Ketombe Hilang Dengan Mudah

Ketombe, tentu bikin sebal bukan! Berkali-kali keramas ketombe belum juga hilang. Apakah anda juga mengalami hal yang sama? Biasanya jika kita sering melakukan aktifitas berlebih bisa menyebabkan ketombe, karena dipicu oleh keringat berlebih.

Ketombe

Tapi bukankah semua orang pasti pernah mengalami ketombean pada kulit kepalanya. Rasa gatal dan kulit ari yang beterbangan ketika menggunakan baju berwarna hitam bisa terlihat jelas sekali ketombe yang menempel. Apalagi ketika orang yang kita sukai melihat kita ketombean, tentu membuat anda badmood.

Bagi kaum hawa rambut bisa dikatakan sebagai mahkota yang harus dirawat dengan baik. Menjaganya agar tetap sehat dan menarik. Butuh banyak perawatan dan biaya bolak-balik ke salon kecantikan rambut. Anda pasti sudah tahu itu bukan!

Hampir 60% penduduk di dunia mendapatkan masalah yang satu ini. Ketombe sendiri merupakan pengelupasan kulit mati berlebih yang terjadi di kulit kepala. Pengelupasan kulit mati ini sebenarnya kejadian alami yang semua orang mengalaminya. Akan tetapi sel-sel kulit mati yang terkelupas bisa dikatakan alami bila jumlah pengelupasannya sedikit. Bila dalam jumlah berlebih tentu membuat kita sedikit khawatir bukan!

Ada banyak sebab ketika rambut kita dipenuhi ketombe, seperti penggunaan sampo yang tidak cocok, terlalu sering mencuci rambut, kurang mencuci rambut, cuaca yang lembab atau kering, dan lain-lain. Dari beberapa faktor yang telah disebutkan, penggunaan sampo yang tidak tepat merupakan penyumbang terbesar yang membuat rambut seseorang berketombe. Jadi, anda harus berhati-hati dalam menggunakan sampo.

Cara menghilangkan ketombe sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan sampo. Hanya saja sampo yang digunakan harus benar-benar cocok dengan rambut yang Anda miliki. Untuk mendapatkan sampo yang tepat dengan rambut Anda sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada seseorang yang ahli dibidangnya. Sedangkan bila Anda ingin mencoba menghilangkan ketombe dengan cara yang alami, maka bisa juga dengan mencoba beberapa tips berikut ini.

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel

Advertisement
1. Lidah Buaya

Untuk merawat kesehatan rambut lidah buaya merupakan pilihan yang tepat. Dengan memberikan nutrisi pada rambut, tanaman lidah buaya diyakini mampu mengatasi masalah ketembo di kulit kepala Anda. Cara penggunaannya cukup mudah, ambil satu helai tanaman lidah buaya kemudian kupas. Usapkan lendir atau sesuatu yang mirip jelly pada rambut secara merata. Cara ini cukup efektif mengingat lidah buaya bermanfaat untuk membuat rambut tetap sehat dan indah.

2. Minyak Almond

Cara menghilangkan ketombe dengan minyak almond adalah dengan mengeringkan rambut kemudian oleskan satu sendok minyak almond pada rambut dan kulit kepala. Tutup rambut dengan handuk kering kurang lebih selama 30 menit. Setelah itu bersihkan rambut dengan menggunakan air hangat. Supaya efeknya jauh lebih baik, Anda bisa mencampurkan minyak almond dengan minyak zaitun.

3. Aspirin

Anda tentunya sudah tahu bahwa aspirin pada umumnya digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Akan tetapi menghilangkan ketombe juga bisa kok dengan aspirin. Caranya, hancurkan 2 tablet aspirin sampai halus. Campurkan aspirin yang sudah dihaluskan dengan sampo. Usapkan pada rambut yang telah basah dan sesekali di pijat. Diamkan 1 sampai 2 menit kemudian bilas sampai bersih.

4. Baking Soda

Baking soda bisa dikatakan cukup efektif untuk menghilangkan ketombe. Cara menggunakannya adalah dengan membasahi rambut terlebih dahulu kemudian oleskan baking soda secukupnya pada  rambu dan kulit kepala. Usap dengan lembut dan sesekali dipijat. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan menggunakan air bersih. Perlu kami sampaikan bahwa menghilangkan ketombe dengan baking soda sebaiknya hanya dilakukan selama masa pengobatan ketombe saja.

5. Obat Kumur

Obat kumur memang bermanfaat untuk menghilangkan bau tidak sedap sehingga nafas akan terasa lebih segar. Namun tidak hanya itu saja, ternyata obat kumur juga bagus untuk menghilangkan ketombe. Hal ini bisa terjadi karena obat kumur akan mengilangkan jamur dan bakteri yang ada di kulit kepala. Cara menggunakannya, cuci rambut terlebih dahulu dengan menggunakan sampo kemudian bilas sampai bersih. Pada bilasan yang terakhir jangan lupa gunakan obat kumur.

Cukup mudah bukan! Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk menghilangkan ketombe yang membandel. Demikian tips untuk menghilankan ketombe semoga bermanfaat.


Advertisement

13 Responses to "Ketombe Hilang Dengan Mudah"

  1. Saya belum pernah sih ketombean soalnya setiap hari keramas. Karena jika mandi tanpa menguyur rambut rasa letih selepas sehari penuh aktifitas tak hilang. hehe

    ReplyDelete
  2. Saya pernah ketombean nih gara-gara minyak rambut

    ReplyDelete
  3. idiiih....itu contoh ketombenya mang admin ya?
    kalau para ketombe saya mah sejak lama minta ijin untuk pindah ke kepala tetangga jadinya paling kalau pas lagi kangen saya nanyain kabarnya ajah ke tetatngga...gituh sayah mah ...mang

    ReplyDelete
  4. Berkomentarlah dengan cerdas

    biarin ah nggak cerdas ge....sayah mah apah atuh

    ReplyDelete
  5. @Lisa
    Wah berarti perhatian sekali dengan rambut

    ReplyDelete
  6. @Dwi
    Biasanya minyak rambut itu lengket dan mudah sekali debu menempel pada rambut. Mungkin ini salah satu penyebabnya

    ReplyDelete
  7. baru baca ada obat kumur buat hilangin ketombe, berarti listerin bagus buat keramas ya dioplos sama rinso biar makjleb

    ReplyDelete
  8. @Mang Lembu
    He..he.. Jangan terlalu serius kalau baca peringatan komentar. Itu cuma buat nakutin tikus he..he

    ReplyDelete
  9. @Intan
    He..he..
    Silahkan dicoba biar pusingnya sekalian hilang

    ReplyDelete
  10. alhamdulillah kepala masih aman dari ketombe, tapi ilmunya sangat bermanfaat mungkin akan saya gunakan bila memang sdh perlu nantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba bu maya, semoga bermanfaat

      Delete
  11. Wah.... jadi nggak takut lagi nih punya rambut berketombe. Kan udah ada tips dari mas Indra.
    Ketombe?
    Siapa takut. Haha

    ReplyDelete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!