Skip to main content

Menjaga Kesehatan Untuk Anda Yang Kerja Shift Malam

Kadang karier Anda tuntut untuk kerja shift malam seperti dokter, perawat, pramugari, pilot, pengemudi, pegawai pabrik, jurnalis, staff percetakan, petugas keamanan, atau penjaga toko 24 jam. 

Menurut National Sleep Foundation, waktu kerja ini seringkali dihubungkan dengan beberapa permasalahan kesehatan seperti penambahan efek permasalahan metabolisme, penyakit jantung, masalah pencernaan, obesitas, sampai kanker.


Kerja shift malam dapat mengganggu potensi badan untuk melakukan perbaikan kehancuran DNA. Diluar itu, kandungan melatonin pada tubuh alami penurunan, ini ialah hormon yang bertanggungjawab untuk mengendalikan jam biologis badan.

Tetapi, Anda masih dapat memperhatikan kesehatan badan Anda sepanjang kerja shift malam dengan lakukan beberapa pergantian pola hidup. Tersebut panduan memperhatikan kesehatan sepanjang Anda kerja shift malam.

Panduan memperhatikan kesehatan sepanjang kerja shift malam Tiap orang mempunyai langkah yang berlainan untuk jalani kerja shift malam. Nah, mengaplikasikan beberapa taktik di bawah ini bisa menolong Anda pada menangani permasalahan kesehatan atau mental saat kerja shift malam serta pastikan Anda masih cukup tidur.

1. Mengontrol pola tidur
Kerja shift malam membuat Anda tetap harus terbangun pada malam hari. Walau sebenarnya pada malam hari, badan melepas hormon melatonin, yang membuat Anda mengantuk serta kurang siaga. 

Masalahnya memang badan Anda direncanakan untuk tidur pada malam hari.
Orang dewasa umumnya memerlukan tidur di antara 7-9 jam tiap malam. Kurang dari itu, Anda akan alami “utang tidur.” Hanya satu langkah untuk membayar kembali utang tidur untuk memburu tidur yang Anda terlewat, serta ini harus dikerjakan selekasnya mungkin. 

Coba beberapa langkah ini untuk jaga jadwal tidur Anda:
Jangan tunda tidur. Jika sempat serta telah mengantuk, selekasnya tidur. Sempatkan diri seputar 7 sampai 9 jam untuk tidur sesudah kerja shift malam. Minum dan makan sebelum tidur, sebab untuk sebagian orang rasa lapar atau haus dapat buat tidur tidak pulas.

Jangan minum alkohol sebelum tidur. Alkohol bisa kurangi kualitas tidur serta mengganggu step tidur, yang akan membuat Anda merasakan tidak fresh di hari selanjutnya.Jangan merokok sebelum tidur. Nikotin ialah insentif yang mengakibatkan Anda sulit tidur.

Yakinkan kamar tidur Anda tenang, gelap, serta sejuk. Pakai penutup telinga untuk menghambat keributan siang hari serta pasang gorden gelap untuk menahan cahaya matahari masuk ruang.Berikan tahu rekan serta keluarga mengenai jam kerja Anda hingga mereka tidak mengganggu waktu tidur Anda.

2. Kontrol pola makan sehat
Satu orang yang kerja shift malam condong alami sindrom metabolik serta alami penambahan efek obesitas sebab skema makan yang jelek serta masalah jam biologis badan.Berencana skema makan bisa menolong Anda masih sehat sepanjang kerja shift malam serta lebih santai saat Anda butuh tidur. Tersebut cara-cara yang dapat Anda kerjakan.

Masih makan dengan skema makan yang sama juga dengan skema makan di siang hari.Seringkali makan cemilan yang sehat untuk menghindarkan rasa kantuk sebab terlalu kenyang.Pilih makanan yang gampang diolah seperti roti, nasi, pasta, salad, produk susu, buah-buahan, serta sayuran.Jauhi makanan yang susah diolah seperti gorengan, makanan pedas, serta makanan olahan.

Jauhi makanan manis. Walau makanan manis dapat memberi daya, tetapi ini dapat turunkan daya secara cepat.Buat jadi buah serta sayuran jadi cemilan. Gula dari sayur dan buah dirubah perlahan-lahan jadi daya serta kedua-duanya ialah sumber penting dari vitamin, mineral, serta serat.

Minum yang cukup waktu Anda sedang kerja untuk jaga kapasitas fisik serta mental, tetapi jangan meredam buang air kecil sebelum tidur.

3. Tidur siang
Tidur siang terhitung hal yang penting dikerjakan untuk kerja shift malam. Sesaat tidur sesaat sebelum Anda mengawali jam kerja bisa menolong menangani kecapekan. Waktu istirahat sepanjang kerja penting dikerjakan untuk masih memperhatikan kesehatan badan Anda.

Tidur siang sudah dapat dibuktikan tingkatkan serta memulihkan kemampuan otak. Tidur paling tidak sepanjang 45 menit waktu istirahat dari pekerjaan akan bikin Anda jadi lebih fresh. Serta tidur siang sepanjang 20-45 menit sudah dapat dibuktikan berguna buat pekerja shift untuk hilangkan rasa capek.

Baiknya, tidur siang tidak bisa melewati 45 menit supaya faedahnya optimal. Lebih dari itu, bisa-bisa Anda bangun pusing atau gelisah.

4. Mengatur agenda shift Anda
Mungkin di sejumlah tempat kerja, agenda shift telah dipastikan dari faksi perusahaan. Tetapi, beberapa yang lain mungkin dapat Anda tetapkan sendiri.

Bila Anda dapat memastikan agenda shift kerja Anda. Coba tidak untuk kerja shift malam dalam tempo yang beruntun. Anda mungkin jadi makin kurang tidur sepanjang beberapa malam dalam tempat kerja. Anda lebih mungkin untuk sembuh bila Anda bisa batasi shift malam serta mengagendakan hari libur salah satunya.

5. Batasi mengonsumsi kopi
Cafein ialah insentif. Banyak orang minum kopi untuk mengawali hari kerjanya. Saat Anda konsumsi kopi sesuai dosis harian ataukah tidak terlalu berlebih, ini akan menolong Anda masih terbangun sepanjang kerja shift malam.

Tetapi, bila Anda konsumsi cafein atau kopi dengan terlalu berlebih, malah bisa mengakibatkan masalah pencernaan serta kejang otot. Mengonsumsi kopi harus di stop seputar 6 jam sebelum tidur untuk pastikan jika insentif tidak mengubah tidur Anda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar