--> Skip to main content

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Perusahaan

Di zaman sekarang ini bekerja sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, terutama bekerja menjadi karyawan di perusahaan orang lain. Semakin banyaknya lulusan-lulusan baru dari tahun ke tahun menambah ketatnya persaingan dalam mencari tempat bekerja.

Bekerja sudah menjadi kebutuhan manusia zaman sekarang ini, karena bila tidak bekerja maka tidak akan memiliki penghasilan berupa uang. Dan uang tersebut dapat di gunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Surat lamaran kerja

Hal ini selalu terus terjadi baik di dalam negeri maupun diluar negeri. Semua orang membutuhkan pekerjaan. Karena dengan bekerja bisa memiliki penghasilan dan mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Walaupun tidak semua orang ingin bekerja menjadi buruh di perusahaan orang lain. Tapi ada juga yang bekerja secara mandiri seperti berdagang, bertani, menjadi nelayan maupun berwiraswasta.

Bekerja adalah pilihan, jadi semua tergantung anda. Jika anda lebih menikmati bekerja di perusahaan orang lain maka saya akan memberikan beberapa contoh surat lamaran yang mungkin bisa menjadi bahan refrensi untuk anda.


Contoh Surat Lamaran Kerja 1

Hal : Lamaran pekerjaan


Kepada Yth.,

Bpk/Ibu Personalia

PT. Jaya Mandiri TBK

Jl. Panglima Sudirman No. 04

Jakarta


Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Jaya Mandiri TBK yang saya dapatkan dari harian Kompas pada tanggal 02 Juli 2016. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. Jaya Mandiri TBK.


Berikut ini adalah biodata singkat saya

Nama                         :   Agus Supriyadi

Tempat / tgl. lahir      : Surabaya, 15 Maret 1997

Pendidikan Terakhir  : S1 Manajemen Informatika

Alamat                       : Jl. Gondang Legi 3 no 10

Telepon (HP)             : 085923416789


Dan pada saat ini saya dalam keadaan yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Selain itu kemampuan berbahasa Inggris saya sangat fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dalam bekerja, dan latar belakang pendidikan saya cukup memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan beberapa software komputer dengan baik, seperti, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data, antara lain :

Daftar Riwayat Hidup
Foto Copy Ijazah S1
Foto Copy Transkrip Nilai
Foto copy Sertifikat Kursus dan Pelatihan
Foto 3x4 yang terbaru
Surat keterangan sehat

Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih detail lagi mengenai potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya informasikan, terima kasih atas kerjasama dan perhatian Bapak/Ibu Personalia.



                                                                                                                          Hormat Saya,


                                                                                                                          Agus Supriyadi



Contoh Surat Lamaran Kerja 2



Malang, 27 September 2016

Kepada Yth.

HRD Manager PT. Indah Pertiwi

Jl. Sawo Jajar No. 5, Malang

Perihal : Lamaran Pekerjaan



Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari harian surat kabar Malang Post, perusahaan Bapak/Ibu membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar kerja di instansi yang Bapak/Ibu pimpin, guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan dibawah ini :


Nama                              :  Suparman

Tempat/Tanggal Lahir    : Malang, 19 Juli 1998

Jenis Kelamin                 : Pria

Pendidikan                      : S1

Alamat                            : Jl. Apel Raya No. 7 RT/RW 001/003

Telepon                           : 081325257788


Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:

Foto Ukuran 3x4
Foto copy KTP
Daftar Riwayat Hidup
Foto copy Ijazah Terakhir
Foto copy SKHUN
Foto copy Sertifikat kompetensi
Foto copy Sertifikat PKL
Foto copy Surat Keterangan Refrensi

Demikian Surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu pimpinan saya ucapkan terima kasih.



                                                                                                                             Hormat saya,


                                                                                                                              Suparman


Banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum anda di terima pada proses melamar kerja. Seperti pada saat wawancara kerja sebaiknya anda memiliki persiapan dalam hal ini, karena apabila sampai mengalami sedikit kebingungan maka wawancara bisa sangat fatal dan berdampak buruk pada proses penseleksian. Jadi usahakan anda memiliki persiapan dalam proses wawancara.

Intinya adalah lakukan persiapan sematang mungkin dan meminimalisir kesalahan. Banyak bertanyalah pada orang-orang yang telah berhasil dan sukses meniti karier. semoga tips membuat surat lamaran di atas bisa berguna bagi Anda yang ingin melamar di tempat kerja yang baru.

Demikian contoh dua surat lamaran pekerjaan yang mungkin bisa membantu anda dalam membuat surat lamaran pekerjaan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar