Cara Memilih Universitas Yang Cocok

Kebanyakan dari kita setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas agak sedikit bingung untuk melanjutkan diperguruan tinggi atau memilih bekerja. Kedua pilihan itu terkadang suka membingungkan para calon mahasiswa.

Banyak faktor yang membuat kita merasa kebingungan, entah dari segi biaya, kurangnya referensi tentang suatu kampus atau bingung mengambil jurusan. Kebingungan seperti ini pasti pernah Anda alami bukan..?

Harap dimaklumi, karena pada saat itu kita belum terbiasa mengambil keputusan secara cepat. Akan tetapi dari titik tersebutlah kita banyak belajar cara menentukan pilihan. Memilih Universitas yang cocok tentu saja harus sesuai dengan kecocokan hati dan karakter masimh-masing individu.

Ilustrasi Gedung Universitas

Saya jadi teringat beberapa tahun silam, ketika sahabat ingin sekali melanjutkan sekolahnya keperguruan tinggi untuk mengejar cita-citanya menjadi seorang Dokter. Segala macam cara ia tempuh agar bisa melanjutkan kuliahnya. Mulai dari mengamen di jalan bareng admin sampai bekerja pada malam hari disebuah loundry di Jakarta.

Begitu ulet perjuangan sahabat yang satu ini. Jika melihat perjuangannya patut di contoh untuk para calon mahasiswa baru. "Selama ada niat pasti ada jalan", ucapan yang sering admin dengar ketika sedang asyik menikmati secangkir kopi dan beberapa potong pisang goreng di pinggir jalan beberapa tahun silam.

Banyak cara untuk memilih universitas yang cocok dengan kita dan semuanya tergantung kriteria dan pilihan hati masing-masing. Jika anda mencari universitas yang lengkap dan modern anda sudah pasti banyak mendengar referensi dari para sahabat.

By the way, intinya Anda harus mencari referensi sesuai dengan karakter yang sejalan dengan diri Anda. Banyak bertanya dan berdiskusi pada senior agar Anda mendapat sedikit pencerahan. Dan tentunya cari Universitas yang sesuai dengan budget kantong Anda.

Jika anda ingin melanjutkan keuniversitas yang sederhana juga banyak. Semuanya bisa disesuaikan dengan keuangan Anda. Yang terpenting bisa kuliah dan cocok dengan basik anda. Jika Anda tertarik dengan manajemen harus disesuaikan dengan hati. Jika Anda menyukai Teknologi maka pilih tempat kuliah yang sesuai dengan jurusannya.

Selama masih ada niat untuk kuliah itu bagus. Yang terpenting jangan pernah berhenti untuk mencari ilmu dan pengetahuan. Karena ilmu dan pengetahuan itu diibaratkan sebagai cahaya yang dapat membuat hidup kita lebih berarti untuk diri kita pribadi dan orang lain. Banyak rintangan itu sudah pasti, selama anda fokus pada niat semuanya akan berjalan sesuai rencana.

Jangan berniat melanjutkan kuliah agar mudah mencari kerja dan bisa kaya raya. Jika itu niat anda sungguh teramat sempit sekali cara berpikir Anda. Apalagi agar bisa menjadi pejabat atau pegawai negeri. Sungguh sangat kerdil sekali pola pikir seperti itu. Jika pola pikir seperti ini ditiru oleh generasi dibawahnya, mau jadi apa generasi penduduk negeri ini, jika para pendahulunya mata duitan dan gila jabatan.

Berikut cara memilih universitas yang cocok

1. Carilah universitas yang sesuai dengan pilihan hati. Terkadang kita sedikit tergiur oleh promo yang ditampilkan di brosur-brosur atau referensi dari teman. Usahakan anda mensurvei terlebih dahulu tempat kuliah tersebut.

2. Perhatikan sekitar lingkungan kuliah, apakah bersih, sejuk, tong sampah tertata rapih agar kita bisa nyaman dalam melakukan proses belajar.

3. Akses jalan mudah di jangkau, ini yang terpenting agar tidak bingung ketika mencari tempat kuliah. Dan usahakan pula ada kantin biar mudah mencari tempat makan.

4. Lingkungan tidak rawan, ini yang terpenting. Agar anda bisa selalu pulang dan pergi dengan aman.

5. Cari yang terdekat dengan rumah agar ongkos bisa lebih hemat.

6. Sesuaikan jurusan kuliah dengan bakat yang di inginkan. Jika cenderung ke satu bidang pilih dengan kemantapan hati.

7. Cari lulusan Universitas tersebut, tanya pengalamannya sebagai bahan referensi.

8. Memiliki ruang kelas yang nyaman untuk proses belajar.

9. Memiliki perpustakaan yang komplit, agar bisa cari banyak referensi mata pelajaran.

Itulah beberapa tips untuk anda yang ingin melanjutkan sekolah Keperguruan Tinggi. Semoga sukses dan cocok dengan pilihan hati. Nah, setelah membaca ini semua semoga apa yang Anda cari dan Anda alami saat ini bisa sedikit memberikan pencerahan.

Mulai dari saat ini ayo belajar berpikir cepat dan menentukan pilihan sendiri. Karena Anda semua akan menjadi generasi penerus di negeri ini.


Advertisement

4 Responses to "Cara Memilih Universitas Yang Cocok"

  1. Ya ampun, jadi inget dulu bukannya cari unisversitas. Tapi jurusan! karena ngerasa gapede jurusan seni yg paling daku cintai kutaruh di pilihan ketiga, terakhir. dan tara!! malah yg jurusan 1 yg nggak aku sukai banget keterima, huhuhu. Antara senang dan sedih, tapi tetep dilakoni. Akhirnya seni kupelajari sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Rupanya ada pengalaman juga ibu yang satu ini!

      Delete
  2. salah pilih jurusan. mau bagaimana lagi kalau yg pilihin orang tua.

    ReplyDelete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!