Skip to main content

Menjaga Kesehatan Kandung Kemih


Tahukah Anda ada organ badan yang tidak kalah penting untuk dijaga kesehatannya tidak hanya jantung, ginjal, serta paru-paru? Ya, organ badan lain yang perlu Anda rawat ialah kandung kemih. Tiap hari Anda dapat buang air kecil, itu tidak lain sebab kerja beberapa organ terhitung kandung kemih yang memuat urine (air kencing) sebelum dikeluarkan.

Tanpa kandung kemih, urine tidak bisa ditampung. Jika Anda meremehkan kesehatan kandung kemih, Anda beresiko alami infeksi atau serta kanker.


Kandung kemih ialah organ berongga pada skema ekskresi manusia. Pekerjaannya yakni memuat cairan yang sudah disaring oleh ginjal serta akan dikeluarkan jadi urine. Bersamaan menambahnya umur, keadaan kandung kemih akan beralih, manfaatnya makin alami penurunan.

Karenanya, memperhatikan kesehatan kandung kemih harus dikerjakan semenjak awal. Memang tidak semuanya dapat dikendalikan untuk memperhatikan kesehatan kandung kemih. Tetapi, Anda masih mempunyai peluang untuk mengawasinya dengan beberapa hal simpel yang seringkali terlewatkan.

1. Minum air putih yang cukup
Minumlah air putih paling tidak 8 gelas /hari. Air putih ialah cairan paling baik untuk kesehatan kandung kemih. Paling tidak 1/2 dari konsumsi cairan Anda seharian harus datang dari air putih.

Tetapi, ketentuan ini mungkin berlainan pada beberapa keadaan medis tersendiri. Contohnya orang yang alami tidak berhasil ginjal malah harus batasi konsumsi cairannya seharian dengan ukuran spesial dari dokter.

2. Buang air kecil sampai selesai
Salah satunya langkah untuk kurangi efek terserang infeksi kandung kemih dengan buang urine yang keluar sampai selesai. Ini diterangkan oleh dr. Gopal Badlani, seseorang dokter pakar kandung kemih dari Wake Forest University Baptist Medical Center di Winston-Salem, Amerika Serikat.


Dikutip dari situs Everyday Health, bila Anda kencangkan otot-otot panggul untuk berhenti buang air kecil begitu cepat, urine yang masih juga dalam perjalanan keluar tetapi belum sampai ujungnya akan balik lagi ke kandung kemih Anda. Ini yang bisa bawa bakteri masuk ke skema kemih manusia.

Waktu buang air kecil, yakinkan air kencing sudah keluar habis serta tidak sisa . Tenang saja, tiap orang harusnya dapat rasakan masih ada ataukah tidak urine yang dapat dikeluarkan. Jadi jauhi buang air kecil cepat-cepat sebab umumnya tidak dapat seutuhnya kosongkan kandung kemih Anda.

3. Berhenti merokok
Tiap tahun, lebih dari 50.000 orang didiagnosis menanggung derita kanker kandung kemih. Salah satunya unsur efek penting dalam masalah kanker ini ialah pemakaian tembakau.

Perokok mempunyai efek 2-3 kali tambah tinggi terserang kanker kandung kemih dibanding orang yang tidak merokok. 

Bila Anda masih merokok atau memakai tembakau type yang lain, penting untuk berhenti merokok untuk memperhatikan kesehatan kandung kemih Anda serta kesehatan Anda keseluruhannya.

4. Kerjakan latihan untuk otot panggul
Kerjakan latihan otot basic panggul yang juga dikenal jadi senam Kegel dengan teratur untuk memperhatikan kesehatan kandung kemih. Latihan ini bisa menolong menguatkan otot yang mengatur kandung kemih supaya kerja lebih baik serta tidak gampang bocor waktu Anda bersin, batuk, mengusung suatu hal, ketawa, atau waktu mendadak ingin buang air kecil.


Otot yang lemah dapat membuat kebocoran kandung kemih, yang disebutkan dengan inkontinensia urine.

5. Buang air kecil sesudah melakukan hubungan intim
Sesudah bercinta, terdapat beberapa bakteri yang penuhi ruang seputar kelamin. Oleh karena itu bersihkan ruang genital salah satu step penting untuk menahan infeksi karena serangan bakteri, khususnya pada wanita.


Buang air kecil setelah melakukan hubungan intim dapat menolong menyiram bakteri keluar dari skema kemih Anda hingga dapat menahan berlangsungnya infeksi aliran kencing (ISK). Urine akan menolong membersihkan keluar bakteri yang melekat banyak di uretra (aliran yang menyambungkan kandung kemih sampai keluar dari badan).

6. Batasi minuman berkafein serta mengandung alkohol
Minuman yang memiliki kandungan cafein seperti kopi, teh, minuman daya, dan minuman bersoda bisa tingkatkan kegiatan kandung kemih serta tingkatkan efek kebocoran. Anda masih bisa, kok, minuman berkafein. Tetapi, jangan pernah minum terlalu berlebih.


7. Buang air kecil teratur untuk kesehatan kandung kemih Anda
Semestinya jangan sering meredam kencing. Coba untuk buang air kecil paling tidak tiap 3 sampai 4 jam sekali walau sedang tidak mau buang air kecil. Meredam urine di kandung kemih kelamaan bisa lemahkan otot kandung kemih serta membuat infeksi kandung kemih lebih rawan berlangsung.


Demikian 7 tips menjaga kesehatan kandung kemih Anda, semoga bisa bermanfaat.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar