Kesadaran Tunggal

Kesadaran adalah sebuah kondisi dimana pikiran manusia sedang fokus dan masuk dalam sebuah waktu atau masa tertentu. Asal kata kesadaran adalah sadar, dimana manusia tersebut bisa menyadari apa yang terjadi pada saat ini.

Sebagai contoh jika pikiran manusia diliputi rasa takut, was-was, cemas itu menandakan bahwa pikiran manusia tersebut kesadarannya berada pada masa depan, dan bukan pada saat sekarang, menit ini dan detik ini.


Contoh lain, jika pikiran manusia sedang diliputi dengan berbagai penyesalan, selalu merasa bersalah dan mencari kesalahan orang lain itu menandakan bahwa pikiran manusia tersebut berada pada masa lalu..!

Lalu saya bertanya kepada Anda semua, apakah Anda sudah masuk pada kesadaran saat ini, moment ini, menit ini maupun detik ini juga, atau Anda masih terombang-ambing antara masa lalu dan masa yang akan datang..?

Jika Anda masih terombang-ambing pada dua masa tersebut (masa lalu dan masa depan), ayo sadarlah masuklah pada kesadaran waktu, yaitu saat ini, moment ini, menit ini dan detik ini.

• • • • • •

By the way, mencapai kesadaran saat ini, moment ini, menit ini dan detik ini memang tidak mudah, butuh sebuah pencerahan kedalam pikiran tersebut agar mencapai apa yang dimaksud dengan kesadaran dan menyadari.

Kesadaran dan menyadari inilah yang disebut gerak bolak-balik sebuah pikiran. Saat pikiran berada pada masa lalu maupun masa depan segeralah di ingatkan untuk kembali pada masa ini, moment ini, menit ini dan detik ini juga.

Karena sejatinya pikiran Anda itu hidup dan memiliki kehidupan sendiri, dan tugas Anda adalah mengkontrol pikiran tersebut agar tidak sembarangan dalam berpikir yang bisa mengakibatkan Anda masuk pada kondisi salah, maupun tersesat dalam sebuah pikiran.

Lalu apa yang dimaksud dengan kesadaran tunggal..? Tunggal artinya satu, jadi kesadaran tunggal bermakna kondisi pikiran manusia tersebut masuk pada satu kesadaran. Kesadaran tunggal bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, bisa karena tersentuh oleh sifat Tuhan, sifat malaikat, sifat hewan, sifat nafsu dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, jika kesadaran tunggal Anda tersentuh oleh sifat Tuhan yang bernama Ar-Rahman (yang maha pengasih) maka kesadaran yang berjalan pada pikiran bawah sadar Anda akan dipengaruhi oleh sifat-sifat pengasih, senang memberi, senang membantu, dan lain sebagainya.

Dan jika kondisi tersebut telah menjadi darah daging dalam alam bawah sadar Anda maka dikatakan Manunggal. Manunggal bermakna menyatu. Dan pada contoh diatas dikatakan menyatu dengan sifat Tuhan.

Sebagai sebuah gambaran, jika Anda memiliki pacar atau istri kemudian Anda menyatu dengan berpelukan, berapa persenkah bagian yang menempel antara bagian tubuh Anda dengan pacar atau istri Anda tersebut..?

Apakah 30%, atau 50%, atau 70%, dan yang jelas terlihat bagian tubuh Anda tidak menempel 100% bukan..? Karena yang menyatu antara kulit dengan kulit hanya beberapa persen saja bukan. Just remember this..! Manunggal itu bukan menjadi satu secara 100%.

Anyway, jika sampai disini Anda semua sudah paham dan memahami saya merasa bersyukur. Dan jika Anda sebaliknya yaitu Anda merasa bingung, cemas maupun pusing 7 keliling, maka silahkan melambaikan tangan ke kamera kami yang berada di pojok kanan dan kiri, maka team kami akan segera menjemput..!!! He..he.. 😂

Advertisement

4 Responses to "Kesadaran Tunggal"

  1. Kalau saya nyolek janda sebelah itu katagorinya berapa % pak... 😱😱😳 & itu masuk kategori jamak apa tunggal pak mohon pencerahannya..😊🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nyoleknya sendiri itu 100% pelanggaran, kalau ngajak teman justru malah bagus he,,he,,

      Delete
  2. Haha..sy lambaikan tangan tapi nggak ada kamera jadi semakin bingung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. he..he..
      bingung cari kamera ya..!
      coba kacamata hitamnya copot dulu he..he..

      Delete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!