Cara Menyeduh Kopi Yang Baik & Benar

Pasti banyak yang belum paham mengenai cara membuat kopi yang benar. Kebanyakan dari kita membuat kopi hanya asal saja. Seperti asal seduh dan asal tuang saja, sehingga rasa kopi tidak sedap, apalagi rasanya yang top markotop..! 👍

Kopi Susu

Untuk kaum hawa biasanya pintar menyeduh kopi. Tapi tidak semua, karena sekarang sudah memasuki era digital yang membuat kaum hawa sedikit banyak kesibukan, karena sebentar-sebentar pasti buka sosial media seperti Facebook, Google+ maupun Twetter.

Kebanyakan orang di zaman sekarang sudah tidak fokus pada cara-cara yang benar. Kebanyakan mereka menggunakan cara instan agar siap dan cepat saji. Menurut admin cara instan ini kelebihannya bisa dibilang praktis dan mudah, akan tetapi kekurangannya juga ada seperti berpengaruh pada rasa kopi yang di sajikan.

Lalu bagaimana cara menyeduh kopi yang benar..! Sebenarnya tidak sulit yang anda bayangkan. Menyeduh kopi yang benar akan berefek pada rasa kopi yang khas dan aromanya keluar semerbak bunga kasturi he..he.. 😂

Berikut ini cara menyeduh kopi yang baik dan benar, karena sudah beberapa kali admin praktekkan. Dan ternyata aroma kopi yang khas tersebut dapat keluar dan tercium oleh hidung kita.

Advertisement
• • • • • •

Cara Menyeduh Kopi Yang Benar


1. Tuangkan air kedalam gelas, kira-kira seukuran kopi yang akan disajikan.

2. Masukkan air yang digelas tadi kedalam panci.

3. Nyalakan kompor, atur pengapian agar tidak terlalu besar.

4. Masukkan 2 sendok makan kopi bubuk kedalam panci yang sudah mendidih.

5. Masukkan 3 sendok teh gula pasir kedalam panci yang mendidih tadi.

6. Aduk perlahan hingga merata, sampai kopi mengeluarkan aroma khas.

7. Masukkan sendok kecil kedalam gelas agar gelas tidak pecah. Lalu tuangkan kopi tadi kedalam gelas.

By the way, kelebihan dari menyeduh kopi dengan cara ini adalah kopi akan masak dengan sempurna dan tidak akan menyebabkan sakit pada perut yang meminumnya.

Pengalaman admin kemarin, pernah disajikan secangkir kopi hitam dari dispenser, dan setelah meminumnya membuat perut terasa kembung dan nyeri-nyeri.

Well, bagi anda yang memiliki pengalaman berbeda mengenai penyajian maupun rasa kopi, silahkan berbagi sebagai bahan pengetahuan bersama.

Itulah cara yang baik dan benar menyeduh kopi agar aroma kopi bisa keluar dan rasanya bisa top markotop. Perlu dicatat bahwa menyeduh kopi dengan Termos atau Dispenser juga bisa, akan tetapi aromanya tidak keluar dengan maksimal.

Advertisement

18 Responses to "Cara Menyeduh Kopi Yang Baik & Benar"

  1. Saya boleh katakan jika saya nyedu kopi pasti dapat pertanyaan gini , "kopi buatan kamu terasa lain daripada kopi pada umumnya emang dikasoh apa? Setelah itu sering sering mereka datang ke rumah ingin saya bikinkan kopi.

    Nggak percaya? Boleh datang ke rumah merasakan aroma kopi buatan saya... 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gitu saya maulah mbak dibuatin kopinya hehe

      Delete
    2. He..he..😰😂
      Bisa aja mbak Lisa..

      Awas ya kalau nanti mampir tak di buatkan 😜😂

      Delete
  2. Kadang pengennya cepet terus tidak gunain cara di atas mas. Lain kali saya mau coba cara di atas mas supaya rasanya mantap dan beda dengan yang lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mas..
      Tapi ingat, saya tidak bertanggungjawab jika mas kecanduan kopi loh..😂

      Delete
  3. Jadi airnya ditakar dulu menggunakan gelas yg akan digunakan, itu bedanya dg kaum hawa
    Kaum hawa tidak perlu menakar dulu air yang digunakan karena sudah tahu berapa banyak air yg akan digunakan meskipun kopi yg akan dibuat lebih dari satu gelas

    yeee selangkah lebih maju dong kaum hawa soal seduh kopi mah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, bisa juga seperti itu jika feeling sudah ok

      Delete
  4. menyeduh kopi sih sebenarnya ada trik nya sendiri agar rasanya lebih nendang.. kata barista sih gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, terkadang para barista sering mampir kerumah saya loh, minta dibuatkan kopi he..he..

      Delete
  5. Kalo aku minum kopi harus nunggu sampe ampas kopinya turun ke bawah, mas. cara itu bisa bikin kopi tambah seger. kalo kamu suka minum kopi kayak gitu nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kopi penyajiannya seperti diatas, maka ampasnya akan mengendap kebawah. Dan tentu rasanya bisa top markotop..

      Delete
  6. Namun dari pengalamn beberapa teman pecinta kopi, semuanya tergantung dari goyangan adukan waktu menyeduh kopinya mang ? benar ga sih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Itu salah satu resep rahasia barista mang..

      Delete
  7. Untuk seorang yang ga doyan kopi, saya lebih memilih minum susu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Monggo mas putra, terlebih susu murni lebih joss loh..

      Delete
  8. Kalau saya mau ngupi tinggal minum doang jeh, jadi gak tahu cara nyeduh kopi yang baik dan benar wkwk

    ReplyDelete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!