Iklan Google Adsense Diheader Atas

Mungkin ada sebagian dari anda yang bertanya-tanya bagaimana cara memasang iklan Google Adsense diheader atas. Bagi para master pembuat template bukanlah sesuatu hal yang sulit, karena para master telah memahami struktur kode template setiap hari.

Ilustrasi iklan diheader atas

Bagaimana dengan kita yang masih pemula ini?, jangan khawatir selama ada niat untuk belajar kitapun pasti bisa memahaminya seperti para master pembuat template. Hanya saja butuh proses dan belajar yang lumayan panjang.

Pengalaman admin sendiri bisa dibilang baru, karena baru 3 bulan belajar memahami struktur kode template yang bisa dikatakan mudah bagi yang mau belajar. Dan bagi yang tidak mau belajar selamanya akan kesulitan.

Beberapa waktu yang lalu ada keinginan untuk memasang iklan adsense diheader atas, dan disinilah baru menemukan kendala karena widget header didasboard blogger hanya single. Tidak seperti di sidebar yang bisa menambah widget sesuka yang kita mau.

Dengan penuh penasaran admin mencoba browsing ke artikel para master dan ternyata masih sangat jarang yang menampilkan iklan diheader. Kebanyakan hanya menampilkan iklan dibawah judul, dibawah postingan dan ditengah postingan. Mungkin area itu yang sering banyak dijumpai bagi para penerbit iklan adsense.

Bagi para pembaca yang berkunjung kesini, mungkin anda sedang beruntung karena admin akan memberikan tips agar iklan Google adsense kita bisa tampil diheader atas. 

"Lalu bagaimana caranya masbro?"

Mudah saja, kita akan menambahkan widget header yang terkunci di struktur template dengan sedikit mengedit kode Html. Simak tata cara dibawah ini :

1. Masuk ke akun blogger anda

2. Setelah didasboard klik template

3. Setelah itu klik Edit Html

4. Back up terlebih dahulu template anda untuk mencegah kegagalan setting. Bila mengedit dengan ponsel download templete ke handphone anda. Agar anda bisa mengedit dengan bantuan aplikasi Wps atau Jota+.

5. Kemudian cari kode ini dengan menekan ctrl+f <div id='header-wrapper'>

6. Jika sudah ketemu coba lihat kode dibawahnya <div id='header-wrapper'> bila tidak ketemu anda ketik maxwidgets='1' Pasti anda menemukan kode seperti ini :

<b:section class='header' id='header' maxwidgets='1' showaddelement='no'><b:widget id='Header1' locked='true' title='Judul Blog Anda (Header)' type='Header'/>

7. Langkah berikutnya adalah anda harus mengganti angka "1" menjadi angka "3" , Terus mengganti kata "no" menjadi "yes" , Serta merubah kata "true" menjadi kata "False" . Sehingga kodenya menjadi seperti  ini :

<b:section class='header' id='header' maxwidgets='3' showaddelement='yes'><b:widget id='Header1' locked='false' title='Judul Blog Anda (Header)' type='Header'/> 

8. Langkah terakhir Klik Simpan template. 

Keterangannya sebagai berikut :

 • Maxwidget='1' adalah widget yang ditampilkan berjumlah 1. Kemudian anda merubahnya menjadi maxwidget='3' maka jumlah widget yang akan tampil berjumlah 3 widget.

 • showaddelement='no' maksudnya adalah tidak menampilkan element atau elemen terkunci. Kemudian anda merubahnya menjadi showaddelement='yes' maka element widget dapat ditampilkan atau tidak terkunci.

 • Lalu 'Header1' locked='true' maksudnya element pada header diprogram untuk dikunci. Kemudian anda merubahnya menjadi 'Header1' locked='false' maka program penguncian pada element header menjadi terbuka.

Mudah bukan!, dengan mengikuti cara diatas maka widget pada dasboard blogger anda sudah bisa ditambahkan. Dan keinginan anda untuk memasang iklan atau banner gambar dapat terlaksana dengan mudah.

Untuk memasangnya di header anda cukup mengikuti langkah berikut ini :

1. Masuk Blogger.
2. Tata letak.
3. Terus lihat di bagian atas atau dekat judul blog pasti anda sudah bisa menambahkan widget baru.
4. Klik tambah gadget.
5. Copy unit iklan anda dan pastekan pada gadget.
6. Simpan.

Selamat anda sudah berhasil menambahkan widget baru untuk memasang iklan Google adsense diheader. Semoga mudah dipahami, apabila masih ada yang belum paham silahkan bertanya dikolom komentar.
Advertisement

4 Responses to "Iklan Google Adsense Diheader Atas"

  1. Wah... Lengkap nih. Kapan² kalau udah ada niatan untuk pasang iklan di blog, aku tinggal masuk ke blognya mas Indra.

    ReplyDelete
  2. Tapi mas, kode iklannya yang belum ada, saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang, beberapa hari lagi juga dapat kode iklannya 😂

      Delete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!