Skip to main content

Memilih ginekologi untuk kesehatan reproduksi wanita

Tidak cuma ibu hamil saja yang butuh ke ginekolog. Semua wanita harus periksakan kesehatan reproduksinya dengan teratur ke dokter kandungan. Tetapi, pilih dokter kandungan bukan suatu hal yang gampang untuk dikerjakan. Beberapa keluhan, spesialis pakar, jarak tempat praktik, sampai ciri-ciri dari dokter tersebut yang bermacam.

Selanjutnya, pilihan itu semua bergantung pada keperluan Anda. Lalu, apa ada langkah pilih dokter untuk permasalahan kandungan yang pas? Tentunya ada. Silahkan baca panduan di bawah ini. Panduan pilih dokter kandungan.


1. Cari info dahulu, Anda perlu dokter kandungan untuk apa 

Dalam pilih dokter kandungan, beberapa orang akan hadapi rintangan sendiri. Pertama, yang perlu Anda kerjakan ialah tahu apa yang akan Anda kontrol. 

Apa tentang kehamilan, keadaan rahim, atau sekedar hanya kontrol teratur kesehatan organ intim. Dari keperluan itu, Anda dapat ditempatkan pilih dokter dengan subspesialis kandungan, sesuai dengan keperluan kontrol Anda.

2. Cari info testimoni serta reputasi dokter yang Anda pilih 

Jika sudah mengetahui serta pilih dokter kandungan yang akan didatangi, sekarang waktunya Anda cari tahu dan kumpulkan info berdasar testimoni beberapa pasien sebelumnya. 

Kerjakan dengan cari lewat web tempat dokter itu kerja, baca dari forum-forum internet, atau serta menggali informasi dari suster atau karyawan di rumah sakit tempat dokter itu praktik.

Anda dapat juga menanyakan pada keluarga, kerabat, rekan, yang pernah atau sedang konsultasi ke dokter kandungan. Umumnya, pendapat serta suport penentuan dokter dari mulut ke mulut lebih baik hasilnya, dibanding Anda menebak dalam pilih dokter kandungan. 

Janganlah lupa, lihat reputasi bagaimana masalah yang diatasi dari dokter kandungan yang Anda pilih. Pilih berdasar penilaian beberapa pasien, pendidikan yang ditempuh, dan masalah atau kekeliruan medis yang barangkali sempat dikerjakan.

3. Waktu berjumpa, yakinkan Anda serta dokter punyai pandangan yang sama 

Misalnya, Anda tidak mau mempunyai buah hati, Anda cuma ingin konsultasi tentang alat kontrasepsi apa yang bagus dan aman. 

Tetapi kenyataannya dokter Anda berpedoman memahami jika wanita harus serta harus mempunyai keturunan, pertanda Anda sedang ada di ‘tempat’ yang salah.
Nilai hamil serta melahirkan buat Anda serta dokter itu, dikatakan berlainan. 

Bila pemikiran saja telah berlainan, bagaimana akan lakukan konsultasi atau aksi di step seterusnya. Bila disaksikan kembali pada point dua panduan di atas, berikut kenapa diperlukan penggalian serta penjelasan terlebih dulu mengenai dokter yang akan Anda pilih. 

Dengan demikian Anda dapat pilih dokter kandungan mana yang cocok serta pas berkaitan arah Anda konsultasi.

4. Cocokkan dengan ciri-ciri serta kenikmatan Anda 

Pilih dokter kandungan, tidak ayal hampir seperti dengan pilih jodoh. Anda harus dapat sesuaikan pribadi Anda pada cari jawaban. Begitu juga dengan pilihan ciri-ciri dokter yang ada.

Contoh, jika Anda senang tidak senang dengan jawaban yang singkat pas serta padat, pilih dokter yang dapat memberi respon dan menerangkan panjang lebar deretan pertanyaan Anda. 

Nah, sebaliknya, bila Anda condong tidak perlu jawaban berbelit-belit, pilih dokter yang tegas serta sedikit keterangan. Pokoknya, pilih sesuai dengan keperluan serta janganlah lupa menyamakan dengan pribadi Anda.

5. Keringanan serta kenyamanan waktu konsultasi 

Biasanya, penting untuk cari atau pilih dokter kandungan yang populer dengan rekam jejak atau keberhasilannya dalam mengatasi masalah. Janganlah lupa, Anda harus dapat lihat gampang atau tidaknya dokter itu untuk dihubungi atau sebatas memperoleh tanggapan. 

Pilih yang bersedia dihubungi lewat kontak pribadi, untuk berjaga-jaga jika saja ada keadaan genting menerpa Anda (umumnya untuk konsultasi kehamilan).

Tidak hanya keringanan tanggapan, pilih type kelamin dokter yang bikin Anda nyaman. Ginekolog atau dokter kandungan, ada yang pria serta ada pula yang wanita. Ukur kenyamanan diri Anda, apa nyaman untuk buka atau periksakan sisi intim dengan pria asing, atau justru merasakan risih dicek dan dicheck oleh sama-sama wanita. Semuanya kembali ke keperluan serta kenyamanan Anda semasing.

Kesimpulannya Sesudah diterangkan beberapa point penting di atas, Anda tak perlu gegabah pilih dokter mana yang akan Anda buat jadi pakar dari keadaan badan Anda. Jika merasakan tidak nyaman ataukah tidak senang, jangan sangsi untuk bertukar dokter. Tetapi sebelum pilih, lebih baiknya yakinkan jika Anda sudah ikuti point di atas untuk pilih dokter yang cocok serta pas.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar