--> Skip to main content

Cara Mengatasi Bibir Kering Dengan Bahan-bahan Alami

Bibir yang kurang sehat biasanya akan menimbulkan beberapa masalah di bagian permukaannya. Masalah kesehatan yang sering ditimbulkannya adalah bibir pecah-pecah dan bibir kering. Selain membuat Anda merasa kurang nyaman, kedua masalah kesehatan ini tak jarang bisa menimbulkan rasa sakit.

Penyebab timbulnya bibir pecah-pecah dan bibir kering memang cukup beragam. Beberapa penyebab diantaranya adalah seperti berikut ini.



Dehidrasi

Dehidrasi merupakan penyebab utama yang bisa membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Biasanya seseorang akan menjilati bibirnya supaya hal tersebut bisa meminimalisir masalah pada bibirnya. Padahal, kebiasaan tersebut malah membuat bibir kian mengering.

Merokok

Merokok dapat memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan yang salah satunya adalah dapat mengganggu kelembaban bibir Anda. Disamping itu, merokok juga dapat memudarkan warna bibir Anda.

Obat-obatan

Bukan hanya kosmetik saja yang bisa mengganggu kesehatan bibir Anda. Jenis obat-obatan tertentu juga memiliki efek samping yang dapat membuat bibir menjadi kering.

Bernapas menggunakan mulut

Ketika berada di ruangan yang minim udara, seseorang biasanya akan menggunakan mulutnya untuk bernapas. Selain memudahkan kotoran atau debu masuk kedalam perut, melakukan hal tersebut juga akan menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

Cara Alami Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Penggunaan lip balm memang bisa membantu melembabkan kembali bibir Anda. Namun, sebenarnya masih banyak cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan pada bibir.

1. Minyak samin

Di negara India minyak samin dikenal dengan nama Kashmiri. Minyak samin ini merupakan mentega cair yang terbuat dari lemak hewani seperti sapi, kerbau, kambing, dan unta yang telah dimurnikan. Biasanya minyak samin ini digunakan untuk menggoreng suatu masakan.

Cara mengatasi bibir kering dengan minyak samin sangatlah mudah. Cukup teteskan minyak samin pada cotton bud atau kapas, kemudian oleskan pada bibir. Lakukan hal ini secara rutin sebelum Anda beranjak tidur.

2. Kantong teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas. Ketika membuat teh, biasanya kita akan membuang kantong teh tersebut. Padahal, kantong teh tersebut bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Caranya, Anda tinggal menempelkan kantong teh hijau pada bibir selama kurang lebih 5 menit. Lakukan perawatan ini secara rutin supaya masalah bibir kering dan pecah-pecah bisa segera teratasi.

3. Madu

Umumnya, orang yang rutin mengkonsumsi madu memiliki ketahanan tubuh yang jauh lebih baik. Hal ini tidaklah mengherankan karena madu berkhasiat dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Bahan alami yang satu ini paling dianjurkan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Cara penggunannya pun juga sangat mudah. Sebelum Anda tidur, lapisi dulu bibir Anda dengan madu. Jika pada pagi hari masih terasa lengket, Anda bisa langsung membersihkannya. Lakukan perawatan ini secara rutin hingga masalah kesehatan bibir Anda kembali membaik.

4. Minyak jojoba

Minyak jojoba memiliki kandungan vitamin B, vitamin E, antioksidan alami, dan beberapa nutrisi lainnya yang dapat membantu menyembuhkan luka. Untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, teteskan minyak jojoba pada kapas maupun cotton bud. Setelah itu oleskan pada bibir secara merata dan diamkan kurang lebih selama 15 menit. Kemudian bersihkan dan biarkan mengering dengan sendirinya.

5. Srub gula

Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah juga bisa dengan memanfaatkan srub gula. Untuk membuatnya, campurkan ½ sendok teh gula dengan 2 tetes minyak zaitun. Aduk secara merata kemudian oleskan pada bibir. Diamkan selama ± 5 menit, lalu bersihkan dengan air. Supaya bibirnya lebih lembut, Anda bisa menggunakan lip balm setelah menggunakan scrub gula.

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah diatas akan memberikan hasil yang maksimal jika Anda melakukannya secara rutin.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar