya untuk meluncur kedunia maya bukanlah suatu halangan, malah menjadi kegiatan yang semakin seru untuk memutar otak. Berpacu dengan waktu mencari maksud dari link error 404 dan akhirnya ketemu.


Link error ini terjadi banyak faktor, dan salah satu pengalaman admin sendiri setelah berpindah dari blog ponsel yaitu Mywapblog menuju Blogger. Tanpa admin sadari banyak link yang rusak (broken link). Betapa kagetnya admin setelah mengecek di google webmaster link yang rusak mencapai 312. Oh my God !

Dan akhirnya sudah admin perbaiki, walaupun harus memakan waktu 2 hari. Karena harus memperbaiki secara manual dan akhirnya selesai juga.

Untuk anda yang ingin memperbaiki link error 404, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara perbaiki link error 404


1. Silahkan anda masuk ke Google webmaster tool. Setelah itu anda cari kata perayapan (crawl). Perhatikan gambar dasboard dibawah ini.


2. Lalu anda klik kesalahan perayapan (crawl errors). Maka pada bagian bawah akan terlihat deretan link yang error 404.

3. Langkah selanjutnya anda centang semua dan kemudian anda klik kata download. Maka akan ada menu melayang seperti dibawah ini, silahkan anda pilih "Google Docs", setelah itu anda klik Ok. Maka link tersebut akan terdownload dan tersimpan pada notepad atau Spreadsheet.


4. Langkah selanjutnya silahkan anda salin satu link yang error tersebut. Kemudian anda kembali ke dasboard webmaster tadi dan anda klik kata " Indeks", lalu anda klik lagi kata "Remove URLs."

5. Setelah itu anda cari dan klik kata "Temporarily hide" , maka akan terbuka kotak isian.

6. Langkah selanjutnya anda pastekan link yang sudah anda salin tadi, kemudian anda klik kata "Continue". 


7. Setelah itu anda klik kata "Submit Request". Ulangi cara diatas satu-persatu sampai link terakhir yang error tersebut selesai anda pastekan semua.

8. Setelah semua link selesai anda paste dan submit, langkah berikutnya anda klik kata  "Crawl", lalu anda klik kata " Crawl Errors". Lihat kebagian bawah pada link yang error tersebut.

9. Silahkan anda centang semua, lalu anda klik "Mark As Fixed". Maka akan ada menu melayang, lalu anda klik Ok. Maka deretan link yang error tersebut sudah hilang seperti gambar dibawah ini.


Jika cara diatas anda ikuti secara bertahap dan seksama maka anda telah berhasil memperbaiki link error 404 di website anda.

Hanya ini yang bisa admin bagikan semoga bermanfaat dan tetap berusaha good luck.
Advertisement

6 Responses to "Cara Mudah Atasi Link Error 404"

  1. Sama, link eror blog saya juga lebih 300, saya pun juga harus bekerja lebih dari dua hari untuk memperbaikinya.

    Untungnya ada kopi hitam yang menemaninya jadi kepala nggak begitu terasa mumet. hehehe

    ReplyDelete
  2. @Lisa Nel
    Beruntunglah sudah ditemani kopi dalam memperbaiki link error

    ReplyDelete
  3. @Faranggi Eva Lutfika
    Penyebabnya sangat banyak, diantaranya ada tautan yang mengarah ke blog kita sudah rusak (broken link), bisa juga karena kesalahan pada penulisan ketika mengedit ulang artikel lama yang ingin di perbarui, bisa juga ketika mengimport file xml tidak langsung diterbitkan melainkan di simpan di draft.bisa juga karena kesalahan perayapan ketika sedang mengedit kategori dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  4. Wow.... saya belum chek artikel blogku, mas.
    Perlu perhatian khusus nih, kalau ternyata banyak link error.

    ReplyDelete
  5. @Djacka Artub
    Sebaiknya sering di kontrol tentang kesehatan blog kita, jangan sampai terjadi broken link

    ReplyDelete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!