Skip to main content

Menjaga Kesehatan Hamil Di Usia Muda

Menikah di umur muda, sangat mungkin wanita hamil di umur muda. Walau sebenarnya, kehamilan ini cukup beresiko, diantaranya pada segi kesehatan. Oleh karenanya, ibu yang hamil di umur muda harus memperhatikan kesehatan agar persalinan lancar serta bayi lahir sehat. 

Apa panduan sehat buat calon ibu hamil di umur muda? Yuk, baca penjelasannya di bawah ini.

Efek kesehatan pada ibu yang hamil di umur muda Kehamilan yang berlangsung dibawah umur 20 tahun masuk dalam kelompok kehamilan di umur muda. Menurut British Nutrition Foundation, hamil di umur ini tingkatkan efek bayi lahir prematur serta bayi lahir dengan berat tubuh rendah. 


Diluar itu, sang calon ibu juga beresiko dengan permasalahan kesehatan, misalnya hipertensi serta preeklampsia. Nyatanya ada fakta mengapa kehamilan pada umur yang muda benar-benar beresiko. Umumnya, wanita muda condong pilih makanan cepat saji serta tinggi gula hingga nutrisi yang semestinya mereka serta janin temukan tidak terpenuhi saat hamil.

Panduan memperhatikan kesehatan ibu yang hamil di umur muda Memperhatikan kesehatan ibu hamil dibawah umur 20 tahun, sebetulnya hampir sama dengan wanita yang hamil di umur masak. Tetapi, ibu butuh memperoleh pandangan yang lebih dalam tentang kesehatan waktu hamil agar tidak sembarangan dalam pilih makanan serta beraktivitas.

Inilah tips memperhatikan kesehatan untuk ibu hamil yang usianya masih terbilang muda, diantaranya:

1. Penuhi nutrisi untuk diri serta janin
Janin dalam perut Anda pun memerlukan nutrisi dari makanan. Tetapi, bukan bermakna Anda bisa makan sekitar 2 bagian sekaligus juga. Bayi di perut cuma memerlukan seputar 300 kalori sehat sehari-harinya.

Jadi, Anda perlu memberikan tambahan 300 kalori dalam satu hari, bukan melipatgandakan bagian makan. Jaga bagian makan semacam ini pasti menghindarkan Anda dari kenaikan berat tubuh atau kekurangan nutrisi.

Tidak hanya kalori, badan Anda pun membutuhkan zat besi, kalsium, protein, asam folat, vitamin serta zinc. Anda dapat memperoleh semua nutrisi itu dari sayuran, buah, biji-bijian, produk susu, daging ayam, ikan, serta telur.

Tetapi, supaya kesehatan ibu yang hamil di umur muda masih terbangun, jauhi makan daging, ikan, susu, atau telur mentah dan makanan dalam paket.Makanan paket rawan memiliki kandungan bakteri yang dapat beresiko mengakibatkan infeksi. Ditambah lagi, bahan kimia penambahan di dalamnya pun tidak sehatkan badan.
Bila Anda kesusahan dalam penuhi keperluan nutrisi, konsultasikanlah pada dokter kandungan serta pakar gizi.

2. Rajin minum air putih
Tidak hanya makanan, keperluan cairan harus juga dilihat. Kandungan air pada tubuh menolong organ pada tubuh kerja dengan maksimal. Tercukupinya keperluan cairan badan turunkan efek dehidrasi, sembelit, serta infeksi yang lain pada ibu hamil.
Tidak hanya minum air putih, konsumsi cairan dapat juga Anda temukan dari sup atau juice. Tetapi, batasi pemakaian gula jadi pemanis juice yang Anda minum.

3. Olahraga
Jika nutrisi telah terpenuhi, kesehatan ibu yang hamil di umur muda akan makin baik jika disertai dengan berolahraga. Olahraga sangat mungkin ibu hamil masih aktif bergerak.

Tidak hanya menghindarkan kenaikan berat tubuh yang terlalu berlebih, type olahraga tersendiri dapat juga menghindarkan ngilu badan, misalnya ngilu punggung, sekaligus juga membuat mood bertambah baik.

American Pregnancy Association merekomendasikan supaya ibu hamil lakukan olahraga sepanjang 30 menit sekitar 3-4 kali satu minggu. Beberapa olahraga yang aman dikerjakan diantaranya, jalan enjoy, berenang, serta yoga.

4. Jauhi rutinitas yang kurang baik waktu hamil
Hamil dapat membuat sebagian orang jadi mager alias malas gerak. Diluar itu, beberapa ibu hamil yang dahulu benar-benar suka minum kopi mungkin harus kurangi kesukaannya ini.

Beberapa rutinitas yang serta harus di stop benar-benar, seperti merokok serta minum alkohol. Semua rutinitas itu bisa tingkatkan efek beberapa penyakit, seperti hipertensi, diabetes, serta masalah perubahan pada bayi.

5. Teratur cek kesehatan ke dokter
Langkah paling akhir untuk memperhatikan kesehatan ibu hamil di umur muda ialah teratur cek kesehatan. Bukan sekedar tahu perubahan kehamilan, langkah berikut sangat mungkin ibu hamil dengan keadaan kesehatan tersendiri memperoleh perawatan bertambah cepat.

Baiklah semoga tips kali ini bisa bermanfaat bagi Anda pasangan di usia muda yang sedang mengalami kehamilan di usia dini.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar