--> Skip to main content

Menulis Artikel Yang Baik

Tidak sedikit orang yang belum menyadari tentang kriteria menulis artikel yang baik dan sopan. Apakah penulisan artikel saya ini sudah baik dan benar? Banyak orang yang bertanya-tanya dalam hati saat artikelnya di terbitkan.

Artikel sendiri memang memiliki banyak kriteria jika kita menginginkannya menjadi sempurna. Akan tetapi semua itu butuh proses panjang dan belajar menulis secara terus-menerus. Sering banyak bertanya juga kepada para master menjadi kunci agar artikel kita menjadi lebih baik.

Ilustrasi Artikel

Termasuk admin sendiri terkadang suka bertanya dalam dalam hati. Ini artikel sudah baik apa belum ya? Dan saya yakin anda pun pasti merasakan hal yang sama. Admin sendiri terkadang kurang begitu memperhatikan tulisan, karena ketika menulis hanya mengikuti apa yang terlintas dipikiran saja. Kalau dalam makna lain mungkin disebut mengalir!

Menurut admin sendiri sudah bisa membuat artikel saja sudah bersyukur sekali, apalagi artikelnya bisa bermanfaat untuk banyak orang. Dalam tahap ini mungkin masih belum terpikirkan tentang kualitas apalagi optimasi seo yang bisa membuat kepala pusing tujuh keliling he..he!

Menurut admin yang masih pemula ini, menulis artikel yang baik, bagus dan benar mempunyai banyak sekali manfaat baik untuk diri sendiri maupun untuk orang banyak. 

Berikut ini manfaat yang perlu Anda ketahui.

• Jadi mengerti tentang menulis artikel yang baik.
• Bisa menyalurkan hoby yang disukai.
• Jadi mengetahui banyak kata baru.
• Pembaca blog Anda akan mudah memahami postingan.
• Pembaca akan nyaman dengan tulisan Anda.
• Memotivasi diri sendiri.
• kepercayaan diri jadi meningkat.
• Memicu semangat dalam menulis artikel.
• Menjadi lebih jenius.

Lalu bagaimana menurut Anda, apakah Anda sudah siap belajar bagaimana cara penulisan artikel yang baik dan benar. Mari kita pahami poin poin berikut ini.

1. Mudah dipahami

Sebuah artikel yang baik dan benar bisa di pastikan artikel tersebut mudah dipahami oleh setiap pembaca. Lalu bagaimana agar isi artikel Anda mudah untuk dipahami. Berikut ini cara agar postingan Anda mudah dipahami.

• Penulisannya tidak di singkat-singkat seperti berkirim pesan dengan SMS.

• Menggunakan bahasa yang umum bukan bahasa daerah.

• Kata-kata sesuai dengan ejaan bahasa yang disempurnakan.

2. Bahasa yang sopan dan tidak menyakiti perasaan orang lain.

Etika dalam menulis artikel harus diperhatikan dengan baik. Sopan dalam berbicara hampir sama dengan sopan dalam menulis. Kesamaanya terdapat pada tujuannya. Tujuan sopan dalam berbicara dan menulis adalah agar apa yang kita sampaikan melalui setiap kata yang kita ucapkan dan setiap kata yang kita tulis tidak menyinggung atau menyakiti orang lain.

Maka dari itu Anda harus selalu memperhatikan apakah penulisan pada setiap Artikel Anda menyakiti perasaan orang atau tidak. Salah satu contoh penulisan artikel yang berpotensi menyakiti orang lain adalah postingan yang menjelek-jelekan atau memojokan orang, golongan, ras dan agama tertentu yang biasa kita sebut sebagai SARA.

Nah, dari sedikit poin diatas menurut saya sudah cukup untuk menjadikan artikel Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya. Akan tetapi jika Anda bisa menerapkanya dengan baik. Jika Anda menerapkan poin-poin diatas dengan baik dan konsisten maka tidak mustahil postingan artikel Anda selalu di tunggu-tunggu pengunjung setia blog Anda.

Sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat untuk anda semua. Silakan isi pendapat anda didalam komentar, jika ada yang ingin disampaikan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar