Kencur Dan Khasiatnya

Siapa yang tidak kenal dengan bumbu dapur yang satu ini! Kencur adalah sejenis umbi seperti jahe dan kunyit yang sudah biasa kita temukan didapur. Mungkin dari sebagian anda banyak yang belum mengenal kencur. Tapi jika kita mengingat tukan jamu gendong terkadang selalu tersedia jamu beras kencur.

Kencur

Ya, begitulah rasa kencur! Rasanya kesat dan aneh didalam mulut. Apakah anda pernah mencoba rasa kencur dari umbinya? Mungkin yang belum terbiasa akan muntah, tapi bagi yang terbiasa tidak akan berasa apa-apa. Hanya sensasi rasa yang melekat pada dinding mulut dan tenggorokan.

Terkadang kencur juga biasa suka dibuat param atau obat balur ketika ada area ditubuh kita yang bengkak, contohnya seperti bekas kecelakaan atau tulang keseleo. Biasanya digunakan pada pengobatan tradisional. Mungkin anda pernah menyaksikan tetangga atau saudara yang dibalur dengan kencur.

Kencur merupakan salah satu rempah-rempah yang umumnya dimanfaatkan untuk menambah citarasa pada suatu masakan. Padahal, selain digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, kencur juga memiliki khasiat maupun manfaat yang baik bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat kencur yang baik untuk tubuh Anda.

1. Melegakan Pernafasan
Salah satu khasiat kencur adalah dapat melegakan pernafasan. Karena ketika anda mengunyah kencur, makan enzim-enzim yang menempel pada tenggorokan akan rontok dan kalah oleh rasa kencur tersebut. Sehingga area disekitar tenggorokan menjadi bersih. Kencur juga sangat baik bagi mereka yang sedang melatih vokal untuk menyanyi.

2. Mengobati Kencing Batu
Kencur juga bisa digunakan untuk mengobati kencing batu. Ya, begitulah resep tradisional dari para leluhur kita secara turun-temurun. Anda mungkin belum tahu kalau sebenarnya kencur ini bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi penyakit kencing batu. 

Caranya yaitu : 
• Sediakan tiga ruas kencur berukuran sedang lalu cuci hingga bersih. 
• Parut kencur, lalu peras untuk diambil saripatinya. 
• Setelah itu, tambahkan satu gelas air hangat lalu aduk dan saring. 
• Tambahkan sedikit garam, aduk-aduk, lalu minum. 
• Konsumsi ramuan ini secara rutin setiap hari.

3. Mengobati masuk angin
Masuk angin bisa membuat seseorang merasa pusing, demam, perut terasa kembung, dan lemas. Untuk mengobati masuk angin memang sangat mudah. Bahkan, sekarang ini sudah ada obat masuk angin yang tersedia dalam bentuk sachet. Meskipun begitu, jika Anda ingin mencoba mengobatinya dengan kencur, Anda bisa membuatnya sendiri dirumah.

Caranya yaitu :
• Sediakan satu rimpang kencur lalu bersihkan hingga tidak ada tanah yang menempel. 
• Setelah itu Anda kunyah kencur tersebut dan telan sari yang keluar dari kencur. 
• Supaya sensasi rasa anehnya berkurang, Anda bisa mengunyahnya dengan garam. 
• Setelah saripati habis, buang kunyahan kencur lalu minum air hangat.

4. Mengobati Penyakit Batuk
Ternyata kencur bisa digunakan sebagai penyakit batuk. Batuk merupakan salah satu penyakit yang paling umum diderita. Untuk mengobati penyakit yang satu ini, kita bisa memanfaatkan bahan alami yang berada didapur kita, jadi tidak perlu mengeluarkan biaya dan sedikit berhemat.

Caranya yaitu : 
• Pertama-tama Anda siapkan setidaknya 5 buah kencur seukuran ibu jari. 
• Anda boleh mengupas kulitnya atau tidak, yang penting cuci bersih kencur hingga tidak ada tanah yang menempel. 
• Setelah itu parut atau haluskan kencur. Kencur yang telah halus kemudian diperas untuk diambil sarinya. 
• Tambahkan setengah gelas air hangat, lalu saring. 
• Kemudian tambahkan pula madu dan perasan jeruk nipis ke dalam gelas tersebut. 
• Minum selagi masih hangat. Untuk hasil terbaik usahakan Anda meminumnya 3 kali sehari.

Demikian beberapa khasiat kencur yang bisa anda gunakan sebagai obat tradisional. Semoga bermanfaat tetap berpegang teguh bahwa yang Maha menyembuhkan adalah Sang Pencipta. Kencur hanyalah sebuah wasilah.
Advertisement

10 Responses to "Kencur Dan Khasiatnya"

  1. Kencur memang sejak jaman dulu oleh orang Jawa dan para sinse sudah dijadikan bahan baku pengobatan, soalnya khasiat dari kencur teh makjleb banget sih.

    bikin artikelnya pake kecepatan 100 km perjam ya mang...buru-buru emangnya mau kemana sih...1 hari bisa 5 artikel ya....sama dong tapi saya mah ngimpi

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Gak' kemana-mana?
      Mungkin itu hanya perasaan mang lembu saja! 😂

      Delete
  2. iyah mas indra kencur memang banyak manfaat dan khasiatnya untuk tubuh kita mas indra
    semangat nulisnya mas indraa.....gas poll di liburann ini..jalanan bebas hambatan...wkwkwkkwk

    ReplyDelete
  3. kencur memang kaya manfaat, aku suka lalap kencur, biasanya RM menyediakan lalap daun kencur muda
    enak dan segar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus juga lalap kencur buat kesehatan tubuh

      Delete
  4. kencur dengan khasiat yg banyak itu selalu saya nikmati bersama cabe cabe bukan cabe cabean tapi sambal goang

    ReplyDelete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!