Penangkal Serangan Jantung Dan Stroke

Hallo sobat blogger semua, lama tidak posting karena kesibukan yang luar biasa. Bulan maret ini memang aktifitas admin yang super padat. Hari ini admin ada sedikit waktu longgar dan mengusahakan agar bisa posting menyapa para pembaca semua.

Jantung pisang

Kehilangan waktu memang sangat menyebalkan, apalagi jadwal update artikel yang seharusnya bisa terbit malah dipakai untuk kegiatan lain. Saya yakin anda pun pasti pernah merasakan hal yang sama.

Aktifitas blogger yang sudah rutin dilakukan malah terganggu oleh kegiatan-kegiatan dari luar yang tidak bisa kita atasi. Dan sedihnya lagi kita tidak bisa posting artikel maupun blogwalking ke blog tetangga.

Berbicara mengenai buah pisang merupakan buah yang populer sebab memiliki kandungan kalori yang baik bagi mereka yang sedang menjaga berat badan. Apalagi bagi yang hobby pasti selalu menyediakan buah yang satu ini dirumahnya.

Pohon pisang tumbuh subur di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia, Malaysia, Singapura dan lain sebagainya. Tetapi, di negara non-tropis lainnya sudah banyak dikembangkan teknologi yang bisa membuat pisang tumbuh baik di sana. Bagian tanaman pisang yang paling banyak digunakan adalah buah sebab rasanya yang enak dan banyak mengandung khasiat yang baik untuk kesehatan. 

Bagian pisang lainnya seperti jantung pisang juga bisa diolah menjadi bahan makanan alternatif. Pengalaman admin sendiri yaitu membuat rujak dari jantung pisang. Rasanya yang getir dan mengandung getah ternyata sangat baik untuk kesehatan. Di kampung sebelah ternyata jantung pisang digunakan sebagai lalapan yang dicocol dengan sambal terasi.

Istimewanya, khasiat jantung pisang tersebut sama baiknya dengan buah pisang. Jantung pisang memiliki harga jual yang lebih murah. Meski murah tapi jangan anggap remeh, karena secara klinis terbukti khasiat jantung pisang sangat baik dalam menjaga kesehatan manusia. 

Menurut para ahli, setiap 25 gram jantung pisang mengandung 31 kkal kalori, 1,2 gram senyawa protein, 0,3 gram lemak dan 7,1 gram zat karbohidrat. Selain itu, jantung pisang juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan juga mineral penting seperti fosfor, kalsium serta Fe/Zat besi. Ternyata para peneliti gizi dan kesehatan sudah mulai mengeksploitasi  manfaat jantung pisang.

Advertisement
Manfaat Jantung Pisang

1. Baik Untuk Diet 

Jantung pisang sangat baik dikonsumsi mereka yang sedang menjalankan program diat rendah lemak sebab salah satu khasiat jantung pisang  adalah memberi efek kenyang yang lebih lama dibandingkan nasi dan makanan lainnya. Selain itu, jantung pisang juga mengandung fiber yang tinggi sehingga berkhasiat melancarkan pencernaan dan menyehatkan perut Anda. Selain itu, diketahui bahwa jantung pisang sangat baik bagi penderita diabetes karena indeks glemiknya (GI) tergolong rendah. 

2. Menangkal Stroke 

Khasiat jantung pisang lainnya jika dikonsumsi adalah untuk menghalau serangan penyakit jantung dan stroke yang mematikan. 

3. Memperlancar Sirkulasi Darah

Jantung pisang bisa memperlancar sirkulasi darah sebab ia bersifat anti-koagulan yang mencegah terjadinya penggumpalan di dalam darah. Mengingat penyembuhan penyakit jantung juga stroke terbilang mahal, agaknya jauh lebih baik mencegah dengan konsumsi jantung pisang teratur seminggu sekali.

Pilih jantung pisang terbaik, Semua pohon pisang bisa memproduksi jantung pisang. Tetapi tidak semua jantung pisang tersebut nikmat jika diolah menjadi makanan. Misalnya saja jantung pisang dari pohon pisang ambon. Rasanya agak pahit sebab banyak mengandung tannin. Oleh sebab itu, hindari jantung pisang ambon dan usahakan untuk menggunakan jantung pisang kapok, pisang batu, pisang siam ataukah pisang klutuk. 

Masing-masing jenis jantung pisang ini diketahui memiliki rasa yang gurih dan nikmat sebab mengandung senyawa protein yang tinggi sehingga mampu mengalahkan rasa pahit dari tannin. Sekali-sekali anda harus coba merasakan jantung pisang yang diolah menjadi berbagai macam makanan alternatif

Baiklah semoga uraian singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai jantung pisang dan kesehatan anda.

Advertisement

10 Responses to "Penangkal Serangan Jantung Dan Stroke"

  1. Jantung dari phon pisang sering saya konsumsi mas.. .ternyata banyak manfaatnya... Salah satunya buat nangkal strok dan gangguan jantung ya.. ..

    ReplyDelete
  2. Wah kalau tahu banyak manfaat bagi kesehatan, saya mau ikut konsumsi jantung pisang
    terima kasih banget nih, ngpoi sore memang asyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Semoga sering mencicipi jantung pisang

      Delete
  3. Saya suka banget jantung pisang, apalagi di sayur pedas dan santan kental. Hmmm.. Sudah tak tegok belakang saat makan, apalagi terdapat banyak manfaatnya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow.. Dibuat santan rupanya pasti gurih2 enyoy !

      Delete
  4. Kena serangan jantung? ya makan jantung pisang dong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Semoga serangan jantung jadi menyingkir!

      Delete
  5. Pas banget sekitar rumah saya ditanamin pisang,, kalau ada tongkolnya saya kasih mertua karna beliau suka sekali masak itu,,
    Saya tukang makannya aja, baru tau ternyata khasiatnya selain Mengenyangkan bisa juga penangkal penyakit strok dsb,, nice inpoh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan banget jika disamping rumah banyak pohon pisang..

      Delete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!