--> Skip to main content

Hikmah Ramadhan Kadaluwarsa Umur

Diteras depan gubug sederhana tengah kuburan, sembari duduk dikursi bambu ditemani kopi Pait dan rokok menyan kesayangannya, Cakjun sedang sibuk membolak-balik benda yang ada dipegangannya. Tiba-tiba, dia dikejutkan dengan suara yang nyelethuk dibelakangnya.

Expired boat

“Baca apa toh sampeyan pak? Kok kelihatannya serius ?”, ternyata itu suara beib Maya yang tiada lain adalah istrinya sendiri “Ini lho beib... sedang baca surat nikah, kok kayaknya ada yang aneh aja gitu?”, jawab sang suami dengan menoleh sebentar..!

“Apanya yang aneh sih pak, kan dari dulu ya gitu-gitu saja!” tanya istrinya agak heran “Ini lho... dari tadi saya coba bandingkan dengan KTP, STNK , SIM... disitu semuanyakan ada tanda kadaluwarsanya. Lha ini... Surat Nikah... kok gak ada tulisan Masa berlakunya ya?” Istri: (Ambil Celurit) 😂

• • • • • •

Nah mas bro dan mbak bro yang saya muliakan, sebenarnya definisi dari kadaluwarsa adalah Masa yang sudah lewat dari batas waktu yang tentukan / ditetapkan. Karena jika sudah melewati masa kadaluwarsa berarti benda atau makanan tersebut sudah tidak bisa di pakai lagi. Biasanya peringatan dari kata kadaluwarsa / expired ini banyak ditemukan di label / pembungkus makanan, kaleng susu, obat dan lain sebagainya. Jika kita melihat di profil KTP, SIM, STNK, Surat Gadai, biasanya akan di tulis Masa Berlaku.

Sekarang coba kita bahas tentang apa yang dimaksud dengan Kadaluwarsa Nyawa. Menurut saya Itu bisa juga diartikan Manusia yang berakhir masa Hidupnya. karena MANUSIA jika telah kadaluwarsa pastinya akan menjadi MAYAT. Dan tentu saja jika sudah menjadi MAYAT tak akan bisa jadi manusia lagi, bukankan begitu mas bro..! 😪 

So, bagi Mas bro and Mbak bro yang Cakep, Imut, Unyu, Tajir, Smart atau yang serba sempurna, ingatlah umur yang kadaluwarsa. Coz, jika sudah saatnya anda akan menjadi Mayat, yang anda tinggalkan hanyalah seonggok bangkai yang pucat karena ditinggalkan oleh ruh.

Sebelumnya, mari kita simak ulasan tentang mayat dari Prof. Doktor Djack Hasibuan, yang memang pakar tentang anatomi tubuh ini, “kosa Kata mayat terjadi karena ada jasad manusia yang telah mati dan menjadi The ’Dead Body’ yang merupakan sosok jasad menungso sing wis mati lan kaku. Human being is a living and the dead is a person who died. Dan, yang pasti mayat akan segera lenyap tertelan bumi, membusuk, menjadi belatung dan di kunyah oleh cacing tanah. Selanjutnya... Hanya tulang yang tersisa. !”

Itulah gambaran diri kita, Secantik atau setampan apapaun kita, Sekaya atau semiskin apapun status kita, Sepintar atau secerdas apapun otak kita, namun ketika masa yang telah ditentukan telah berakhir, masihkah segala label keduniaan itu melekat? 😪

Kecuali sebagaimana kata pepatah, Gajah mati meninggalkan Gading, Harimau mati meninggalkan Belang, manusia mati meninggalkan nama (dalam arti nama perilaku semasa hidupnya membawa makna atau tidak, bermanfaat atau tidak, dikenang orang atau dicaci, itulah kita). 

“Perumpamaan orang yang hidup dan mati itu terletak pada ingat atau tidaknya ia selama hidup kepada Tuhannya” (matsalulladziy yadzkuru rabbahu walladziy laa yadzkuru, matsalulhayyi walmayyiti.) HR. BUKHORI

• • • • • •

By the way, berhubung sekarang kita sedang memasuki bulan ramadhan, yaitu bulan yang penuh keberkahan dan ampunan, maka sudah sepantasnya kita meninggalkan segala aktifitas yang kurang bermanfaat, apalagi aktifitas yang mengarah pada perbuatan dosa.

Karena bukan tidak mungkin umur yang kita kira masih panjang ternyata hampir mendekati masa berlaku alias kadaluwarsa.

Sekaya apa pun anda atau sesakti apa pun ilmu anda tidak akan bisa melawan, apalagi menyogok malaikat maut..! 😪

Nah para Dhemit yang saya hormati... Once more time, just remember for Umur yang akan kadaluwarsa. Coz, jika masa aktif kuota nafas sampeyan akan segera berakhir, trik gretongan dari sumber manapun tidak akan dapat membantu sampeyan untuk segera minggat dari dunia ini. 

Dan, jika setelah itu anda menuju laman yang Blank atau Not Found, maka sampeyan akan menderita selamanya. Hanya modal Username dan Password yang Barokah saja yang bisa menolong di akhir perjalanan nanti.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar