Tips Agar Tidak Mudah Mengantuk

Rasa mengantuk pasti membuat anda tidak semangat melakukan aktifitas apa pun. Saya pun terkadang sering merasakan apabila malamnya begadang nonton bola jam 03.00 pagi. Tentunya bangun pagi serasa lemas dan kurang semangat.

Olahraga Pagi

Rasa ngantuk juga bisa disebabkan banyak pikiran dan terlalu cemas memikirkan hal yang belum terjadi. Pekerjaan kantor yang menumpuk bisa juga menjadi penyebab rasa ngantuk itu muncul. Apalagi jika pekerjaan tidak kunjung selesai dan menyebabkan pikiran kita lelah.

Mengantuk yang berlebihan sebaiknya jangan sampai dibiarkan begitu saja, karena kalau tetap dibiarkan, dikhawatirkan masalah ini akan menganggu kehidupan Anda. Anda bisa menjadi stress dan frustasi jika ini dibiarkan saja. Untuk mengatasi rasa ngantuk berlebih ketika sedang berada di tempat kerja, anda bisa menyimak tips dibawah ini.

Cara Agar Tidak Mudah Mengantuk

1. Atur Jadwal Tidur

Mengatur jadwal tidur sangatlah penting, karena merupakan pondasi awal tidur yang cukup. Ketika tidur anda terpenuhi maka anda tidak akan mudah mengantuk. Selain itu usahakan tidak begadang ketika esok hari kita bekerja pagi.

2. Jangan Banyak Berpikir Menjelang Tidur

Biasanya ada saja yang dilakukan ketika menjelang akan tidur. Bisa jadi pekerjaan dikantor diselesaikan dirumah, hingga menyebabkan anda berpikir terlalu keras. Hal ini tidak baik karena bisa mengganggu kualitas tidur anda.

3. Minum Secangkir Kopi

Yang satu ini pasti sudah menjadi kebiasaan umum masyarakat kita. Memulai pagi hari dengan secangkir kopi bisa membuat kita tambah semangat untuk beraktifitas. Dalam rasa kopi terdapat kafein yang sangat berguna untuk merangsang sel-sel di otak bekerja lebih optimal.

4. Minum air lemon

Untuk yang satu ini pastikan anda meminumnya ketika cuaca sangat panas dan anda butuh penyegaran yang super extra. Air lemon dingin yang fresh bisa membuat rasa mengantuk anda menyingkir dengan cepat.

5. Cuci Muka

Saat ngantuk menyerang segeralah membasuh wajah dengan air yang dingin. Hal ini dapat membuat rasa mengantuk sedikit berkurang.

6. Olahraga Pagi

Usahakan ketika bangun pagi berolahraga, walau hanya 10-15 menit yang terpenting tubuh anda bergerak dan berkeringan. Bisa dengan olahraga ringan seperti lari-lari kecil atau melakukan pelemasan tubuh.

Berikutnya adalah banyak faktor yang bisa menyebabkan kita mudah sekali mengantuk. Tentunya ada pasti sering mengalaminya bukan! Terutama ketika sedang bekerja, pastinya membuat semangat anda bekerja bisa menurun.

Penyebab ngantuk bisa terjadi pada siapa pun tanpa mengenal tempat. Pasti bete sekali jika ditempat kita bekerja sering sekali menguap. Bukan hal yang aneh, semua pasti pernah mengalami, hanya saja jarang ada yang menyadari penyebab ngantuk secara berlebihan.
Advertisement


Dari sekian banyak hal, rasa kantuk dan kelelahan bisa menjadi musuh utama di sela-sela kesibukan bekerja. Umumnya, rasa kantuk yang dialami oleh seseorang adalah hasil dari kurangnya kualitas tidur seseorang. Akan tetapi, kurang tidur bukanlah satu-satunya penyebab yang membuat seseorang mudah mengantuk. Banyak faktor yang belum kita sadari sepenuhnya, kecuali kita mau meneliti.

Meskipun sebagian orang telah mencukupi kebutuhan tidurnya dengan baik, akan tetapi ada suatu kondisi dimana kualitas tidur seseorang dapat berkurang tanpa disadari. Bisa jadi karena kita berhenti bernapas saat tidur. Berhenti bernafas bisa terjadi beberapa kali dalam semalam. Meskipun hal ini terjadi tanpa kita sadari, namun hal ini rupanya bisa mengganggu kualitas tidur kita. Berhenti bernafas biasanya sering dialami oleh mereka yang mempunyai masalah kegemukan (obesitas) dan perokok. Untuk meringankan gangguan tidur yang satu ini, Anda bisa mengatasinya dengan menurunkan berat badan dan juga berhenti merokok.

Kurang tidur juga bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti gangguan pada kelenjar tiroid. Tiroid merupakan kelenjar kecil yang letaknya berada di bagian bawah leher. Fungsi dari pada kelenjar tiroid ini adalah untuk mengontrol metabolisme. Bila kelenjar tiroid tidak aktif atau fungsi metabolisme berjalan lambat, pada akhirnya Anda pun akan merasa kurang berenergi dan berat badan akan mengalami kenaikan. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan anda.

Faktor-Faktor Mudah Mengantuk

1. Kurang tidur

Anda pasti sering merasakan apabila kurang tidur pasti tubuh serasa lemas. Kurang tidur memang menjadi penyebab paling utama yang bisa membuat seseorang mudah sekali kelelahan maupun mengantuk. Sebaiknya anda mengatur pola tidur sehat dan mengurangi begadang.

2. Makan sedikit

Makan terlalu sedikit bisa menjadi salah satu faktor penyebab mengantuk berlebihan. Apabila anda tidak selera dengan makanannya, usahakan bantu dengan makanan lain yang membuat nafsu makan anda bangkit kembali. Makan terlalu sedikit bisa membuat tubuh seseorang kurang bertenaga. Ketimbang anda kurang bertenaga dan mudah mengantuk, lebih baik bantu dengan makanan lain yang membuat anda selera.

3. Anemia

Untuk faktor yang satu ini memang tidak bisa dilihat, akan tetapi bisa dirasakan. Umumnya, anemia atau kekurangan sel darah merah merupakan penyebab utama kelelahan yang terjadi pada seseorang. Sebaiknya anda rajin memeriksakan kesehatan anda ke dokter dan jangan lupa perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti bayam dan katuk.

Semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan anda sebelum terlambat. Karena dari rasa ngantuk yang berlebih bisa merupakan pertanda tubuh perlu diperhatikan dari segi kesehatan.

Advertisement

6 Responses to "Tips Agar Tidak Mudah Mengantuk"

  1. Mungkin makanku kurang banyak mmmmmmm.....

    Hahahaha padahal kebanyakan makan makanya ngantuk terus.

    Maaci infonya

    ReplyDelete
  2. Kalu saya sering minum kopi supaya nggak ngantuk tapi kalau nyedu kopi terus tertidur itu artinya saya lelah.. Hehe

    ReplyDelete
  3. Untuk '
    Cara Agar Tidak Mudah Mengantuk', Sepertinya point nomer 6 sangat sulit saya lakukan. Karena saat sang mentari mengintip manja di ufuk timur yg menandakan pagi telah tiba, di situlah aku baru mengawali meraih mimpi (tidur). Wkwkwkwkk

    Untuk faktor2 penyebabnya, mungkin semuanya aku alami. Hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh begitu rupanya..
      Paham saya, semaleman habis jagain lilin ya 😂

      Delete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!