Hak Asasi Hantu

Malam semakin larut dan hawa dingin yang seakan masuk melalui rongga-rongga diantara pakaian tadi malam. Suara orang sedang mengaji pun masih terdengar sayup-sayup dari kejauhan.

Tak disangka kita sudah memasuki awal bulan Ramadhan, bulan yang sudah dinanti-nantikan karena memiliki banyak keistimewaan yang sering di dengungkan oleh Pak Ustad maupun Pak Kyai.

Rasa bahagia pun terpancar karena masih diberi kesempatan untuk menjadi bagian dari orang-orang yang mendapatkan ujian dibulan yang istimewa ini. Pantas saja hawa tadi malam sangat berbeda dari biasanya.


Perlahan kabut tipis tiba-tiba datang menghampiri Satria, saat sedang Asyik menikmati suasana ngopi dipelataran rumah. Dengan perlahan pula perwujudan 4 sosok makhluk putih lucu dan imut-imut pun mulai terlihat.

Empat sosok itu ternyata adalah sosok Pocong yang kebetulan mampir. "Sampurasun mas bro..", rampes jawab Satria.

"Silahkan masuk kita ngopi bareng, kebetulan saya lagi menikmati suasana awal bulan Ramadhan", jawab Satria dengan ramah.

Maaf ya, Mas Bro.. Malam-malam begini mengganggu istirahatnya. Kedatangan kami kesini pastiya memiliki tujuan yang baik, jawab Mr. Pocong.

"Syukurlah, tenang rasanya mendengar maksud dan tujuan yang jelas. Kirain ente dateng mau nyekek ane Cong", jawab saya.

"Ah.. Mas Bro.. Paling bisa kalau berjanda.. Upss salah..! Maksudnya bercanda. Gimana mau nyekek Mas Bro.. Wong kedua tangan kami kebungkus kain kaffan..!" jawab Mr Pocong.

Begini Mas Bro.. Banyak dari bangsa kami yang sudah sensi saat berpapasan dengan manusia. Contohnya kemarin, saat Ane sedang asyik nongkrong menikmati keindahan bulan purnama dipinggir danau, lalu datangkan beberapa orang pemancing, begitu melihat Ane doi langsung lari terbirit-birit dan teriak keras pocoooong..!?

Coba.. Gimana mas bro.. Orang lagi asyik malah diteriaki, kaya orang yang gak' punya sopan santun kan Mas Bro..!?

Lain lagi dengan Ane mas bro.. Pocong sebelahnya bercerita, saat malam jumat kliwon yang lalu, Ane asyik duduk diantara pohon bambu karena dikuburan gerah, maklumlah Mas Bro..belum pasang AC hi..hi.. Kebetulan Pak Ustad lewat dan melihat Ane, e... Doi langsung komat-kamit baca sesuatu..!?

Sampai 10 menit kemudian mungkin Pak Ustad bingung Ane gak' kebakar juga..! Ya.. Jelaslah orang ane pakai headset dengerin lagu Afghan makanya gak" ngaruh he..he..?

Akhirnya Doi lari sampai nyemplung ke got, teriak-teriak toloong... Ada pocoooong..!?
Saking sensinya Ane jawab aje "dasar kutu kupret kadal buntung, ganggu orang lagi asyik aje.."

Nah, bagaimana Mas Bro.., kita juga punya Hak asasi donk, kita juga butuh ketenangan dan kebebasan untuk hidup berdampingan dibumi ini..!?

"Agar kedepannya tidak ada lagi yang namanya saling menggangu, saling menjelekan, saling fitnah dan merebut pekerjaan antara sesama Makhluk Tuhan.", tegas Mr Pocong

"Contohnya seperti apa Cong..?", tentang merebut pekerjaan tanya Satria.

Sudah banyak Mas Bro.., pekerjaan kami yang direbut bangsa manusia. Seperti saling merayu, menggoda istri orang lain, saling fitnah dalam bertetangga, saling membisikkan kejelekkan orang lain. Makanya sekarang banyak dari bangsa kami yang sudah menganggur karena tidak dapat pekerjaan..!? Dan yang lebih parah banyak pula makanan dan minuman yang dirampas oleh bangsa manusia..!?

Seperti minuman bir, vodka, wine, arak, darah, menyan dan yang lagi ngetop sekarang adalah Oplosan. Makanya tidak heran dari bangsa kami sekarang banyak yang kurus kering kurang makan..?!

Well, kira-kira siapa ya orangnya yang sudah merebut makanan dan pekerjaan para setan ini. Atau bahkan ada yang mau menampung para setan diatas, kasihan loh pada kurus kering kurang makan he..he..!?

Advertisement

25 Responses to "Hak Asasi Hantu"

  1. kira kira apa yang bisa kita petik sebagai pembelajaran ya..?

    heem ternyata para bangsa hantupun juga memiliki hak yang sama seperti bangsa manusia

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, begitulah kang..
      mereka juga butuh ketenangan dan kenyamanan he..he..

      Delete
  2. Kasian juga sih pocong digituin, entar kita bikin komnas buat hantu hehe

    ReplyDelete
  3. hantu juga makhluk hidup seperti halnya manusia dan jin. Mereka juga mempunyai hak layaknya manusia memiliki hak.
    Tapi apa mungkin hak asasinya sama dengan manusia ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, itu yang sedang saya cari tahu he..he..

      Delete
  4. Yaa!! Intinya siponcong harus ditampung dulu Di yayasan Java29. Agar solusi keadilan bagi seluruh Pocong Indonesia Terealisasi..😬😬🏃🏃🏃

    ReplyDelete
  5. Ceritanya menarik,mas .. semoga bisa dibukukan dan jadi seri tentang hantu jaman now yang pengin punya hak asasi juga kayak manusia 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kusupport dan kudoain,mas.
      Kelak jadi cerpenis khusus humor hantu.
      Bagus soalnya kisah2 lucu perhantuan 😁

      Delete
  6. wahaha, ternyata gak cuma manusia aja ya yang punya hak azasi, hantu juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he..he..
      baru tahu ya..
      awas doi dibelakang ngintip :P

      Delete
  7. wkwkwk sekaang tugasnya setan udah banyak diambil alih sama manusia yaa wkwkkw... Ternyata halu juga punya hah yaaa alias hak asasi halu wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. he..he..
      pelan..pelan ketawanya Mbak, nanti tetangga sebelah pada bingung :D

      Delete
  8. Biarin aza kurus kering, ane gak peduli, dodo nanaaattt…

    ReplyDelete
    Replies
    1. he..he..
      kang Maman kejem juga sama setan ya hi..hi..

      Delete
  9. wah temannya pocong jg ya mas.. gimana nih kalau saya berteman dengan si mas, entar saya jg punya teman pocong dong... iiihhh atut.. :)

    ada pesan menarik yg tertulis di artikel ini.. "Seperti saling merayu, menggoda istri orang lain...." semoga kita semua selalu dijauhi dari sifat-sifat seperti itu, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he.., ya begitulah..

      Nah, ambil yang baik buang yang jelek.. Good..!

      Delete

  10. Yahh tapi postingan diatas cuma fiksi aja XD

    pocong itu sebenarnya serem banget lho, mukanya hitam legam dan kulitnya yang mengelupas seperti disayat gitu.

    Meskipun bentuknya seperti lemet/lepat, tapi bukan loncat, pocong itu terbang. Serem banget coyyy, kalau liat langsung mungkin ga sanggup...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he..he..
      kayanya si Akang pernah ketemu ya..

      Delete
  11. Nah loh syetannya kurus tapi tambah kuat tuh
    hayo syetan jadi-jadian tampaknya

    ReplyDelete
  12. Sama kaya manusi dong yaa..

    Tapi gpp juga sech kurus kering, mati sekalian, hahaha

    ReplyDelete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!