Daun Jambu Biji Dan Khasiatnya

Daun jambu biji, semua orang pasti sudah mengenal jambu biji. Buahnya yang enak dan rasanya manis bila sudah matang. Buah jambu sudah mulai banyak dijual di kios buah. Anda bisa mencarinya bila memerlukan buah tersebut untuk dimakan atau dibuat jus.

Daun Jambu Biji

Akan tetapi pada artikel ini kita akan membahas mengenai daun jambu biji. Siapa sangka daun jambu biji juga ternyata memiliki khasiat! Ternyata para ahli sudah mulai mempelajari khasiat berbagai tanaman. Padahal nenek moyang kita dahulu sudah lebih dahulu mempelajarinya, melalui 'ilmu titen' (menandai)

Daun jambu biji mempunyai banyak manfaat/khasiat yang menyembuhkan beberapa  penyakit ?  Seperti untuk dodoran alami, mengobati luka memar dan sebagai obat diare. Bahkan daun jambu biji bisa meningkatkan trombosit pada darah.

Untuk cara yang lebih simpel daun jambu biji biasa dikeringkan dan dibuat teh. jadi, tinggal diseduh saja sudah bisa mendapatkan khasiat yang terkandung didalamnya. Sangat simpel dan mudah dibuat.

Beberapa Khasiat Daun Jambu Biji 

1. Diare

Daun Jambu biji segar seberat 30g ditambah segenggam tepung beras dan air 1-2 gelas direbus, minum airnya 2 kali sehari. Cara lainnya kunyah 3 lembar daun jambu biji muda yang segar dengan sedikit garam lalu ditelan, lakukan 2 kali sehari. 

2. Sariawan

Rebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air, saring dan minum air rebusan ini 2 kali sehari. 

Advertisement
3. Kencing Manis

Ambil 1 buah jambu biji yang masih mengkal dan dipotong potong, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas, saring terlebih dulu sebelum diminum 2 kali sehari. 

4. Luka Berdarah Atau Borok

Lumatkan daun jambu biji segar, tempelkan lumatan daun ini di tempat yang sakit, lakukan beberapa kali sehari. 

5. Ambeien

Ambil beberapa lembar daun jambu batu muda atau pucuknya ditambah sebuah pisang batu, cuci bersih kedua bahan tersebut, pisang batu tak perlu di kupas dan tumbuk keduanya, air perasannya di tampung lalu di minum. Lakukan setiap hari secara teratur, walaupun rasa sakit sudah hilang tetap minum air tersebut supaya benar benar sembuh. 

6. Kembung pada anak anak

Petik 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar, rebus dengan 2 cangkir air bersama 1/2 jari kulit batang pulosari dan 5 butir adas, rebus hingga air tinggal 1 cangkir, sebelum diminum sebaiknya air di saring. Anak berumur 3 tahun dapat diberi cairan ini sehari 3 kali, sebanyak 2 sendok makan, anak yang lebih tua diberi sehari 1 cangkir. 

Itulah beberapa khasiat daun jambu biji yang kita kenal sehari-hari. Atau mungkin tumbuhan ini berada dalam halaman rumah atau kebun anda. Jadi sekarang anda lebih mengetahui khasiat dari tumbuhan yang ada disekitar anda.
Advertisement

12 Responses to "Daun Jambu Biji Dan Khasiatnya"

  1. pernah mas saya makan daun jambu karena dulu saya diare...alhmdlah bisa dicegah sama daun jambu biji itu...
    makasih infonya bermanfaat sekali mas....

    ReplyDelete
  2. @Yuli
    Ternyata punya pengalaman juga ya

    ReplyDelete
  3. yang disebutin di atas emang bener dan terbukti sama saya sendiri, kalo sariawan saya suka makan jambu biji sama pepaya, maknyoss pokoknya

    ReplyDelete
  4. @Intan
    Ternyata punya pengalaman juga ya

    ReplyDelete
  5. kalau daun jambu milik saya mah bisa menyembuhkan impotensi dan menjadikan pria semakin perkasa...beneran siah, bisa dilihat di rumah saya noh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus mampir kerumah akang nih! Nanti saya bawa karung dari rumah ok

      Delete
  6. ya benar mas @Indra memang daun jambu biji ini banyak manfaatnya buat mengobati penyakit...., aku sendiri masih sering menggunakan ramuan tradisional ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ternyata punya pengalaman dengan daun jambu ya

      Delete
  7. Saya dulu juga pernah dibuatkan minuman daun jambu di campur pisang mentah oleh nenek ketika sakit perut.
    Dan terbukti kasiatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ramuan tradisional memang sudah banyak yang membuktikan ya! Thanks ya sudah hadir

      Delete
  8. pernah pakai waktu kena diare, ada yg kasih tahu
    alhamdulillah untuk pertolongan pertamanya, besoknya ke puskesmas untuk memaksimalkan pengobatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata pernah mengalami juga ya! Pelajaran yang sangat berharga semasa hidup

      Delete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!