Trafik Blog Naik Turun, Jangan Khawatir

Jangan mengkhawatirkan trafik dahulu, tapi perhatikan konten kita sendiri. Trafik blog tinggi, sudah pasti menjadi impian setiap blogger, akan tetapi untuk mereka yang mempunyai blog baru jangan terlalu berharap banyak blognya mempunyai trafik yang tinggi dan juga stabil. Jika kita tidak rajin mengupdate artikel setiap hari, minimal 1 artikel.

Trafik blog memang menjadi kunci penting, akan tetapi selalu menyugugkan artikel yang segar menjadi pondasi dasar agar blog selalu terlihat update. Karena pembaca menyukai artikel baru yang lebih fresh.

Trafik

Karena pada faktanya, sejauh ini blog baru tidak bisa mempertahankan trafik setinggi mungkin secara konsisten. Bisa jadi konten yang disajikan kurang menarik dan tidak terlihat unik. Semua itu butuh waktu dan kerja keras, agar blog yang kita bangun menjadi besar dan membawa manfaat bagi siapa pun yang berkunjung ke blog kita.

Pengalaman saya yang baru membuat blog dalam beberapa bulan ini, trafik terkadang masih sering naik-turun. Dan ini terlihat wajar, karena butuh banyak waktu dan penyesuaian agar trafik stabil. So.. pastikan anda selalu optimis dalam membangun blog maupun website.

Usaha membangun sebuah blog baru, suka tidak suka harus mulai lagi dari awal. Untuk anda yang memiliki sebuah blog yang umurnya sudah 1-2 tahun mungkin tinggal menunggu trafiknya naik dan naik terus-menerus, tapi bagi yang masih aktif dalam mengupdate blognya. Percuma juga punya blog yang umurnya 1-2 tahun tapi tidak pernah diurus maka akan sia-sia semuanya.

Trafik blog baru yang tidak stabil bisa di sebabkan oleh beberapa hal, seperti uraian dibawah ini :

1. Belum punya banyak konten.

Untuk poin pertama, sobat bisa lihat contohnya yaitu blog pribadi saya ini. Blog saya ini baru mempunyai beberapa postingan dan itu pun nggak begitu menarik.

Jadi, minimnya konten pada blog adalah hal yang sangat mempengaruhi trafik blog yang tidak bisa stabil. Dan untuk menjadi stabil, update terus blog yang kita bangun setiap hari.

2. Admin atau pengurus blog berhenti blogwalking

Sobat pasti bisa memastikan poin yang kedua ini. Blogwalking adalah salah satu kegiatan ngeblog yang sangat menyenangkan dan bisa mendatangkan banyak trafik untuk blog.

Tapi jika seorang admin blog berhenti blogwalking maka bisa di pastikan trafik blog akan menurun drastis. Kecuali jika blog yang kita miliki sudah berumur panjang antara 10-20 tahun.

3. Kurangnya mempromosikan blog

Salah satu hal yang cukup sederhana adalah mempromosikan sebuah blog. Memang sederhana seperti seorang sales yang kesana kemari hanya ingin memberitaukan atau menawarkan sebuah barang dan informasi.

Banyak memang seorang blogger yang malas mempromosikan blog mereka. Dan dari hasil malasnya tersebut adalah trafik blognya tidak naik, bahkan cenderung kurang berkembang

4. Admin blog mengalami beberapa masalah

Seorang blogger tidak selalu memikirkan blog yang mereka miliki. Seorang blogger juga mempunyai kehidupan yang nyata yang tidak seenaknya bisa ditinggalkan. Sebuah blog yang trafiknya tidak stabil karena adminnya memiliki masalah di dunia nyata contoh permasalahanya sebagai berikut.

- Mengurus Pekerjaan Rumah
Pasti sobat blogger mempunyai pekerjaan rumah bukan di dunia nyata. Ya, karena kita tidak selalu on time di dunia maya. Banyak pekerjaan rumah juga yang harus diselasaikan.

- Kehabisan kuota
Mungkin ini salah satu yang sering sekali  alami anda semua. Saya yakin anda pasti merasakan hal yang sama bukan! Jadi, poin ini tidak perlu saya jelaskan panjang lebar karena anda pasti sudah paham.

- Hp atau laptopnya rusak
Saya yakin sobat semua pernah mengalami hal ini juga. Perangkat yang begitu penting untuk melakukan kegiatan ngeblog mengalami kerusakan. Pasti secara otomatis kegiatan ngeblog pun akan terhenti. Mau tidak mau masalah ini harus cepat diatasi.

Sebenarnya masih banyak hal lain yang menyebabkan trafik blog tidak bisa stabil terutama blog baru. Namun hanya ini yang saya ketahui secara pasti.

Mungkin dari para master bisa melengkapi lebih akurat lagi. Atau anda punya pengalaman sendiri mengenai cara mengatasi trafik blog yang tidak stabil. Silahkan berbagi komentar disini.

Advertisement

12 Responses to "Trafik Blog Naik Turun, Jangan Khawatir"

  1. pagi mas, grafik naik turun itu dinamis aja, bagus kayak gitu. lebih berwarna. yang penting jangan meudah menyerah. no satu itu awal mendirikan blog. ya wajar sepi. no dua itu harus rajin bersilahturahmi. no 3 itu harus rajin poromsi atau ikut grup kopdar lah sama senior senior yang sudah menyemplung didunia blog untuk motivasi.
    no 4 itu kejadian umum sih heheh

    ReplyDelete
  2. ya kendala pasti ada, seperti blog saya dan saya pribada kadang mengalami masalah yang disebutkan dalam postingan di atas
    terima kasih

    ReplyDelete
  3. Wah bermanfaat mas. Update artikel secara rutin memang kendala setiap blogger, bukan cuma blog yang baru dibangun, blog yang sudah berumur juga kalau nggak di rawat bisa semakin hancur juga trafik nya. :)

    ReplyDelete
  4. @Fajar
    Betul sekali mas, biar terlihat berwarna dan hidup

    ReplyDelete
  5. @Maya
    Semua merasakan hal yang sama termasuk admin sendiri. Jadi, jangan terlalu khawatir

    ReplyDelete
  6. @Nino
    Ya mas, mungkin sampean lebih paham akan hal ini. Terima kasih sudah berkunjung

    ReplyDelete
  7. Blogku banget itu mas.. naik turun huhuhu
    Tapi biarlah ya dinikmati aja, banyak kerjaan dunia nyata yg harus juga diselesaikan. Sipp artikelnya :)

    ReplyDelete
  8. naik turun sudah biasa mas
    apalagi pada hari libur

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, yang penting maju terus pantang mundur..

      Delete
  9. Trafik blog mengikuti aktifitas sang admin rupanya, saat sang admin rajin mengurus blognya trafik naik, tapi begitulah admin juga manusia punya banyak aktifitas di dunia nyata
    yang penting nikmati saja dinamikanya

    ReplyDelete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!