Rasa Putus Asa Dan Harapan

Putus asa adalah sebuah keputusan yang didasari oleh kebutaan hati akan sesuatu. Jadi, dengan kata lain si pengambil keputusan biasanya kurang berpikir secara panjang dan bijak dalam memahami suatu masalah.

Balon Harapan

Siapa pun pasti pernah mengalami putus asa, apalagi para muda-mudi di zaman sekarang yang cara berpikirnya masih terbawa oleh nafsu dan amarah. Dua hal ini yang bisa membuat hati kita ditutupi oleh kabut keraguan.

Jangan pernah merasa putus asa atas semua yang terjadi dengan hidup kita. Karena semua itu bagian dari proses hidup dan pembelajaran agar kita lebih dewasa.

Putus asa akan membawa kita pada keterpurukan yang sangat dalam. Sehingga akan sulit bagi kita untuk bangkit kembali. Memang terkadang kita terhimpit pada sebuah masalah yang besar, yang membuat kita sendiri tidak dapat menyelesaikannya. Tapi apakah kita hanya berdiam diri saja? 😪

Dalam berbagai hal mungkin sobat pembaca pernah merasakannya, seperti ditinggal pacar misalnya, nilai test yang jelek, pemutusan hubungan kerja dan masih banyak lagi. Sehingga hal tersebut bisa membuat kita tidak semangat dalam menjalani hidup dan sedikit memiliki trauma hingga akhirnya membuat hidup kita semakin down.

Sehingga banyak yang kemudian lari kedalam dunia hitam, misalnya menyentuh narkoba, mabuk-mabukan dan masuk kedalam dunia prostitusi serta masih banyak kasus yang lainnya. Tapi apakah semua itu merupakan jalan terbaik? Tidak, itu semua hanya akan menambah masalah saja. Sehingga kita jangan pernah berusaha untuk merusak diri sendiri.

Hargailah diri kita sendiri yang telah diciptakan oleh Sang Pencipta dengan wujud yang paling sempurna diatas makhluk lain. Kita juga harus percaya pada sebuah harapan, selama kita berusaha untuk lepas dari segala masalah yang menimpa hidup kita. Karena bagaimanapun juga akan selalu ada jalan bagi yang mau berusaha, walau jalan tersebut seperti lubang jarum seperti kisah berikut ini.

Advertisement
• • • • • •

Pada suatu malam seorang tukang ojek mengendarai motornya dengan kecepatan tinggi dan tiba-tiba banyak polisi yang menghadang karena sedang terjadi razia. Kemudian polisi tersebut berkata : "Hei, berhenti..! Mana SIM kamu?" 😒

Tukang ojek : "aduh... kebetulan pak saya tidak membawa SIM karena berangkat terburu-buru!" 😅

Pak polisi langsung memukul motor tukang ojek dan berkata : "dasar tukang ojek!" 😤

Tukang ojek : "aduh, pak jangan karena bapak itu polisi lalu memukul motor orang seenaknya! Semut merah saja bisa menggigit, kalau diganggu..! 😪

Polisi : (sambil menodongkan pistol) terus kamu mau apa! 😬

Tukang ojek : "ah, tidak kok pak, saya ini kan semut hitam jadi tidak akan menggigit kok pak !!! 😰😅

Pak polisi : ??? 😱😵

• • • • • •

By the way, sebagaimana kita ketahui bahwa setiap manusia pasti memiliki berbagai macam harapan di dalam hidupnya. Dan kata harapan tersebut bisa timbul karena adanya suatu dorongan dari "keinginan."

Terjadinya sebuah kenginan juga disebabkan oleh banyak faktor. Dan faktor yang utama terbagi menjadi 2, yaitu disebabkan oleh penglihatan dan yang kedua oleh pendengaran. Baik penglihatan maupun pendengaran adalah 2 indera yang mendasari timbulnya suatu keinginan.

Baiklah saya akan memberi contoh : "jika mata kita melihat sesuatu benda atau barang yang kita sukai, maka akan timbul suatu keinginan untuk memiliki benda atau barang tersebut."

Contoh yang kedua : "ketika tetangga kita membeli sebuah Smartphone baru, dan Smartphone tersebut adalah Smartphone yang kita suka, dan kita mendengar kabar tersebut dari tetangga yang lain maka didalam hati kecil kita akan merasakan keinginan untuk membelinya pula suatu saat nanti.

