Skip to main content

Merawat Dan Menjaga Kesehatan Payudara Selama Menyusui

Payudara ibu dapat disebut jadi “aset” penting selama saat menyusui. Itu penyebabnya, perawatan payudara harus dikerjakan buat ibu menyusui buat lancarkan pemberian ASI untuk bayi. Terutamanya di umur 6 bulan pertama, dimana ASI eksklusif jadi makanan hanya satu buat si kecil. Lalu, bagaimanakah cara memperhatikan kesehatan payudara di waktu menyusui ini?
Mengapa perawatan payudara buat ibu menyusui itu penting?

Semenjak awal waktu kehamilan, Anda mungkin telah mengerti terdapatnya pergantian pada payudara. Entahlah itu pergantian yang cukup menonjol, atau termasuk dikit alias tidak beralih.

Pergantian itu umumnya selalu berlangsung sampai waktu menyusui. Ini karena payudara bekerja dalam menghasilkan ASI. Sepanjang kehamilan, badan akan melepas hormon jadi langkah untuk menyiapkan ASI waktu waktu menyusui nanti datang.


Hormon itu selanjutnya akan menyebabkan jaringan pada payudara untuk berkembang serta mulai membuahkan ASI. Seterusnya sesudah Anda melahirkan, payudara dengan automatis akan mulai menghasilkan ASI dengan sendirinya.

Dengan begitu, Anda siap menyusui bayi kapan juga dia memerlukan ASI. Sadar ataukah tidak, ukuran payudara sepanjang menyusui terlihat semakin besar daripada awalnya.

Ini dikuasai oleh hormon yang memberi dukungan produksi ASI, hingga membuat ukuran payudara jadi membesar. Salah satunya kunci penting menyusui yaitu dengan mengaplikasikan perawatan payudara buat ibu menyusui.

Masalahnya bukan sekedar kadang-kadang payudara dapat alami permasalahan sepanjang menyusui. Dari mulai ngilu atau sakit pada puting, pembengkakan payudara, infeksi jamur, dan lain-lain.

Atas basic itu, penting untuk mengerti langkah memperhatikan kesehatan payudara serta mengaplikasikan perawatan payudara buat ibu menyusui. Perawatan payudara ini bisa menolong menahan serta menangani permasalahan yang mungkin ada sepanjang menyusui.Akhirnya, Anda dapat menyusui dengan lancar, dan bayi dapat nikmati faedah dari memperoleh ASI.

Bermacam langkah memperhatikan kesehatan payudara buat ibu menyusui,Saat payudara sedang penuh terisi oleh ASI, Anda mungkin rasakan payudara membengkak, ngilu, kesemutan, sampai ASI mudah keluar. Tetapi tidak butuh cemas, sebab keadaan ini sebetulnya normal berlangsung selama saat menyusui.

Nah, yang penting yaitu masih berupaya untuk nikmati tiap proses menyusui senyaman mungkin, hingga bayi dapat menyusu dengan lancar. Tersebut beberapa panduan perawatan payudara buat ibu menyusui yang dapat teratur Anda kerjakan di dalam rumah:

1. Menjaga kebersihan payudara
Langkah memperhatikan kesehatan payudara sepanjang menyusui yang termudah yaitu dengan rajin membersihkan tangan sebelum dan setelah menggenggam payudara. Contohnya membersihkan tangan terlebih dulu sebelum menyusui serta memompa ASI, atau sesudahnya.

Diluar itu, upayakan untuk jaga supaya payudara serta puting tetap dalam kondisi bersih dengan bersihkan atau mencucinya tiap hari. Anda dapat memakai air hangat untuk bersihkan semua sisi payudara waktu mandi.

Bila Anda mempunyai kulit peka, semestinya jauhi bersihkan payudara dengan memakai sabun. Masalahnya ini dapat mengakibatkan kulit payudara jadi kering, pecah-pecah, sampai alami iritasi.

Serta, pemakaian sabun beresiko hilangkan minyak alami yang dibuat oleh kelenjar montgomery di areola atau ruang gelap yang melingkari puting susu. Walau sebenarnya, minyak itu berperan untuk jaga puting serta areola dalam kondisi bersih serta lembap.
Jadi jalan keluarnya, Anda cukup bersihkan ruang payudara memakai air hangat saja. 

Tetapi jika Anda tidak alami permasalahan dengan pemakaian sabun, sebetulnya boleh-boleh saja untuk bersihkan payudara dengan sabun.

Dengan catatan, semestinya pilih sabun yang aman serta tidak beresiko memunculkan permasalahan atau iritasi pada payudara selama saat menyusui. Ini penting dikerjakan jadi perawatan payudara buat ibu menyusui.

