Pentingnya Imunisasi Bagi Kesehatan Tubuh

Apa bayi anda sudah di imunisasi? Jangan sampai terlupa karena sangat penting bagi kesehatan anak anda. Biasanya terdapat himbauan-himbauan pada Posyandu tempat anda tinggal. Pemberian imunisasi bertujuan untuk memberikan kekebalan pada tubuh terhadap serangan penyakit.

Imunisasi berguna untuk memberi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit tertentu, seperti polio, cacar air, cacar api, kerapuhan tulang dan lain sebagainya. Sebagai seorang ibu yang memiliki balita sebaiknya cepat tanggap dalam hal kesehatan anaknya.

Ilustrasi Pemberian Imunisasi

Imunisasi adalah suatu usaha untuk memberikan kekebalan pada tubuh seseorang terhadap suatu penyakit dengan jalan memasukkan zat kedalam tubuh. Ada dua macam jenis kekebalan, yaitu kekebalan bawaan dan kekebalan buatan.

Kekebalan bawaan yaitu kekebalan yang dibawa sejak lahir yang sudah ada dalam tubuh, misalnya sel darah putih pada tiap diri seseorang. Kegunaan dari sel-sel darah putih ialah untuk mengadakan perlawanan terhadap  bibit penyakit yang masuk kedalam tubuh. Daya pertahanan ini disebut kekebalan bawaan.

Kekebalan bawaan ada 2 macam yaitu :

A. Kekebalan Aktif

 • Contoh kekebalan aktif bawaan yaitu anak yang menjadi kebal dengan sendirinya setelah sembuh dari suatu penyakit tertentu, seperti cacar air. Dan biasanya apabila ada wabah penyakit cacar menimpa kembali di tempat Anda, maka anak Anda tidak akan terkena untuk yang kedua kalinya.

B. Kekebalan Pasif Bawaan

 • Contoh kekebalan pasif bawaan yaitu terdapat pada bayi yang baru lahir sampai 5 bulan mendapat kekebalan dari ibunya melalui tali ari-ari (plasenta). Seperti kekebalan pada penyakit campak. Kekebalan pasif biasanya memiliki rentang waktu tertentu daya tahannya, oleh karena itu si anak terkadang harus di bantu agar kebal terhadap suatu penyakit dengan cara imunisasi.

Kekebalan Buatan

Kekebalan buatan yaitu merupakan kekebalan yang sengaja diberikan kepada seseorang dengan cara menyuntikkan vaksin untuk menjaga bibit penyakit yang masuk kedalam tubuh. Vaksin adalah suatu pembenihan kuman-kuman yang sudah dibunuh atau dilemahkan.

Cara Mendapatkan dan memberikan kekebalan

A. Kekebalan Aktif Buatan

 Kekebalan aktif buatan didapat dari :
 • Bakteri ataupun virus hidup, yaitu kuman yang digunakan masih hidup tetapi dilemahkan sehingga tidak dapat menimbulkan penyakit tetapi dapat menyembuhkan atau memberikan kekebalan terhadap penyakit, misalkan penyakit polio sabin.

 • Bakteri ataupun virus mati, yaitu kuman yang digunakan sudah matu, misalkan polio salk.

 • Racun (taxoid)

B. Kekebalan Pasif Buatan

Kekebalan pasif buatan di dapat dari :

Hasil pemberian serum  (zat anti yang sudah mati). Dengan pemberian serum, tubuh tidak harus secara aktif membuat zat anti body. Contoh : ATS (Anti Tetanus Serum).

Nah, saya rasa Anda sekarang sudah sedikit memahami akan pentingnya pemberian imunisasi pada balita Anda. Dan apabila masih kurang jelas silahkan Anda berkonsultasi pada dokter-dokter yang memang ahlinya. Karena dari tiap-tiap dokter memiliki spesialisnya masing-masing.

Demikian uraian singkat mengenai Imunisasi dan bentuk-bentuk kekebalan tubuh yang bervariasi. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

Advertisement

4 Responses to "Pentingnya Imunisasi Bagi Kesehatan Tubuh"

  1. Tp kemarin agak khawatir sama kasus vaksin palsu.

    ReplyDelete
  2. Sayangnya nggak ada imunisasi untuk orang dewasa..tapi mungkin imunisasi orang dewasa beda dengan imunisasi balita, ya mas admin?

    ReplyDelete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!