Ilmu Tanpa Kajian Sama Dengan Kosong

Hallo sobat semua pengunjung blog tercinta ini. Bagaimana kabarnya? Apa masih semangat! Mudah-mudahan semuanya sehat dan untuk yang sakit kita doa kan semoga cepat sembuh. Kali ini saya akan memberikan sedikit wawasan dengan judul 'ilmu tanpa kajian sama dengan kosong'.

Buku Kajian

Setelah sekian lama tidak mengisi rubrik kajian ini, rasanya gatal juga jika tidak membagi dengan para pengunjung yang berada diseluruh dunia. Banyak hal baru yang akan admin bagi, tentang beberapa pemahaman baru yang mungkin belum anda dengar.

Di zaman yang serba modern dan digital seperti sekarang ini, banyak sekali orang yang mempelajari suatu ilmu dengan begitu mudahnya. Sampai-sampai hanya dengan beberapa lembar uang rupiah si murid bisa mendapatkan suatu ilmu yang di inginkannya. Hanya lewat sebuah perangkat elektronik seperti ponsel dan beberapa fitur didalamnya.

Memang sudah tidak bisa terbendung lagi, kecanggihan era abad ini membuat manusia begitu dimanjakan. Sangat berbeda dengan zaman beberapa tahun silam, orang mencari ilmu harus bertatap wajah secara langsung. Bahkan ada yang sampai menetap bertahun-tahun untuk mempelajari ilmu dan pengetahuan kepada sang guru yang dimaksud.

Orang zaman sekarang tidak harus melakukan hal demikian, karena sudah dimudahkan lewat perangkat digital seperti ponsel tadi. Hal ini belum sepenuhnya banyak yang menyadari, bahwa untuk memahami suatu ilmu dan pengetahuan haruslah dipahami dengan hati secara mendalam. Banyak khasanah yang terselip dan perlu dikupas lebih dalam, baik itu dari segi arti maupun makna sirr.

Banyak filosofi yang perlu dikaji lebih dalam, banyak petuah-petuah yang bukan makna sebenarnya. Semuanya bisa multi tafsir dan membingungkan, jika tidak ada guru yang membimbing maka siap-siap anda tersesat kedalam tafsir anda sendiri.

Ini menarik bagi saya sebagai bahan kajian untuk meneliti lebih jauh agar menjadi pelajaran bagi anak cucu kita kelak. Agar jangan sampai mengambil kesimpulan yang salah. Kesimpulan yang tidak didasari ilmu dan pengetahuan.

Rahasia dari sebuah ilmu itu terletak pada kajian dan kupasan yang mendalam, semakin dalam maka kajiannya akan semakin bening. Sebagaimana anda menggali mata air, semakin dalam maka sumber mata air akan semakin bening.

Legitimasi dari seorang guru juga jangan dipandang sebelah mata! Karena, seorang guru bertanggung jawab dengan ilmunya sampai dihari perhitungan nanti (yaumil hisab). Legitimasi itu dinamakan ijazah, inilah pentingnya arti suatu ijazah bagi seseorang. Bukan sekedar pengucapan dibibir saja, melainkan sebuah janji suci yang disaksikan banyak pihak, baik dari kalangan para guru terdahulu, para wali, para nabi, para malaikat dan tentunya Sang Pemilik Alam Semesta juga menyaksikan.

Jadi, berhati-hatilah dengan janji suci itu! Karena tanggung jawabnya sampai ke akhirat.

Apabila anda mempelajari suatu ilmu kemudian tidak paham, maka tanyakan pada guru yang memberikan ilmu tersebut. Jika guru yang memberikan ilmu tidak paham juga, maka semuanya sudah jelas. Carilah seorang guru yang memahami arti kajiannya, kupasannya, filosofinya, makna yang tersiratnya dan lain sebagainya. Agar anda benar-benar mengerti dan memahami hikmah ilmu tersebut.

Cukup sekian dari saya, semoga bermanfaat. Sampai ketemu dikupasan yang lain.
Advertisement

11 Responses to "Ilmu Tanpa Kajian Sama Dengan Kosong"

  1. Setuju banget. Terutama tentang ilmu agama, harus tanya pada yg benar2 paham. Biar nggak salah paham dan bener2 ngerti maknanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Betul sekali, harus benar benar paham

      Delete
  2. Bener banget tuh, aku setuju. Zaman sekarang orang dengan mudah menafsirkan segala sesuatu. Jadilah orang-orang zaman sekarang terlalu gampang menelan bulat-bulat sebuah informasi dan meyakininya sebagai kebenaran.

    ReplyDelete
  3. ilmu butuh kajian agar jelas makna dan pencapaian apa yg maksud dari ilmu, tanpa kajian tentunya seperti buku hanya bagian judul saja, menurut saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, itulah tujuan mengkaji agar jelas pencapaiannya

      Delete
  4. tanggung jawabnya berat sekali ya jadi seorang guru. jangan sampai kita membuat guru kita kecewa karena pintarnya kita dikalahkan sama teknologi yang pintar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali masbro, tanggung jawab sampai akhirat

      Delete
  5. Betul sekali tanpa kajian ilmu tak ada pedahnya maka dua hal itu harus dikaitkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus saling berkaitan agar pencapaiannya lebih jelas

      Delete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!