Resolusi Kamera Dan Sudut Pandang

Ada banyak pengetahuan yang tidak kita ketahui semuanya, ada banyak kesempatan yang tidak bisa kita raih sepenuhnya dan ada begitu banyak sudut pandang yang belum sepenuhnya kita pahami.

Kamera

Dan dari itu semua bersyukurlah kita dikaruniai akal oleh Sang Pencipta untuk memahami hal tersebut. Ada begitu banyak orang yang membutuhkan pertolongan, akan tetapi kita tidak bisa menolong semuanya. Karena kita juga diberi batasan-batasan agat kita tidak sewenang-wenang berbuat sesuatu dimuka bumi ini. Kita diberi amanah agar kita mampu untuk mengelola dan bukan menjadikannya sebagai sebuah beban hidup.

Mungkin kita tidak sadar, ada peluang yang akan datang menghampiri kita, ada peluang yang ingin dijemput seperti sebuah permainan sepak bola, ada juga peluang yang ingin diusahakan terlebih dahulu dan bisa jadi 5 menit yang akan datang adalah peluang terbaik anda.

Ada banyak sisi, sudut, lipatan dan kedalaman yang tidak bisa kita lihat dan kita jangkau. Oleh karena itu belajar memahami baik sisi, sudut, lipatan dan kedalaman harus bisa dipahami dengan arif dan bijaksana. Terutama dinegeri kita yang memiliki keberagaman adat istiadat, budaya maupun agama.

Begitu banyak sudut pandang yang tidak bisa kita lihat sepenuhnya. Dan terasa aneh jika dari kita semua berselisih akan hal tersebut. Sebagai contoh jika ada 5 orang memotret satu gambar bunga mawar yang sama, maka gambar siapakah yang benar?

1. Bu Maya memotret dengan kamera Nokia 1 megapiksel

2. Bu Lisa memotret dengan kamera Android 2 megapiksel

3. Kang Djack memotret dengan kamera Blackberry 4 megapiksel

4. Kang Jaey memotret dengan kamera Iphone 12 megapiksel

5. Mang Lembu memotret dengan kamera Samsung 20 megapiksel

Advertisement
• • • • •

Lalu diantara ke 5 orang tersebut siapakah yang menurut anda benar memotret bunga mawar tersebut?

Mawar merah

Ya, semuanya benar! Dari ke 5 orang tersebut tidak ada yang salah. Begitu pun dengan sudut pandang dan cara pandang setiap orang. Yang membedakan hanya Resolusi tiap sudut pandang tersebut. Ada yang bisa menjelaskan sudut pandangnya dengan resolusi 1megapiksel, ada yang bisa menjelaskan sudut pandangnya dengan resolusi 2 megapiksel dan seterusnya.

Perbedaan itulah yang terkadang dibuat perselisihan yang tak kunjung selesai. Padahal jika kita mau memahami sudut pandang orang lain maka kita akan memahami cara pandang dan sisi pandang orang tersebut. Selain itu pula, sudut pandang kita akan lebih diperkaya lewat sudut pandang orang lain.

"Jadikan perbedaan sudut pandang itu sebagai sebuah sarana untuk memperkaya sudut pandang bersama"

Perbedaan jangan sampai membuat kita menjauh, tapi jadikan perbedaan itu sebagai alat agar kita bisa bekerjasama. Seperti kerjasama air, gula, kopi dan susu, yang jika diseduh akan menciptakan cita rasa yang mantab, joss abis dan mungkin juga Top markotop!

Seperti pepatah yang dilontarkan oleh pakar kejiwaan yang cukup terkenal dari belahan dunia timur yaitu Kampretos Therantos Javanicos yang berkata :

"Mensano mensano mensano"

Artinya didalam tubuh yang sehat belum tentu jiwanya waras. Jadi, apakah anda semua waras! Karena hanya orang waras saja yang mau memahami berbagai sudut pandang yang berbeda. Dan bila anda belum bisa memahami kewarasan anda sendiri maka tak perlu khawatir karena masih banyak orang-orang yang seperti anda.

Baiklah semoga anda semua bisa belajar memahami sudut pandang orang lain dan tidak mudah menyalahkan sudut pandang yang berbeda dengan anda. Selamat beristirahat dan jangan lupa ngopi ☕ 😂

Advertisement

10 Responses to "Resolusi Kamera Dan Sudut Pandang"

  1. Ya, benar meskipun berbeda sudut pandang, kalau tetap bersatu saling menghargai satu sama lain maka akan terasa seperti segarnya secangkir kopi.

    Ah, membaca artikel ini kok malah saya teringat kebersamaan saat di MWB, akhirnya kebersamaan itu berpecah belah dengan sudut pandang masing-masing. Aku merindukan kebersamaan itu. 😖

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Yang lalu biarkan berlalu, berbeda itu indah bukan! Karena itu lepaskan apa yang tidak bisa kita jangkau karena itu cara yang terbaik

      Delete
    2. sekarang sapah tau di KPK Blogger Community sudut pandang yang ngacao dengan isi anggotanya yang sableng dan nggak jaim, kerinduan itu bisa terobati, atau justru tambah setres, nikmati sajah-lah

      Delete
  2. Setuju, tidak saling menyalahkan apalagi ngotot. Namun yang sering terjadi banyak yang menyadari dirinya salah tapi tetap ngotot, ini yang bikin mumet. Saya sering saksikan di TV banyak pelanggar lalu lintas yang malah memarahi Polisi.. Hahaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti saya bilang dalam akhir artikel, apa anda semua waras..!

      Delete
    2. yang waras saya doang sendiri....admin dan lainnya pada kkurang waras...jeh

      Delete
  3. Sudut pandang yang berbeda harusnya menjadi kekuatan, bukan menjadi perpecahan
    Nama-nama tokoh artikel serasa tak asing

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Tokoh dalam artikel adalah sahabat semua

      Delete
  4. Jadi sudut pandang itu menunjukkan pola pikir seseorang dalam memaknai sesuatu, bila terjadi perbedaan itu bukan berarti sudut pandang orang lain itu salah,
    dari pada terus berdebat untuk mendapatkan siapa yang benar lebih baik saling menghormati agar tidak menimbulkan perpecahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's right..
      Terkadang kita juga perlu belajar lebih bijak terhadap pendapat orang lain.

      Delete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!