Seo Tidak Optimal, Tetap Tenang!

Para blogger selalu membicarakan hal yang satu ini demi kemajuan trafiknya. Semua cara dilakukan agar blognya bisa ramai dan mencapai urutan pertama di search engine Google. Bukankah hal ini menarik!

berlomba- lomba memperbaiki segala kekurangan yang ada pada blog adalah kegiatan yang menjenuhkan. Tapi, apabila tidak segera di perbaiki tentunya akan berdampak pula pada website maupun blog yang kita cintai.

Seo

Untuk mengenal lebih jauh sebaiknya kita memahami dahulu apa itu SEO. Arti Seo itu adalah Search Engine Optimization, kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia bermakna Optimisasi Mesin Pencari. Yaitu proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web Anda, agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita itu, situs web atau halaman Anda tersebut ditampilkan di halaman pertama. Inilah yang dinamakan hasil pencarian organik atau hasil pencarian alami karena tidak menggunakan iklan sebagai media promosi situs web.

Apa anda paham sampai disini? Jika paham kita lanjut pada topik seputar SEO. Para blogger tersebut banyak menggunakan tehnik Seo On Page dan Seo Off Page. Apa anda paham artinya? Maksud dari kedua tehnik itu adalah

Seo On Page yaitu optimisasi yang dilakukan dari dalam situs web anda sendiri. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan, misalnya seperti :

1. Menggunakan template yang seo friendly
Template seo friendly dan fast loading sudah menjadi kebutuhan yang wajib. Jadi gunakan template yang memenuhi standar pertama ini, agar kedepan kita tidak memiliki permasalahan yang cukup rumit.

2. Memasang meta tags, meta deskripsi, meta keyword (kata kunci) dan meta Author
meta tag, meta deskripsi dan kata kunci merupakan syarat wajib kedua, agar website atau blog kita mudah di kenali maupun dirayapi oleh robot google.

3. Percepat loading blog
untuk yang ketiga ini sebaiknya anda sering mengkontrol kecepatan loading blog maupun website di google. banyak cara yang bisa anda lakukan seperti memperkecil ukuran gambar, memperkecil css dan mengurangi widget yang kurang penting.

4. Posting artikel sehari 1
untuk yang keempat usahakan anda posting sehari 1 kali agar status blog maupun website terlihat aktif di mata mesin pencari. Tapi, saat ide sudah mulai berkurang dan terkadang menghilang inilah saat-saat seorang blogger kehilangan fokus. Jadi sebelum ide itu hilang postinglah semaksimal mungkin, agar blog maupun website yang anda bangun tetap baik di mata mesin pencari.

Seo Off Page yaitu optimisasi yang dilakukan dari luar situs web anda. Contohnya seperti, membagi artikel ke Google+, Facebook, Twitter dan media sosial lainnya. Agar para pengunjung bisa datang ke situs anda. Yang perlu anda lakukan yaitu fokus membangun backlink. Memperbanyak inbound link (link dari situs web lain yang mengarah ke situs web anda). Bisa juga dengan bertukar link dengan blog sahabat atau meninggalkan komentar yang baik dan sesuai dengan konten blog.

Jika selama ini anda belum menerapkan tehnik seo ini, saya harap tetap tenang. Masih banyak peluang yang menjadi kriteria Google dalam merayapi halaman situs anda. Intinya jangan bersedih, teruslah menulis dan jangan berkecil hati kalau artikel kita kurang berkualitas. Percayalag Google memiliki penilaian sendiri dalam merayapi situs anda.

Happy Blogging! Tetap semangat dan semoga bermanfaat bagi anda semua.

Advertisement

4 Responses to "Seo Tidak Optimal, Tetap Tenang!"

  1. Joss informasinya, oh iya jangan tukaran link, itu bahaya mas. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok, terima kasih tambahannya..!
      Tambah satu ilmu lagi

      Delete
  2. aku happy bloging aja deh! Sempat tidak semangat menulis akibat mikirin SEO, hehe..
    post sehari 1 mungkin cukup efektif ya, aku kurang begitu mendalami tentang SEO
    tapi ingin tetap enjoy menulis, soalnya menulis asyik bagaikan terapi perasaan gitu hehe

    ReplyDelete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!