2. Tepok perlahan puting payudara untuk mengeringkannya 
Bila payudara telah dibikin bersih serta ingin dikeringkan, semestinya jauhi menggosok puting serta semua ruang payudara begitu kuat.

Jadi alternatifnya, perawatan payudara buat ibu menyusui yang dapat Anda kerjakan yaitu mengeringkan puting serta sisi payudara yang lain dengan menyeka atau menepuk-nepuk dengan perlahan-lahan.

Janganlah lupa, lakukan untuk memakai handuk bersih untuk mengeringkan payudara. Jauhi menggosok payudara begitu kuat serta kencang, sebab beresiko memunculkan iritasi serta cedera.

3. Teratur mengubah kantung penampung ASI di bra 
Kantung penampung ASI atau yang juga bisa disebutkan dengan 'breast pads', umumnya ditempatkan di bra. Maksudnya supaya ASI yang menetes tidak langsung membasahi bra serta baju yang Anda pakai, tetapi tertampung di breast pada.

Kantung penampung ASI mempunyai bentuk bundar dengan ukuran mirip payudara. Supaya lebih gampang jalankan pekerjaannya dalam memuat ASI, 'breast pads' dikasih lubang dibagian tengahnya.

Dengan demikian, areola serta puting susu dapat masuk ke lubang itu buat pastikan ASI tertampung secara baik serta tidak tumpah. Walau tidak kelihatan dengan cara langsung di luar, tetapi upayakan untuk mengubah 'breast pads' dengan teratur.

Rasakan saat kantung penampung ASI mulai berasa penuh serta basah. Berarti, ini waktu yang pas untuk mengubah serta membersihkan kantung penampung ASI itu.

Di samping mempunyai tujuan untuk memastikannya tetap bersih waktu dipakai, teratur mengubah 'breast pads' bermanfaat menahan tumbuhnya bakteri serta jamur yang beresiko memunculkan permasalahan waktu menyusui.

4. Pakai bra yang nyaman 
Menggunakan bra yang pas serta nyaman adalah satu diantara cara-cara memperhatikan kesehatan payudara sepanjang menyusui. Buat beberapa ibu menyusui, pilih serta memakai bra sesuai ukuran serta bentuk payudara dapat jadi perawatan payudara yang pas.

Anda dapat memakai bra spesial untuk menyusui, atau bra biasa yang nyaman waktu digunakan. Upayakan untuk pilih ukuran yang cocok, alias tidak ketat atau kebesaran waktu digunakan. Pilih bra dengan bahan basic katun atau kain untuk memberi dukungan payudara “bernapas” dengan gampang.

5. Yakinkan bayi menyusui secara benar 
Semenjak pertama-tama menyusui, lakukan bayi untuk menyusu dengan teratur paling tidak tiap 2-3 jam sekali. Tidak hanya jadi perawatan payudara buat ibu menyusui, mengaplikasikan frekwensi serta agenda menyusui ini bisa menolong menahan timbulnya permasalahan pada payudara.

Mengambil misalnya ngilu pada puting, pembengkakan payudara, sampai penyumbatan pada aliran susu. Bila Anda tidak mengaplikasikan langkah memperhatikan kesehatan payudara, pasti beberapa keadaan itu bisa menggangu proses menyusui.

6. Bebaskan mulut bayi dengan pas sesudah menyusui 
Sesudah bayi usai menyusui, jangan langsung menarik puting payudara Anda dari mulut bayi. Langkah berikut malah bisa membuat puting susu terluka, ngilu, hingga menghalangi proses menyusui.

Sebaiknya untuk menempatkan jari tangan Anda di bagian payudara yang paling dekat sama mulut bayi. Selanjutnya tekan ruang payudara itu untuk melepas isapan di antara mulut bayi dengan payudara Anda dengan perlahan-lahan. Seterusnya, Anda dapat menarik dikit demi sedikit payudara dan puting susu dari dalam mulut bayi.

7. Teratur periksakan kesehatan payudara 
Tidak hanya dengan melatih diri untuk mengaplikasikan beberapa langkah memperhatikan kesehatan payudara sepanjang menyusui, janganlah lupa untuk periksakan keadaan payudara dengan teratur.

Lebih bila payudara berasa memiliki masalah sepanjang menyusui, contohnya terlihat tonjolan yang tidak segera hilang sepanjang beberapa waktu. Selekasnya tanyakan dengan dokter untuk cari tahu pemicu timbulnya tonjolan pada payudara, serta langkah pas untuk menanganinya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar