Puasa Dan Kolesterol

Seperti anda semua ketahui bahwa misteri berpuasa belum sepenuhnya terungkap. Masih banyak sekali manfaat dari orang yang melakukan berpuasa. Pada umumnya orang hanya mengetahui berpuasa itu melatih kesabaran, akan tetapi orang jarang mengetahui efek berpuasa untuk kesehatan.

Makanan berkolesterol

Itulah kenapa dalam Agama Islam sendiri mewajibkan berpuasa baik pada bulan ramadhan maupun pada hari-hari tertentu. Orang-orang terdahulu pasti memiliki pengetahuan yang jarang diketahui secara umum. Masih banyak misteri yang perlu diungkap mengenai manfaat dari orang yang melakukan berpuasa.

Sebagaimana kita yang pernah merasakan, bahwa orang yang berpuasa itu pasti merasakan haus dan lapar. Dan itu semua sangat wajar, karena tidak ada nutrisi yang masuk kedalam tubuh kita semenjak fajar sampai terbenamnya matahari. Keadaan tubuh sudah pasti lemah dan lemas. Akan tetapi dari segi rohani justru malah sebaliknya, yaitu menjadi lebih kuat.

Roh orang-orang yang sering melakukan berpuasa itu malah menjadi kuat. Sepertinya ada ketambahan energi-energi yang tidak kasat mata. Peredaran darah malah menjadi lancar dan sistem pencernaan juga menjadi baik. Dan satu pertanyaan penting yang harus kita ketahui, yaitu kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Para ahli di zaman sekarang sudah mulai mempelajari manfaat dari orang yang berpuasa. Baik itu dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Para ahli tersebut berlomba-lomba mempelajari efek dari orang yang berpuasa yang berkaitan dengan kesehatan. Bagaimana dengan anda, apa anda mempelajarinya pula?

Tingginya kadar kolesterol jahat yang bersarang di dalam tubuh akan memicu timbulnya penyakit berbahaya yang salah satunya adalah penyakit jantung. Karena begitu berbahaya, maka sudah semestinya kita berusaha untuk menurunkan kadar kolesterol jahat tersebut. Kolesterol ini ditimbulkan dari kita yang kurang menjaga asupan makanan kedalam tubuh kita sendiri.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat. Mulai dari cara paling sederhana, sampai dengan cara yang sulit untuk dilakukan. Dan tentunya anda pasti akan melakukan cara yang sederhana bukan!

Cara sedeharna yang bisa Anda coba untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yautu dengan berpuasa. Terkadang kita juga harus memahami bahwa proses pencernaan didalam tubuh juga memerlukan istirahat, Ketika Anda berpuasa, maka pada saat itulah Anda memberikan istirahat pada sistem pencernaan. Usahakan ketika makan sahur dan berbuka puasa selalu mengkonsumsi sayur dan buah, agar pencernaan menjadi lebih lancar.

Bagi Anda yang saat ini tengah menderita kadar kolesterol tinggi, alangkah baiknya jika Anda berpuasa. Dengan berpuasa total kolesterol akan berkurang 12%, termasuk penurunan LDL 15%, penurunan trigliserida 30%, dan HDL akan mengalami kenaikan 8%.

Menurunkan kolesterol menurut para ahli yang sudah melakukan riset ternyata membuahkan hasil yang gemilang. hal ini terbukti berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Intermountain Medical Center di Murray, Utah, Amerika Serikat. Pada penelitian tersebut setidaknya melibatkan sekelompok orang yang berusia mulai dari 30-69 tahun. Sekelompok orang tersebut diminta melakukan puasa dalam kurun waktu yang telah ditentukan oleh pihak penelitian.

Menurut ketua tim penelitian, yakni Dr. Benjamin Horne, tubuh peserta yang telah berpuasa 10 hingga 12 jam akan memasuki fase pertahanan diri dimana tubuh akan menggali sumber lain dalam tubuh untuk dijadikan energi. Salah satu hal yang menjadi sumber energi lain tersebut adalah LDL atau yang biasa kita kenal dengan kolesterol jahat. Untuk hasil yang maksimal memang dibutuhkan waktu yang cukup dan juga keteraturan.

Ternyata para ahli melakukan risetnya dengan serius. Sudah menjadi hukum alam bahwa siapa yang menanam dengan serius maka ia akan mendapatkan hasil yang serius pula. Bagaimana dengan anda? Apa sudah tidak ragu lagi untuk melakukan puasa! Sungguh sangat disayangkan bukan, jika orang barat saja sudah banyak yang melakukan berpuasa sebagai metode mengurangi kadar kolesterol jahat.

Demikian uraian singkat mengenai manfaat berpuasa dan efeknya terhadap kesehatan. Semoga berguna bagi anda yang ingin mengurangi kadar kolesterol.
Advertisement

12 Responses to "Puasa Dan Kolesterol"

  1. Cara sederhana tapi hasilnya luar biasa, dengan mengontrol pola makan maka semua akan mnenjadi hidup sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, bagi para penderita kolesterol sebaiknya selalu mengontrol kadar kolesterolnya dan menerapkan pola hidup sehat

      Delete
  2. Selain untuk melatih kesabaran, berpuasa memang juga dapat membuat badan menjadi sehat. Dan sekarang ini memang telah banyak orang yang melakukan puasa untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kang Djack, orang sekarang lebih perhatian dengan kesehatan

      Delete
  3. Bagus banget puasa, bikin kita kuat luar dalam. Tapi gangguannya memang aduhai beratnya ya Mas

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah aku gak punya masalah kolesterol, tapi tetep harus antisipasi dengan puasa sunat yang banyak manfaat sekaligus nambah pahala
    bermanfaat nih sharingnya kakak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur kalau sering menjaga pola hidup sehat.
      Yup, semoga bermanfaat

      Delete
  5. kadang emang suka khilaf pada yang namanya kolesterol ketika berbuka puasa, maklum makanan banyak pas laper ya udah deh lupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lupa tidak apa-apa, dilanjutkan saja he..he

      Delete
  6. ada banyak manfaat bagi mereka yang melakukan puasa, baik kesehatan jasmani dan rohani

    ReplyDelete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!