--> Skip to main content

Coinbase Akan Debut di NASDAQ Dengan Valuasi $ 100 Miliar

Dalam apa yang bisa disebut sebagai perkembangan terbaru terbesar di dunia cryptocurrency, pertukaran cryptocurrency yang berbasis di San Francisco Coinbase akan terdaftar di NASDAQ pada 14 April 2021. Menurut informasi yang keluar di domain publik, perusahaan  telah memilih ticker COIN untuk pencatatan, dan total 114.850.769 saham dengan penilaian sekitar $ 100 miliar akan terdaftar di bursa. 


Penting untuk dicatat bahwa alih-alih menggunakan metode penawaran umum perdana (IPO) tradisional, Coinbase memutuskan untuk mengambil rute pencatatan langsung, yang berarti tidak akan ada penjamin emisi yang terlibat dalam proses pencatatan ini.



Coinbase didirikan oleh Brian Armstrong dan Brian Armstrong pada tahun 2012. Misi pertukaran mata uang kripto adalah membuat pembelian dan penjualan mata uang kripto lebih efisien.  Sejak tahun pembentukannya, pertukaran tersebut kemudian menjadi pertukaran mata uang kripto terbesar di pasar AS. 

Faktanya, dalam hal pertumbuhan keseluruhan dan akuisisi pelanggan akhir-akhir ini, Coinbase telah melampaui sebagian besar pesaingnya yang tangguh, termasuk orang-orang seperti Binance, OKEx, dan Huobi.  Ambil contoh, angka pendapatan terbaru yang dirilis oleh Coinbase untuk kuartal pertama 2021, di mana terungkap bahwa pendapatan perusahaan telah menyentuh angka raksasa sebesar US $ 1,8 miliar.

Dengan IPO ini, Coinbase diharapkan dapat memperkuat keaslian cryptocurrency di kalangan calon pengguna dan investor.  Ini akan menjadi langkah penting menuju pengarusutamaan koin digital - setidaknya ke pasar AS pada fase pertama dan kemudian ke seluruh dunia. 

Daftar Coinbase akan membuat investor di seluruh dunia duduk dan memperhatikan cryptocurrency sebagai jalan yang menarik untuk pertumbuhan dan investasi di masa depan. Namun, kinerja saham pada akhirnya akan bergantung pada hasil bisnis yang akan dihasilkan pertukaran cryptocurrency di masa depan. Ini, pada gilirannya, akan berbanding lurus dengan penerimaan dan penggunaan yang akan diperintahkan cryptocurrency di antara calon pengguna.

Dengan indikasi lonjakan harga cryptocurrency baru-baru ini - terutama reli yang kita saksikan pada harga Bitcoin - merupakan indikasi bahwa di masa mendatang, investor dapat mengharapkan pertumbuhan yang sehat untuk seluruh domain cryptocurrency. 

Dalam hal penilaian, Bitcoin berada pada nilai tertinggi sepanjang masa, sebagian karena penerimaan yang datang dari organisasi terkenal seperti Tesla dan MassMutual.  Kenaikan penilaian ini juga merupakan indikasi positif untuk pertukaran mata uang kripto seperti Coinbase, karena semakin meluasnya penerimaan mata uang kripto berarti lebih banyak pembelian, penjualan, dan transaksi yang melibatkan mata uang digital.

Pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung juga berkontribusi pada popularitas Bitcoin.  Untuk merangsang ekonomi, sebagian besar negara dan Bank Sentral telah mencetak mata uang fiat tanpa hambatan, suatu proses yang pada akhirnya akan menyebabkan inflasi dan hilangnya nilai mata uang mereka. 

Dalam skenario seperti itu, Bitcoin dipandang sebagai opsi investasi yang berharga karena memasukkan uang ke dalam koin digital dengan persediaan terbatas ini dapat membantu melestarikan dan meningkatkan nilainya di masa depan.  Data on-chain juga mengungkapkan bahwa ada dukungan kuat untuk Bitcoin, dan pasar terus mempercayai cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar.

Pilihan antara berinvestasi dalam Bitcoin atau membeli saham Coinbase tergantung pada selera risiko investor.  Mengingat euforia seputar pencatatan Coinbase di NASDAQ, sensasi awal dalam harga Coinbase mungkin tidak berkelanjutan dalam jangka panjang.

Membeli Bitcoin, di sisi lain, bisa terbukti menjadi keputusan yang lebih matang dan matang pada saat ini, meskipun perlu diingat bahwa turbulensi harga Bitcoin adalah suatu hal yang wajar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar