--> Skip to main content

Resolusi Kamera Dan Sudut Pandang

Ada banyak pengetahuan yang tidak kita ketahui semuanya, ada banyak kesempatan yang tidak bisa kita raih sepenuhnya dan ada begitu banyak sudut pandang yang belum sepenuhnya kita pahami.

Kamera

Dan dari itu semua bersyukurlah kita dikaruniai akal oleh Sang Pencipta untuk memahami hal tersebut. Ada begitu banyak orang yang membutuhkan pertolongan, akan tetapi kita tidak bisa menolong semuanya. Karena kita juga diberi batasan-batasan agat kita tidak sewenang-wenang berbuat sesuatu dimuka bumi ini. Kita diberi amanah agar kita mampu untuk mengelola dan bukan menjadikannya sebagai sebuah beban hidup.

Mungkin kita tidak sadar, ada peluang yang akan datang menghampiri kita, ada peluang yang ingin dijemput seperti sebuah permainan sepak bola, ada juga peluang yang ingin diusahakan terlebih dahulu dan bisa jadi 5 menit yang akan datang adalah peluang terbaik anda.

Ada banyak sisi, sudut, lipatan dan kedalaman yang tidak bisa kita lihat dan kita jangkau. Oleh karena itu belajar memahami baik sisi, sudut, lipatan dan kedalaman harus bisa dipahami dengan arif dan bijaksana. Terutama dinegeri kita yang memiliki keberagaman adat istiadat, budaya maupun agama.

Begitu banyak sudut pandang yang tidak bisa kita lihat sepenuhnya. Dan terasa aneh jika dari kita semua berselisih akan hal tersebut. Sebagai contoh jika ada 5 orang memotret satu gambar bunga mawar yang sama, maka gambar siapakah yang benar?

1. Bu Maya memotret dengan kamera Nokia 1 megapiksel

2. Bu Lisa memotret dengan kamera Android 2 megapiksel

3. Kang Djack memotret dengan kamera Blackberry 4 megapiksel

4. Kang Jaey memotret dengan kamera Iphone 12 megapiksel

5. Mang Lembu memotret dengan kamera Samsung 20 megapiksel

• • • • •

Lalu diantara ke 5 orang tersebut siapakah yang menurut anda benar memotret bunga mawar tersebut?

Mawar merah

Ya, semuanya benar! Dari ke 5 orang tersebut tidak ada yang salah. Begitu pun dengan sudut pandang dan cara pandang setiap orang. Yang membedakan hanya Resolusi tiap sudut pandang tersebut. Ada yang bisa menjelaskan sudut pandangnya dengan resolusi 1megapiksel, ada yang bisa menjelaskan sudut pandangnya dengan resolusi 2 megapiksel dan seterusnya.

Perbedaan itulah yang terkadang dibuat perselisihan yang tak kunjung selesai. Padahal jika kita mau memahami sudut pandang orang lain maka kita akan memahami cara pandang dan sisi pandang orang tersebut. Selain itu pula, sudut pandang kita akan lebih diperkaya lewat sudut pandang orang lain.

"Jadikan perbedaan sudut pandang itu sebagai sebuah sarana untuk memperkaya sudut pandang bersama"

Perbedaan jangan sampai membuat kita menjauh, tapi jadikan perbedaan itu sebagai alat agar kita bisa bekerjasama. Seperti kerjasama air, gula, kopi dan susu, yang jika diseduh akan menciptakan cita rasa yang mantab, joss abis dan mungkin juga Top markotop!

Seperti pepatah yang dilontarkan oleh pakar kejiwaan yang cukup terkenal dari belahan dunia timur yaitu Kampretos Therantos Javanicos yang berkata :

"Mensano mensano mensano"

Artinya didalam tubuh yang sehat belum tentu jiwanya waras. Jadi, apakah anda semua waras! Karena hanya orang waras saja yang mau memahami berbagai sudut pandang yang berbeda. Dan bila anda belum bisa memahami kewarasan anda sendiri maka tak perlu khawatir karena masih banyak orang-orang yang seperti anda.

Baiklah semoga anda semua bisa belajar memahami sudut pandang orang lain dan tidak mudah menyalahkan sudut pandang yang berbeda dengan anda. Selamat beristirahat dan jangan lupa ngopi ☕ 😂

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar