Skip to main content

Ilmu Pacul Part 3

Hallo sobat semua di manapun anda berada. Salam hangat dari saya untuk semua pembaca Blog tercinta ini. Pada artikel kali ini saya akan melanjutkan kajian ilmu pacul ke-3, yang mana kajian ini sudah di nanti-nantikan oleh ribuan pembaca di seluruh dunia.

Aneka batu permata

Pada awalnya saya tidak memahami apa yang di maksud ilmu pacul, akan tetapi saya terus berusaha untuk memahami walaupun membutuhkan waktu bertahun-tahun. Jujur saya sudah mempelajari dan meneliti ilmu pacul ini selama 4 tahun. Dan setelah saya pahami secara perlahan-lahan, siang dan malam terus mencoba menggali hikmah-hikmah yang tersembunyi didalam ilmu pacul ini, ternyata pemahaman ilmu ini tidak akan pernah habis walaupun kita kaji sampai umur kita habis.

Ternyata memang benar, ilmu yang terlihat hanya setetes setelah kita kupas maknanya bagai samudra yang luas dan tak berbatas. Sungguh dalam dan tentunya saling berkaitan antara satu ilmu dengan ilmu yang lain. Sebagaimana manusia yang bekerjasama dengan alam.

Walaupun ilmu pacul ini adalah ilmu yang paling dasar akan tetapi besar sekali manfaatnya bagi orang-orang yang haus akan ilmu pengetahuan. Karena ilmu pacul ini akan selalu berkaitan dengan ilmu-ilmu yang lain.

Sekarang kita lihat orang yang menggali tanah dengan menggunakan cangkul, benda-benda apa sajakah yang akan di temui oleh si penggali tersebut..?
Jika si penggali tanah terus mencangkul tanah pada kedalaman tertentu maka yang di temui pertama adalah batu. "Apa itu batu..?" Dan apa filosofi batu dalam kehidupan kita!

Batu tersebut adalah sebuah simbol penghalang/hambatan bagi si penggali tanah tersebut. Ketika ia sedang menggali tanah. Begitu juga dalam kehidupan kita akan ada saja penghalang/hambatan dalam menjalani kehidupan. Semua orang pasti merasakan hal yang sama. Ketika akan melakukan suatu hal yang dikerjakan akan selalu ada penghalang baik dari dirinya sendiri maupun penghalang dari luar dirinya.

Lalu simbol apa lagi yang bisa kita pelajari dari batu tersebut. Selain hambatan batu tersebut bersimbolkan keras dan kuat!
"Apa itu maksudnya..?" Maksudnya adalah batu tersebut sebenarnya mengajarkan kepada kita tentang seberapa kuat niat kita, atau seberapa keras keinginan kita dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Hambatan tersebut hanyalah sebuah ujian kecil untuk menaikan kualitas hidup kejenjang yang lebih tinggi.

Simbol batu juga menjadi penentu, kuat atau tidaknya seseorang yang sedang berproses dalam mencapai berbagai impian hidupnya. Ada juga yang berfikir simbol batu menjadi sebuah tantangan untuk berpikir melibihi kerasnya batu tersebut.

Mudah-mudahan pada kajian yang singkat ini dapat menambah wawasan para pembaca. Seperti biasa apabila anda sudah merasa tidak kuat untuk melanjutkan kajian ilmu pacul ke-3 ini sebaiknya cepat-cepat melambaikan tangan ke kamera kami, maka tim kami akan segera menjemput he..he.!

Cukup sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat dan memotivasi anda semua untuk terus belajar mengenal apa pun semasa hidup ini. sampai bertemu lagi di kajian selanjutnya.

"Seseorang yang berpikir akan mengubah padang pasir yang tandus menjadi kebun kurma yang indah"

Semoga dapat kembali Jaya Atlantisku yang dulu hilang. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar