Sehat Bersama Wedang Jahe Kopi

Udara dingin dan cuaca yang tidak menentu bisa membuat stamina kita menurun dengan drastis. Apa anda sadar akan hal demikian! Jika anda sadar bagus. Lalu langkah apa yang harus dilakukan? Menurut admin cari sesuatu yang bisa menghangatkan tubuh. Seperti wedang jahe kopi contohnya, cocok menemani disaat cuaca dingin dibulan ini.


Udara dingin bisa membuat tubuh kita sedikit peka dan daya tahan tubuh bekerja untuk mempertahankan suhu tubuh agar stabil. Jika kondisi kita kurang sehat maka daya tahan tubuh akan mudah terserang dan membuat tubuh kita menjadi lemah.

Well, Seorang blogger juga butuh stamina agar selalu tetap sehat dan prima. Jika dua hal tersebut terpenuhi maka akan tercipta berbagai artikel yang unik dan menarik untuk dibagi kepada pembaca semua.

Jangan terlalu banyak berpikir, yang justru menghambat ide-ide jenius itu keluar! Cukup ikuti kata hati dan ketik saja apa yang terlintas dipikiran anda. Seperti yang sedang admin lakukan saat ini. Back to topik!

Faktor pendukung tubuh menjadi sehat bisa jadi dari sebuah minuman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti wedang jahe contohnya. Mungkin anda sering mendengar akan khasiat dari jahe..!

Untuk artikel kali ini admin akan berbagi resep mengenai wedang jahe kopi. Sebagai teman anda beraktifitas di cuaca dingin.

Resep minuman wedang jahe kopi berbahan dasar jahe, kopi, gula merah, dan air panas. Sejak zaman nenek moyang kita dahulu jahe sudah terkenal dengan kasiatnya sebagai obat tradisional mencegah masuk angin. Jadi, anda tidak perlu khawatir akan hal itu.

Khasiat lain dari jahe adalah mengurangi sakit kepala, menurunkan tekanan darah tinggi, dan obat alami sakit gigi. Apabila mengerti cara meraciknya. Jahe memberikan sensasi hangat dan pedas. Jahe juga memberikan citarasa yang kuat, yang biasanya diseimbangkan dengan gula merah atau bisa juga dengan gula pasir. 

Sedangkan kopi selama dikonsumsi tidak berlebihan, memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Sedikit kopi dapat memberikan energi tambahan dan membangkitkan stamina. Kafein dalam kopi berguna untuk merangsang sel otak bekerja lebih optimal.

Terlalu banyak kopi dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah, menyebabkan penyakit jantung dan hati. Dalam resep minuman wedang jahe kopi ini, jumlah kopi yang dimasukkan tidak begitu banyak dan tergantung selera masing-masing.

Advertisement
• • • • • •

Cara membuat resep minuman wedang jahe kopi :  


Bahan 

• 2 sendok makan kopi bubuk 

• 100 gram jahe (dibakar, dikupas, dan digeprek) 

• 150 gram gula jawa (dikeruk halus) 

• 1 Liter air mendidih 

Cara Membuat

1. Kopi bubuk diseduh dengan air mendidih, lalu biarkan sampai dingin sekitar 15 menit, kemudian disaring. 

2. Rebus kembali air kopi yang ditambah jahe sampai beraroma wangi. 

3. Beri tambahan gula jawa. Aduk hingga gula jawa larut merata. Enak dihidangkan hangat-hangat.

Selain minuman ini baik untuk tubuh juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan stamina anda. Karena sebagaimana kita ketahui bahwa jahe mengandung zat besi yang sangat baik untuk tubuh kita.

Itulah sedikit resep yang bisa menjadi teman anda beraktitas dalam cuaca dingin dibulan ini. Saya sarankan lebih nikmat jika menikmati minuman ini bersama orang tercinta, karena rasanya akan membuat anda senyum-senyum sendiri ketika duduk disampingnya he..he..😜

Advertisement

18 Responses to "Sehat Bersama Wedang Jahe Kopi"

  1. Wedang jahe memang sangat baik untuk teman saat cuaca dingin, tapi wedang jahe kopi saya belum pernah membuat.
    Baik, saya pulang dulu tak coba meracik wedang jahe kopi siapa tahu mas admin ada mampir ke rumah bisa menikmati wedang jahe kopi buatan mbak Lisa berduaan. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew, mau donk dibuatin wedang jahe, siapa tahu dapat inspirasi baru..he..he..

      Delete
  2. Selama ini hanya sekedar membuatkan wedang jahe murni, belum pernah meremix wedang jahe kopi, meski khasiatnya luar biasa, saya bukan penggila wedang jahe hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Good, siapa tahu kedepan berminat meracik wedang jahe kopi..

      Delete
  3. Wedang jahe rasa kopi boleh juga nie mang, terlebih di musim hujan seperti sekarang ini, cocok sebagai teman setia saat nulis artikel blog. Btw kalau white coffee sebagai bahan campuran wedang jahe boleh jugakah?

    ReplyDelete
  4. Wedang jahe minuman kami orang gunung, kami tinggal di daerah perbukitan dan lembah udara yg dingin sering kami hangatkan dg wedang jahe
    hsl produksi dari KWT produk lokal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew, mantap..!
      Wedang Jahe memang terkenal sebagai minuman favorit di daerah dingin seperti bukit dan pegunungan.

      Delete
  5. Wedang jahe kini jenis minuman asli indonesia yang jarang dikonsumsi tidak seperti kopi, padahal cara membuatnya pun bisa dilakukan oleh sendiri dan alat seadanya, tapi ada juga yang di buat oleh perusahaan tinggal cari di warung silahkan menikmatinya salam buat semuanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, diwarung sudah tersedia dan tinggal seduh.

      Delete
  6. wedang jahe rasa kopi rasanya belum pernah nyoba aku. haha.

    udara dingin bisa bikin kita mudah keserang penyakit terutama buat yg sering keluar malem.

    ReplyDelete
  7. Wah..kopi dan jahe suatu kebutahan mutlak kalau kopi nya mas..perlu di coba untuk tambahan jahe nya agar lebih fit..hehe..makasih mas ilmu nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mas ledy, siapa tahu nanti dirumah pingin meracik.

      Delete
  8. Saya suka dengan gula merahnya ini, menjaga stamina dan meningkatkan gariah jiwa raga. Ditambah dengan jahe, badan terasa anget dan segar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kang, apalagi setelah seharian bekerja pasti butuh minuman berenergi alami.

      Delete
  9. Suka iri deh sama orang yang doyan makan apa aja. Aku mah makannya susah :( Gak doyan pedes, gak doyan makanan jahe-jahean, gak doyan kopi... :( Paling cuma suka ngemilin gula merah waktu kecil... hahhaha Suka diumpetin ama mama, kadang suka curi-curi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Gula merah juga sehat asal konsumsinya tidak berlebihan

      Delete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!