Skip to main content

Point' penting berdoa sebelum makan

Makan menjadi sebuah aktifitas yang sangat penting, tanpa makan tubuh manusia akan mengalami pelemahan. Oleh karena itu semua makhluk yang ada di muka bumi ini membutuhkan makan untuk mempertahankan keberlangsungan hidupnya.

Hidup dan kehidupan memiliki keterkaitan penting dengan yang namanya makanan. Karena makanan menjadi sumber penting untuk tubuh, agar fungsi-fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik. Tapi, mengkonsumsi makanan juga tidak boleh berlebihan karena dari tiap tubuh manusia memiliki batas tertentu dalam menampung makanan.


Sebagaimana yang Anda sadari saat ini, kita adalah manusia dan diberi kelebihan sebuah akal untuk berpikir dan bertindak sebelum melakukan suatu hal. Kita bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk, kita bisa memilih mana yang boleh dan mana yang tidak boleh.

By the way, mungkin banyak dari kita saat makan lupa akan membaca sebuah doa, lupa berterima kasih kepada Tuhan atas karunia rezeki yang selalu hadir saat kita membutuhkannya. Padahal berdoa adalah sebuah perbuatan baik yang harus kita lakukan sebagai bukti bahwa kita berterima kasih.

Selain itu pula berdoa banyak memiliki hikmah di dalamnya yang belum kita ketahui secara sadar. Sebagai contoh sederhana yaitu saat kita membaca doa sebelum makan :

الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa ban-naar"

Artinya :
Yaa Allah, berkahilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Dari doa sebelum makan diatas, ada dua point' penting yang mungkin dari kita banyak yang belum menyadari secara sadar bahwa,

1. Makanan yang kita makan sudah menjadi berkah dalam tanda kutip, sudah mendapat legitimasi dari Allah berkat doa yang dibaca tersebut.

2. Terpelihara dari siksa api neraka maksudnya adalah, saat kita makan-makanan yang sudah mendapat berkah dari Allah maka api neraka haram memakan tubuh kita.

Anyway, jika aktifitas berdoa sebelum makan ini kita terus lakukan maka secara sadar atau pun tidak, tubuh kita telah memiliki jaminan tidak dicicipi oleh api neraka, selama Anda menjauhi dari perbuatan dosa. Itulah kenapa setiap tahun kita selalu melakukan puasa ramadhan 1 bulan penuh, yaitu salah satunya bertujuan untuk menggugurkan dosa-dosa akibat kita lupa memakan makanan yang barokah.

Karena makanan yang tidak barokah dalam tanda kutip, tidak mendapatkan legitimasi dari sebuah doa yang di ajarkan oleh Rasulullah adalah bagian dari makanan setan, dan tentunya Haq bagi api neraka untuk mencicipinya. Nah, saya rasa Anda semua sudah paham dan sadar akan pentingnya membaca sebuah doa.

Jika saat ini Anda sudah sadar dan menyadari secara pasti lewat penjabaran diatas, dan sekarang semua terserah kepada Anda. Mau memberikan tubuh Anda untuk api neraka silahkan..? Atau mau memberikan perlindungan pada tubuh Anda silahkan..! The choice depends on you..!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar