--> Skip to main content

Ilmu Pacul Ke 7 (Menemukan Emas)

Mendengar kata emas saya yakin anda semua pasti penasaran akan isi artikel ini. Ya, artikel ini merupakan artikel lanjutan dari sebuah pencapaian ilmu pacul yang saya buat berseri, agar anda semua bisa memahaminya secara perlahan-lahan.

Emas Batangan

Ilmu tanpa adanya pengetahuan maka akan sulit untuk dipahami. Adanya pengetahuan karena hasil dari sebuah pengalaman diri sendiri maupun pengalaman orang lain yang sudah terlebih dahulu mengalami. Nah, hasil dari pengalaman diri sendiri dan pengalaman orang lain inilah yang bisa menjelaskan sebuah ilmu dengan lebih dalam.

Pada bagian kelima dari ilmu pacul adalah tentang sebuah pencapaian menemukan sumber mata air yang jernih. Dan pada bagian ini kita akan mencoba menerobos lebih dalam lagi. Karena jika kita menggali terus sebuah ilmu maka pencapaiannya akan sangat berbeda-beda.

Dan pada sesi kali ini, saya akan mencoba menyuguhkan sebuah pencapaian menemukan tambang emas dalam bentuk bahasa filosofi atau filsafat. Jika menurut pemikiran orang awam rasanya tidak mungkin bisa mengaitkan ilmu pacul dengan tambang emas. Akan tetapi, semua yang ada dibumi ini semuanya serba kemungkinan.

Dan kemungkinan juga terbagi menjadi dua, yaitu kemungkinan berhasil dan kemungkinan gagal. Kegagalan bukanlah sesuatu yang buruk, kegagalan adalah bagian kecil dari sebuah proses yang berlangsung secara terus-menerus. Jangan pernah takut gagal, karena kegagalan itu bisa menjadi sebuah pelajaran yang amat berharga.

Bila kita terus menggali bisa jadi kita akan menemukan emas. Apa itu? Emas adalah sebuah logam mulia yang sangat berharga. Karena memiliki keunikan tersendiri maka harga jualnya pun sangat mahal. Selain dari itu emas juga memiliki karakter yang tidak dimiliki oleh logam lain, artinya dibumi ini hanya emas yang memiliki karakter tersebut dan tidak bisa dipalsukan.

Karakter khusus yang dimiliki emas ini menjadi daya tarik semua manusia. Bahkan dari warna emas itu sendiri menjadi sebuah simbol kejayaan dan status dimasyarakat.

Dalam status sosial emas juga menjadi ciri khas pembeda kaum, padahal emas tetaplah sebuah emas, logam mulia yang memiliki karakter khusus ini memiliki banyak pengaruh dalam kehidupan manusia.

Lalu apa sebenarnya yang bisa kita pelajari jika seseorang telah menemukan emas dalam masa penggalian yang terus-menerus. Simbol apa saja yang sebenarnya ingin diajarkan kepada kita bila menemukan emas tersebut?

Untuk mengupas lebih dalam sebaiknya kita menariknya kedalam diri sendiri dengan menggunakan bahasa filosofi. Emas adalah logam mulia, itu hanyalah sebuah simbol saja. Maksudnya Emas sebenarnya ingin mengajarkan kepada kita bahwa jadilah manusia yang memiliki karakter khusus seperti emas, agar dalam hidupnya memiliki nilai yang tinggi.

Selain itu pula, emas akan tetap menjadi Emas dimana pun ia ditempatkan. Sebagai contoh, jika ada emas ada di selokan maka orang akan menyebut itu Emas. Jika Emas berada di tong sampah maka orang akan menyebut itu Emas. Artinya dimana pun Emas ditempatkan namanya tidak berubah.

Emas sebenarnya memberikan pelajaran kepada kita agar memiliki sifat seperti itu. Ketika ditempatkan dimanapun maka ia tidak berubah. Emas mengajarkan manusia agar otentik atau asli dan murni tanpa rekayasa. Jika sifat utama anda adalah selalu jujur pertahankan kejujuran anda, karena jika anda tidak berubah maka anda disebut otentik.

Emas memang diciptakan Tuhan bukan hanya untuk sebuah perhiasan dunia saja, melainkan juga bisa menjadi sebuah pelajaran hidup yang sangat berharga. Apa pun yang anda gali tentu akan membuahkan hasil, selama anda serius dan mau menjalankannya dengan sabar.

Emas hanyalah sebuah pencapaian sederhana dari para pelaku dan pencari kesejatian yang terus menggali tanpa mengenal lelah. Karena masih banyak pencapaian yang akan kita jumpai diperjalanan nanti, jika anda terus menggali dan menemukan pencapaian-pencapaian baru.

Selamat menggali dengan pacul yang sudah ada pada diri anda masing-masing. Sampai bertemu dipencapaian berikutnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar