Skip to main content

Berbelanja Bahan Makanan Untuk Badan Yang Sehat

Waktu belanja, bujukan untuk beli makanan yang tidak sehat tinggi sekali. Ditambah lagi, semua type makanan terpajang di tiap pojok pasar atau supermarket. 

Sayangnya, umumnya yang menarik hati ialah makanan yang kurang sehat, contohnya cemilan tinggi kalori atau minuman kaya gula. Nah, supaya tidak kalap beli bahan makanan yang kurang sehat serta tidak butuh, yuk turuti beberapa panduan berbelanja di bawah ini.


6 panduan berbelanja bahan makanan untuk badan yang sehat Agar tidak menghabiskan waktu tetapi masih dapat pilih bahan makanan yang paling baik, yuk simak beberapa panduan berbelanja di bawah ini.

1. Mengecek persediaan 

Tentunya, sebelum berbelanja Anda harus mengecek terlebih dulu persediaan yang masih dipunyai. Bila masih dapat dipakai, Anda dapat sesuaikan type masakan yang dapat dibuat dengan bahan yang masih ada.

Bekasnya, jadi salah satunya panduan yang dapat Anda pakai untuk berbelanja yang sehat, Anda perlu beli beberapa bahan yang telah habis atau belum ada. Dengan demikian, Anda dapat lebih berhemat serta tidak beli bahan yang telah ada supaya tidak terkejut waktu lihat struk berbelanja.

2. Bikin daftar berbelanja 

Sesudah mengecek persediaan, Anda belum juga ‘boleh’ pergi ke supermarket atau ke pasar terlebih dulu. Masalahnya sebelum berbelanja bahan makanan, semestinya pikirkan terlebih dulu beberapa bahan masakan yang belumlah ada serta akan diperlukan.

Jika butuh, pikirkan bahan masakan untuk 1 minggu ke depan. Ini dapat jadi salah satunya panduan berbelanja yang sehat, sebab tidak hanya Anda dapat lebih terorganisir, Anda dapat juga memisah terlebih dulu bahan masakan mana yang lebih sehat yang semestinya dibeli.

3. Bikinlah kelompok dalam daftar berbelanja 

Untuk mengirit waktu, panduan lain dalam melakukan berbelanja sehat ialah membuat kelompok dalam daftar belanjaan Anda. Contohnya, catat buah-buahan terlebih dulu, lalu catat sayur-sayuran, baru bumbu dapur. Ini akan berguna, terutamanya buat Anda yang telah ingat dengan layout bangunan tempat Anda belanja kelak.

Dengan membuat kelompok semacam ini, Anda dapat menghindarkan beberapa tempat atau gang-gang di supermarket tempat beberapa makanan yang tidak sehat tetapi menggugah hasrat. Karena, melalui beberapa tempat makanan yang enak bisa membuat Anda lupa diri hingga putuskan untuk beli makanan yang ada di muka mata Anda tanpa ada berpikir panjang.

4. Berbelanja dengan sesuai kenyataan 

Bila Anda masih baru mengawali untuk berbelanja sehat, panduan lain yang dapat Anda kerjakan ialah sesuai kenyataan dalam belanja. Kenapa demikian? Sebab seringkali, waktu baru mengawali, semangat Anda akan membara. 

Walau sebenarnya, belum pasti semua makanan sehat yang kelihatan menarik dapat Anda mengonsumsi dalam tempo 1 minggu.

Maka, waktu Anda baru mengawali, pilih cuma beberapa macam makanan sehat. Bekasnya, Anda dapat membelinya waktu belanja bahan makanan di lain waktu. Jauhi juga beli makanan yang tidak berada di dalam daftar berbelanja. Sebab Anda seringkali cuma ‘lapar mata’ tanpa ada tahu apa makanan itu akan Anda makan ataukah tidak.

Bila Anda belanja sesuka hati, mungkin Anda semakin lebih banyak keluarkan uang serta banyak juga bahan makanan yang selanjutnya terbuang sebab telah kedaluwarsa atau telah rusak.

5. Jangan belanja waktu lapar 

Waktu akan pergi ke supermarket atau pasar, jangan pergi dalam kondisi lapar. Rasa lapar dapat ‘mendikte’ Anda untuk belanja makanan yang tidak berada di dalam daftar berbelanja. Contohnya, makanan manis atau cemilan yang tidak hanya tidak sehat untuk badan Anda, akan membuat Anda keluarkan uang yang semakin banyak.

Maka, salah satunya panduan lain yang dapat Anda pakai bila akan berbelanja sehat ialah makan terlebih dulu sebelum pergi belanja. Ini mempermudah Anda berkonsentrasi untuk masih berbelanja sesuai daftar yang telah dibikin awalnya.

6. Konsentrasi pada produk yang sehat 

Waktu belanja, coba untuk konsentrasi pada produk yang lebih sehat. Ini kemungkinan memerlukan lebih banyaknya waktu. Tapi, bila Anda ingin berbelanja untuk hidup yang lebih sehat, panduan ini dapat Anda kerjakan. 

Contohnya, bila Anda akan beli satu type makanan yang ada dalam beberapa brand, pilih dengan bahan yang lebih sehat dibandingkan brand yang lain.Bila perlu, Anda dapat cari tahu produk apa yang sehat lewat internet sebelum pergi ke supermarket atau pasar. Dengan demikian, Anda dapat lebih mengirit waktu waktu ada dalam tempat berbelanja.

Walau telah kantongi panduan berbelanja sehat, Anda harus tetap tahu faedah dari makanan yang akan Anda beli. Waktu belanja bahan makanan di supermarket, Anda mungkin tidak mengerti jika ada banyak type makanan yang baik untuk kesehatan Anda.

Contohnya, makanan seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, gandum, sampai oatmeal ialah makanan yang kaya serat. Lalu, makanan seperti ikan, kacang kedelai, serta sereal ialah makanan yang kaya lemak omega 3.

Dengan tahu faedah dari masing-masing makanan yang berada di supermarket, Anda mungkin semakin lebih gampang memastikan bahan makanan mana yang lebih Anda perlukan untuk keadaan kesehatan Anda. Oleh karenanya, jangan sangsi untuk mengaplikasikan panduan berbelanja sehat ini waktu belanja kelak, ya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar