Makanan Berbuka Puasa Hari Pertama

Puasa adalah sebuah bentuk aktifitas yang bernilai ibadah, yaitu menahan segala sesuatu dari yang bisa membatalkan seperti makan, minum, dan melakukan perbuatan lain yang bertentangan dengan aturan puasa. Kedatangan bulan ramadhan yang merupakan bulan yang penuh berkah bagi setiap manusia yang meyakininya.

Bulan puasa menjadi bulan penguji kepada setiap hamba-Nya yang beriman, atau tidak beriman akan terlihat dengan jelas pada bulan ini. Banyak mengeluh itu manusiawi, akan tetapi pada bulan ini sebaiknya mengeluh itu di kurangi.

Buah Kurma

Beberapa hari lagi umat muslim diseluruh dunia akan memulai aktifitas puasa pertamanya. Dan tentunya hal ini akan membuat sebagian umat muslim sibuk mempersiapkan segala sesuatunya, demi kelancaran ibadah puasanya nanti.

So, bagaimana dengan anda semua, apakah anda juga sibuk mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut datangnya bulan ramadhan ini..?

Biasanya tempat-tempat perbelanjaan akan sangat ramai dari mulai pasar yang sifatnya modern sampai yang tradisional akan banyak dikunjungi. Karena untuk mempersiapkan bekal selama 1 bulan kedepan. Dan hal tersebut menjadi berkah bagi para pemilik toko dan pedagang karena kebanjiran order.

Nah, jenis makanan apa sajakah yang biasanya menjadi trending topik pada buka puasa pertama kali. Berikut ini admin sajikan beberapa makanan yang sudah populer dijadikan santapan berbuka puasa.

Makanan Untuk Buka Puasa Pertama Kali

1. Kurma

Kurma adalah buah tumbuh dinegeri timur tengah seperti Arab Saudi, Mesir, Iraq dan lain sebagainya. Buah kurma sangat cocok dijadikan santapan untuk berbuka puasa pertama kali.

2. Kolak

Kolak adalah jenis makanan yang berasal dari indonesia. Rasanya yang khas dan berkuah sangat cocok dijadikan untuk santapan berbuka puasa. Kolak itu sendiri sangat banyak macamnya dari mulai kolak pisang, kolak ubi, kolak biji salak, kolak pacar cina dan lain sebagainya.

3. Puding

Puding adalah jenis makanan yang terbuat dari agar-agar atau dari tepung hunkue. Para ibu pasti paham tepung yang bisa dibuat untuk puding. Puding juga sangat cocok untuk menjadi bahan santapan berbuka puasa pertama kali.

4. Es Campur

Es campur adalah es yang berisi dari berbagai buah yang dicampur menjadi satu, ditambah sirup dan susu sebagai bahan campurannya. Biasanya ketika sudah mencicipi es ini lupa akan makanan yang lain. Es campur sangat cocok dijadikan refernsi untuk berbuka puasa.

Itulah 4 macam jenis makanan yang cocok untuk dijadikan santapan ketika akan buka puasa pertama kali. Mungkin dari para pembaca ada yang mau menambahkan..!

Karena biasanya dari tiap daerah memiliki ciri khas berbuka yang sangat bervariasi. Begitu juga jika anda secara kebetulan berbuka puasa dinegeri orang lain, pasti jika belum terbiasa akan sangat membingungkan.

Baiklah semoga anda semua bisa melaksanakan ibadah puasa dengan tenang, aman, damai dan tidak memiliki kendala apa pun. Selamat berpuasa dan sukses selalu..!

Advertisement

4 Responses to "Makanan Berbuka Puasa Hari Pertama"

  1. Paling favorit kurma :D
    Masya Allah,, bentar lagi Ramadhan.. Alhamdulillah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kang beberapa hari lagi sudah puasa.

      Delete
  2. Aura Ramadhan sudah terasa harumnya ya, makanan khas berbuka juga sudah mulai banyak terlihat
    subhanallah semoga ibadah kita lebih sempurna lagi di tahun in aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Tinggal menunggu satu hari lagi bu maya..

      Delete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!