Tenang sobat semua, rasa keinginan adalah hal yang manusiawi. Asal jangan keinginan tersebut melampaui batas kemampuan. Ada kata- kata bijak yang patut kita renungkan yaitu, 

"Banyak orang yang ingin memutihkan kulit, akan tetapi mereka lupa untuk memutihkan hati mereka yang semakin lama kehitaman."

Saya yakin semua manusia pasti ingin semua harapannya terwujud. Tidak ada satu manusia pun yang tidak memiliki harapan untuk hidupnya. Harapan di ibaratkan sebuah cahaya yang menjadi penerang di tengah gelapnya kehidupan. Jadi jagalah selalu harapan-harapan tersebut agar selalu bersinar.

Dan ketika ada segelintir manusia mengejek tentang harapan-harapanmu, usahakanlah agar tetap tenang dan tidak terpancing emosi. Dan ketika orang tersebut sampai dengan tega melempari kita dengan batu sekalipun, janganlah melempar balik kepadanya. Balaslah dengan senyuman dan lempar bunga kepadanya, tapi usahakan potnya ikut terlempar juga ya..! He..he.. 😂

Baiklah sobat hidup ini jangan terlalu serius, karena kalau terlalu serius maka kita akan cepat tua. Usahakan agar selalu tersenyum, tapi jangan berlebihan, nanti di sangka orang gila he..he.. ! Salam indonesia 😂

Advertisement

21 Responses to "Rasa Putus Asa Dan Harapan"

  1. wkwkwkwk bapa tukang ojeg bisa ajaaaa :P

    ReplyDelete
  2. "Putus asa itu dosa" kata orang kebanyakan
    Dari pada putus asa lebih baik putus cinta aja deh biar nggk dosa kalo gitu hehe
    Maaf lagi ingin bercanda
    selamat siang

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he.. 😂
      Kalau bisa jangan keduanya atuh..😅

      Delete
    2. Kalau bisa emang jangan sampai ya, kata judul lagunya sih "sakitnya tuh disini" hehe
      lagi jalan-jalan nih sambil nge-teh sore

      Delete
  3. Keren mang, saya senyum-senyum sendiri baca tulisan mamang yang ini, merasa tersentil karena kadang-kadang suka terlalu serius kalau ngapa-ngapain, padahal hidup itu enaknya dibawa enjoy ya mang, kalau kata mang lembu mah: nyantey kaya dipantey, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Betul mang, bawa enjoy terus mang biar makin awet muda seperti saya..😂

      Delete
  4. Yupz setiap manusia memiliki keinginan untuk hidup yang lebih baik dan sebagainya, tapi terkadang untuk mencapai itu yang susah dan perlu sebuah perjuangan. Perjuangan saja juga tidak cukup jika tak di landasi dengan kesabaran, seperti cerita tukang ojek diatas itu. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Betul, hidup memang begitu, selalu ada yang harus dikorbankan untuk mencapai kebahagiaan.

      Delete
  5. Bolehlah punya harapan, dan bolehlah punya cita-cita. Tapi harus tetap bergerak dan bekerja. Sambil membacar realita yang ada. Jangan putus semangat jika hal yang diinginkan belum tercapai.
    Hargailah diri kita sendiri yang telah diciptakan oleh Sang Pencipta dengan wujud yang paling sempurna diatas makhluk lain. Saya ganta setuju.
    Ditinggal pacar, focus cari lagi. Jangan terbelenggu masa lalu.
    Dan itu pak polisinya baik banget ya, kalau saya pastinya sudah saya doooor !

    ReplyDelete
  6. Kalau dibawah ini termasuk rasa putus asa bukan, kang?

    "Ah cuma ini yang bisa kulakukan, ya sudahlah begini saja daripada gak samasekali".

    ReplyDelete
  7. wkwkw semut hitam, bapak ojeg bisa aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelan pelan mas ketawanya, tetangga sebelah lagi sakit gigi loh..😂

      Delete
    2. ssst...nanti bapak polisi ikut baca.

      Delete
  8. ketidakmampuanlah yg akhirnya membuat rasa putus asa. kebanyakan sih banyak yg bunuh diri. serem, men.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas beny, banyak yang putus asa karena tidak mampu..

      Delete
  9. sebenarnya setiap orang pasti punya masalah dan problema masing-masing, dan yang pasti setiap problema pasti ada solusi untuk mengatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, setiap masalah pasti sudah tersedia solusinya..

      Delete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!