--> Skip to main content

Ikatan Rahasia Manusia

Salam jumpa kembali sobatku semua, semoga dalam keadaan sehat wal afiat. Untuk kajian kali ini saya akan mengupas mengenai ''ikatan rahasia manusia''.
Para sobatku semua mungkin pernah sekali waktu berfikir mengenai apa itu arti hidup..?, atau mungkin pernah terlintas dalam hati untuk apa saya hidup..?, atau mungkin juga pernah berfikir kemana saya setelah kehidupan ini.


Pertanyaan di atas mungkin menurut sobat sangatlah sepele dan sederhana, hanya butuh beberapa menit saja sudah bisa terjawab. Akan tetapi pernahkah berfikir mengenai arti hidup yang lebih mendalam dan arti hidup yang belum pernah terpikirkan bahkan terlintas dalam setiap hati manusia. Apakah kita harus berfikir sampai sejauh itu ?, kebanyakan dari kita pasti akan menjawab, hidup itu simple jalani saja dengan apa adanya. Tapi ada juga sebagian orang yang memaknai hidup ini dengan begitu mendalam.

Waduh, sepertinya pemikirannya terlalu berat nih bro..?

Ok sebelum melanjutkan membaca, sebaiknya siapkan dahulu segelas Kopi biar rileks, karena ketika otak kita sudah rileks maka soal dan masalah seberat apa pun akan terasa ringan.

Baiklah saya akan mengupas sedikit demi sedikit mengenai arti hidup yang berkaitan dengan ikatan rahasia manusia. Ikatan disini maksudnya adalah keterhubungan dari awal sampai akhir, dan arti rahasia disini maksudnya segala apapun yang belum pernah kita lihat, kita dengar, terlintas dalam fikiran maupun tersirat dalam hati. Manusia pasti punya banyak ikatan atau keterkaitan dengan apa pun, karena di dalam tubuh manusia itu sendiri terdapat berbagai macam unsur yang berada di alam semesta. Jadi manusia dan alam semesta itu tidak bisa dipisahkan karena ada ikatan dan hubungan yang saling membutuhkan.

Begitu juga dengan tumbuhan dan hewan, pasti ada keterkaitan yang belum bisa kita tangkap secara nyata. Banyak sekali hubungan-hubungan misterius antara manusia dan tumbuhan maupun hewan. Sebagai contoh hubungan manusia dan hewan seperti kambing, manusia butuh kambing untuk diambil susunya atau dagingnya. Begitu juga kambing butuh manusia sebagai tanda bukti di akhirat kelak, bahwa ia pernah dirawat  dan dikorbankan secara baik oleh majikannya. Kambing mengabdi kepada manusia, hanya saja manusia belum memahami niat baik kambing tersebut.

Arti hidup menurut saya adalah mengenal, mengetahui dan memahami. Mengenal disini maksudnya adalah mengenal diri sendiri dan mengenal siapa yang menciptakan. Lalu yang kedua adalah mengetahui maksudnya adalah mengetahui akan asal muasal diri kita sebagai manusia. Kemudian yang ketiga adalah memahami maksudnya adalah memahami akan kedudukan dan fungsi kita, bukan hanya sebagai manusia melainkan juga sebagai pembawa amanah. Ya, manusia sebagai khalifah di muka bumi. Ingatlah bahwa seorang pemimpin itu akan dimintai pertanggungan jawabnya kelak di kemudian hari, jadi tetap waspada terhadap masalah sekecil apa pun.

Banyak sekali manusia yang belum sampai pada tahapan mengenal diri, apa lagi mengenal siapa yang menciptakan. Memang tidak mudah untuk mengenal diri itu. Butuh perjuangan baik waktu, pemikiran, tenaga maupun materi. Semua dikorbankan dalam rangka mengenal diri. Butuh proses yang terus-menerus agar tercapai pengetahuan yang dimaksud. Akan tetapi yakinlah bahwa dimana ada niat, pasti ada jalan.

Maksudnya gimana bro..? Tolong lebih spesifik..! Sebagian manusia hanya mengenal berdasarkan penglihatan dan bukan berdasar pemahaman seperti mengenal nama, tanggal lahir, tempat dilahirkan, umur, tinggi badan, bentuk tubuh dan organ tubuh yang ada pada diri manusia itu sendiri. Apakah hanya sebatas itu yang dikatakan mengenal diri..? Itu semua hanya yang terlihat oleh mata kita. Akan tetapi banyak sekali yang belum kita ketahui dari sisi yang berbeda.

Sebenarnya manusia itu terdiri dari 2 unsur, yaitu unsur yang terlihat dan unsur yang tidak terlihat. Unsur yang terlihat seperti anggota tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki. Lalu apa yang di maksud unsur yang tidak terlihat, yaitu suatu unsur yang tidak bisa di lihat oleh mata fisik kita seperti, sukma, ruh, saudara bathin, ataupun alam ghaib yang memiliki ikatan rahasia dengan manusia.

Pernahkah terfikir untuk mengenal apa itu sukma, atau ruh kita, atau saudara bathin, ataupun alam ghaib yang sebenarnya selalu terhubung dengan kita.
Lalu bagaimana kita bisa mengenal siapa yang menciptakan kita, sedangkan mengenal diri saja belum bisa..!. Apakah sepenting itu bro..? Kita harus mengenal ruh kita..? He..he. Karena yang kembali kepada Tuhan bukanlah yang bersifat jasad melainkan ruh. Perlu digarisbawahi bahwa tubuh manusia ini adalah hanya wadahnya saja, dan yang akan kembali kepada Sang Pencipta adalah isinya yaitu Ruh. Gunakan wadah yang telah diberikan oleh Sang Pencipta ini sebaik mungkin, dan usahakan selalu berterima kasih telah diberi kesempatan hidup dan berbagai nikmat hidup

Apakah ada cara agar bisa mengenal ruh kita..? Seperti pepatah mengatakan banyak jalan menuju roma, pasti ada cara asalkan kita mau berfikir. "Karena jasad itu cuma tempat isinya adalah ruh, jika manusia mampu menguasai jasadnya maka isinya akan berguna untuk kehidupan sesungguhnya". Hidup di dunia ini sangat singkat, amat sangat disayangkan apabila waktu yang kita gunakan ini hanya untuk bermain-main saja. Ingatlah bahwa tujuan hidup kita itu mengabdi kepada Sang Pencipta. Jadi, gunakan sisa waktu anda ini untuk selalu berbuat kebajikan kepada siapa pun.

Seperti sebuah Blog yang harus terhubung dengan para pembacanya. Bisa lewat Sosial media, bisa juga tanpa sosial media yang intinya semua saling terhubung lewat media apa pun.

Baiklah saya kasih petunjuk sedikit, sering-seringlah memasuki alam keheningan, alam yang tidak bisa terlihat oleh mata fisik maupun terdengar oleh pendengaran. Dan satukan cipta rasa anda disana. Ketika ketenangan dan kedamaian telah menghampiri anda, maka anda akan mendapatkan kedamaian dan pencerahan. Seperti halnya orang-orang terdahulu yang pernah anda semua dengar kisahnya.

Ok lah kalau begitu, saya mohon undur diri, selamat memasuki alam perenungan. Mudah-mudahan dapat di ambil hikmahnya. Dan segera menemukan kedamaian dan pencerahan-pencerahan baru. Admin pamit mau memperbaiki Kapal Pesiar yang rusak disamudera Indonesia.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar