Cara Mengatasi Migrain Yang Menyerang

Migrain adalah sakit kepala hanya sisi atau bisa disebut sakit kepala sebelah. Sakit kepala ini terjadi disebabkan banyak faktor, bisa karena kelelahan setelah beraktifitas. Migrain juga bisa terjadi karena terlalu fokus pada satu masalah yang menyebabkan saraf otak menjadi tegang.

Sakit Kepala

Rasa nyeri kepala berdenyut itu terkadang berpindah ke sisi sebelahnya, namun tak jarang pula mengenai kedua sisi kepala sekaligus. Sakit kepala ini seringkali disertai rasa mual dan muntah. Biasanya penderita akan sensitif terhadap cahaya, suara, bahkan bau-bauan.

Biasanya pada kaum hawa yang terlalu banyak berfikir dengan keras. Migrain terjadi biasanya menjelang tidur malam. Apa anda pernah mengalami hal demikian?

Diperkirakan, adanya hiper aktifitas impuls listrik otak meningkatkan aliran darah di otak, akibatnya terjadi pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi. Hal ini menyebabkan timbulnya nyeri dan gejala yang lain, misalnya mual. Semakin berat inflamasi yang terjadi, semakin berat pula migrain yang diderita. Jadi, bagi anda yang terlalu menggunakan fokus terlaku berat sebaiknya dikurangi.

Faktor genetik diketahui berperan terhadap timbulnya migrain. Migrain sering membuat banyak aktivitas terganggu. Rasa sakit pada salah satu bagian kepala membuat banyak orang mengeluhkan migrain. Sebelum mengambil obat, ada baiknya Anda mengatasi migrain dengan cara alami dan mudah. 

Cara alami yang dapat Anda gunakan untuk meredakan migrain :

1.Pijat Pelipis 
Anda Ini adalah cara alami yang sudah digunakan sejak lama. Pemijatan ini adalah cara alami untuk meredakan sakit di sekitar kepala dan membuat tubuh terasa nyaman. 

2. Minum Wedang Jahe 
Jahe juga berkhasiat untuk membantu mengurangi nyeri kepala Anda. Tanaman ini bertindak sebagai obat anti alergi dan juga anti radang, sehingga sangat efektif untuk mencegah migrain menjadi semakin bertambah buruk. 

3. Minum Kopi 
Menikmati makanan atau minuman yang mengandung kafein dapat meredam rasa sakit akibat migrain. Karena itulah kafein sering dimasukkan sebagai bahan obat-obatan. Tetapi Anda harus berhati-hati karena Anda bisa saja mengalami ketergantungan dengan terus minum kopi setiap kali migrain kambuh sehingga melewati dosis minum kopi harian. 

4. Makan Makanan Asin 
Jika Anda mulai merasakan serangan migrain, ambil makanan dengan rasa asin, misalnya keripik asin. Menikmati makanan asin dapat menghentikan serangan migrain agar tidak semakin parah. 

5. Kompres Kepala Dengan Es 
Mengompres kepala dengan es yang sudah dibungkus kantong plastik atau air dingin dapat meredakan migrain. Berbaringlah dengan posisi nyaman dan gosok kompres es di bagian yang sakit. 

6. Berada di Ruangan Gelap 
Istirahat di ruangan yang gelap dapat mengurangi rasa sakit yang Anda alami. Sinar yang terlalu terang atau silau akan membuat sakit kepala semakin menjadi. Karena itu usahakan Anda berada di tempat teduh atau gelap. 

Itulah beberapa cara mengurangi sakit kepala sebelah. Semoga bisa bermanfaat mengurangi sakit kepala anda.
Advertisement

5 Responses to "Cara Mengatasi Migrain Yang Menyerang"

  1. Migraen, sakit kepala sebelah, ya pernah mengalami
    aku atasi dengan secangkir kopi hitam hangat, alhamdulillah migraen teratasi

    biasanya karena aktifitas yang padat dan telat makan, penyebab migraen yang aku alami

    ReplyDelete
  2. Saya sering mengalami ini, apalagi akhir-akhir ini, sampai-sampai karena sakit kepala nyedu kopi rasa asin.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, kok bisa!
      Sepertinya salah memasukan gula nih !

      Delete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!