Skip to main content

Menjaga Stamina Dan Kesehatan Saat Aktivitas Padat

Tiap hari Anda mungkin merasakan seperti dikejar-kejar waktu. Daftar pekerjaan atau aktivitas seakan tidak selesai-selesai. 

Efeknya tentunya badan jadi kecapekan. Bila tidak diatasi secara baik, kecapekan dapat berefek negatif pada kegiatan seharian sampai jalinan Anda dengan orang lain. Sebelum terserang rasa capek hebat, semestinya baca beberapa panduan memelihara stamina di bawah ini.


Langkah memelihara stamina saat agenda super padat Kadang, kecapekan adalah tanda-tanda umum dari beberapa penyakit. Contohnya penyakit jantung, tiroid, diabetes, radang sendi, anemia, dan sleep apnea. 

Tidak itu saja, beberapa macam obat-obatan dapat juga membuat Anda gampang capek. Antihistamin, obat tekanan darah, serta diuretik ialah beberapa salah satunya.

Tetapi, banyak orang capek sebab aktivitasnya seharian benar-benar sangat padat. Tidak sempat makan, kurang tidur, serta depresi pada akhirnya makin membuat badan kehilangan stamina. Pekerjaan juga jadi tidak lancar sebab Anda tidak dapat konsentrasi. Jadi, yakinkan Anda lakukan beberapa hal berikut ini untuk memelihara stamina serta kesehatan pada saat aktivitas demikian padat.

1. Aktif bergerak
Mungkin langkah yang satu ini telah berulang-kali Anda dengar jika ingin memperoleh badan yang bugar dan sehat. Banyak riset yang sudah menunjukkan jika badan yang aktif bergerak, entahlah dengan pekerjaan mudah di dalam rumah atau olahraga akan menyebabkan penambahan daya. Itu penyebabnya, orang yang aktif dengan fisik umumnya tidak mudah capek.

Ini di dukung oleh direktur fisiologi di Johns Hopkins University School of Medicine, Kerry J. Stewart, yang memiliki pendapat jika badan yang aktif banyak dihubungkan dengan penambahan kualitas hidup. Serta efisiensi kerja jantung, paru-paru, serta otot akan makin lebih baik karena kegiatan fisik.

Lantas bagaimana jika tidak punyai waktu olahraga? Tenang, Anda dapat coba olahraga intensif cuma dalam tempo 7 menit. Baca panduannya dalam tautan ini.

2. Sempatkan diri ada di luar ruang
Bila Anda seringkali habiskan waktu dalam ruang, sempatkan diri sesaat untuk nikmati hangatnya cahaya matahari. Bukan tanpa ada asalan, dr. Jeffrey Durmer, seseorang kepala petugas medis di FusionSleep Center di Atlanta, menerangkan jika pancaran cahaya matahari bisa merangsang pada kerja otak, buat memberikan isyarat pada badan untuk tingkatkan dayanya.

Otak juga supaya merasakan tambah lebih fresh sebab tidak terus-terusan berada di dalam ruang. Masalahnya cahaya matahari bisa hentikan produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang menyebabkan rasa kantuk. Pada akhirnya, badan akan merasakan lebih bertenaga serta tidak gampang capek.

3. Penuhi cairan badan
Jangan pernah padatnya kegiatan yang perlu Anda lalui, sampai membuat Anda lupa dengan keperluan diri kita – diantaranya minum. Masalahnya kekurangan cairan bisa merusak persediaan.daya serta mengacaukan kerja badan, hingga Anda jadi merasakan gampang capek serta tidak semangat.

Kekurangan cairan sudah dapat dibuktikan membuat Anda susah konsentrasi. Ini sebab air memberi dukungan kerja semua organ pada tubuh, terhitung otak. Itu penyebabnya, saat keperluan cairan tidak tercukupi secara baik, karena itu otak tidak bisa kerja dengan maksimal.

Nah, tidak hanya dengan minum kira-kira 1,5 liter air putih satu hari, Anda dapat juga memeriksa apa konsumsi cairan sudah terpenuhi secara baik, yaitu lewat warna urine waktu buang air kecil.

Menurut Serta Judelson, Ph.D., asisten dosen Kinesiologi di California State University di Fullerton, urine yang normal semestinya berwarna kuning muda atau jernih. Saat warna urine gelap serta pekat, pertanda Anda butuh minum semakin banyak cairan.

4. Ketahui jam badan Anda
Salah satunya pemicu kecapekan yang seringkali berlangsung yaitu sebab begitu memforsir kerja badan. Memang, mungkin terkadang susah buat Anda untuk mengerti kapan badan sudah ada di batas kekuatannya.

Walau sebenarnya Anda tinggal mengetahui jam badan Anda sendiri. Contohnya di siang hari konsentrasi serta tenaga Anda mulai hilang. Bermakna sebelum itu Anda sudah seharusnya isi daya dengan makan siang seperlunya. Jika Anda tunda jam makan serta pada akhirnya kelaparan, Anda juga condong makan sampai terlalu kenyang serta justru jadi mengantuk.

Berikan interval di tengahnya pekerjaan Anda dengan sebatas duduk enjoy, tutup mata sesaat, serta biarlah pemikiran Anda santai. Walau kesannya remeh, langkah berikut dapat menolong Anda memelihara stamina di tengahnya padatnya kegiatan. Tidak lupa, tidur yang cukup pada malam hari agar tubuh serta pemikiran Anda lebih fresh.

5. Disiplin masalah makan
Antara banyak langkah untuk memelihara stamina, satu yang tidak bisa Anda terlewat ialah makan pas waktu. Masalahnya makanan bekerja memasok daya penting yang nanti akan digunakan badan untuk melakukan aktivitas.

Waktu badan sudah kerja keras dalam beberapa saat, karena itu butuh konsumsi makanan untuk kembalikan daya. Bila tidak tercukupi pas waktu, cadangan daya telah makin terkuras. Mengakibatkan, Anda akan gampang capek.

Juga penting buat Anda untuk penuhi konsumsi nutrisi dari beberapa sumber makanan sehat. Ini terhitung protein, lemak sehat, vitamin, serta mineral dalam jumlahnya yang pas, bukan terlalu berlebih. Anda memang seharusnya disiplin serta tidak bisa gampang tertarik makan fast food saat sedang repot.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar