--> Skip to main content

Mengenal token aptos

Apa itu token aptos

Aptos adalah blockchain Layer 1 Proof-of-Stake (POS) yang menggunakan bahasa pemrograman kontrak cerdas baru yang disebut Move, bahasa pemrograman berbasis Rust yang dikembangkan secara independen oleh insinyur blockchain Diem dari Meta (sebelumnya Facebook).

Visi Aptos adalah blockchain yang membawa adopsi utama ke web3 dan memberdayakan ekosistem DApps untuk memecahkan masalah pengguna di dunia nyata.

Blockchain POS dapat mencapai throughput transaksi teoretis lebih dari 150.000 transaksi per detik (tps) melalui eksekusi paralel.




Pada Maret 2022, Aptos mengumpulkan $200 juta dalam putaran awal yang dipimpin oleh firma modal ventura Andreessen Horowitz (a16z).  Kelas berat crypto lainnya seperti Tiger Global dan Multicoin Capital ikut serta dalam putaran pendanaan.  Maju cepat ke Juli, startup ini mengumpulkan $ 150 juta lagi dalam putaran Seri A yang dipimpin oleh Sam Bankman- FTX Ventures dan Jump Crypto dari Sam Bankman.

Dua bulan kemudian, Binance Labs melakukan investasi strategis dengan jumlah yang dirahasiakan di Aptos, menjadikan valuasinya menjadi $4 miliar pada bulan September.

Pada 18 Oktober 2022, Aptos mengumumkan peluncuran mainnet, sedangkan pembuatan Aptos terjadi pada 12 Oktober 2022.

Siapa Pendiri Aptos?

Aptos adalah gagasan Mo Shaikh dan Avery Ching, keduanya mantan karyawan Meta.  Mo, yang merupakan CEO perusahaan saat ini, adalah pendiri dengan pengalaman layanan keuangan multinasional dan blockchain/kripto selama bertahun-tahun.  Menurut profil LinkedIn-nya, dia berspesialisasi dalam penskalaan produk dan memiliki pengalaman dalam ekuitas swasta dan pasar modal ventura.

Ching, sebaliknya, adalah CTO dari Aptos.  Dia adalah seorang insinyur perangkat lunak dan merupakan salah satu insinyur perangkat lunak utama di Meta.

Keduanya bekerja sama dalam proyek blockchain Diem di Meta.  Shaikh dan Ching memutuskan untuk bergabung untuk membuat Aptos Labs ketika proyek Diem dihentikan.

Apa yang Membuat Aptos Unik?

Sebagai permulaan, tim Aptos mengklaim bahwa jaringannya dapat memproses lebih dari 150.000 tps.  Sebagai perbandingan, tps mainnet Ethereum adalah sekitar 12 hingga 15.

Throughput transaksi yang tinggi ini dimungkinkan melalui mesin eksekusi paralel (Block-STM) - mekanisme konsensus POS yang toleran terhadap kesalahan (BFT).  Untuk konteksnya, sebagian besar blockchain mengeksekusi transaksi secara berurutan, yang berarti bahwa satu transaksi yang gagal atau permintaan yang tinggi pada jaringan dapat menahan seluruh rantai.

Dalam kasus Aptos, semua transaksi diproses secara bersamaan dan kemudian divalidasi.  Transaksi yang gagal dieksekusi ulang atau dibatalkan, berkat perpustakaan memori transaksi perangkat lunak blockchain, yang menemukan dan mengelola konflik.

Aptos dibangun menggunakan Move, bahasa pemrograman kontrak pintar baru yang mengklaim menawarkan keunggulan Solidity, bahasa pemrograman berbasis EVM.

Apa fungsi token aptos

Aptos token adalah sebuah token yang digunakan sebagai alat transaksi dalam jaringan blockchain tertentu. Ia memiliki beberapa fungsi, seperti:

Alat pembayaran: Aptos token dapat digunakan untuk membayar produk dan jasa dalam jaringan blockchain tersebut.

Investasi: Aptos token juga dapat diperdagangkan sebagai sebuah aset, sehingga memungkinkan investor untuk berinvestasi dalam jaringan tersebut.

Penentu hak akses: Dalam beberapa kasus, aptos token juga dapat digunakan sebagai penentu hak akses ke berbagai fitur dalam jaringan blockchain tersebut.

Ini adalah fungsi umum dari aptos token. Fungsinya mungkin berbeda tergantung pada jaringan blockchain tertentu yang menggunakannya.

Apa token aptos sudah web 3.0

Tidak bisa dikatakan secara pasti apakah token aptos merupakan bagian dari web 3.0 atau tidak, karena definisi dan pemahaman tentang web 3.0 masih sedang berkembang.

Web 3.0 dianggap sebagai era baru dari internet, yang menekankan pada interaksi peer-to-peer dan pembagian kepemilikan data tanpa perantara. Beberapa orang menganggap bahwa jaringan blockchain, yang memungkinkan transaksi peer-to-peer dan distribusi kepemilikan data, merupakan bagian dari web 3.0.

Namun, tidak semua jaringan blockchain dan token merupakan bagian dari web 3.0. Tergantung pada bagaimana jaringan tersebut diterapkan dan bagaimana token tersebut digunakan, maka token aptos bisa saja atau tidak bisa saja merupakan bagian dari web 3.0.

Partner Aptos dan Google Cloud Mendukung Pembangun Web3

Kabar baru yang menyenangkan datang dari panggung Token 2049! CEO Aptos Labs, Mo Shaikh, dan Pimpinan Google Cloud Web3 BD, Simon Baksys, membahas tentang "Mengapa Infrastruktur Web3 Epik dan Kuat".

Kedua pihak juga mengumumkan bahwa Google Cloud dan Aptos Labs memperluas kemitraan mereka dengan Google Cloud menjalankan validator di Aptos. Kemitraan ini juga meliputi Aptos yang memilih Google Cloud sebagai penyedia infrastruktur untuk ekosistem Aptos, program akselerator bersama Aptos Foundation yang berfokus pada dukungan untuk startup dan pembangun Web3 di Aptos, serta pembangunan hackathon bagi pengembang.

Tiga minggu setelah peluncuran Mainnet Aptos, kemitraan dengan Google Cloud menunjukkan potensi yang besar dari jaringan dan ekosistem Aptos. Aptos percaya bahwa pengalaman pengguna yang lebih sederhana, relevan, dan baik adalah kunci sukses dalam adopsi web3 secara luas.

Oleh karena itu, Aptos menciptakan pengalaman membangun yang memprioritaskan pengembang bagi para inovator untuk secara efisien dan menyenangkan membangun aplikasi yang ramah pengguna.

Kemitraan dengan Google Cloud akan membantu Aptos dalam membangun komunitas dan mewujudkan misinya. Kata Richard Widmann, Kepala Strategi Aset Digital Google Cloud, "Google Cloud telah bekerja dengan Aptos sejak awal dan kami terus terkesan dengan inovasi mereka, mulai dari pengembangan mainnet yang cepat hingga fokus pada peningkatan pengalaman pengguna. Kami berharap dapat terus membantu Aptos membangun visi dan kemampuannya".

Berapa jumlah pasokan token Aptos

Untuk saat ini token aptos memiliki jumlah pasokan sebesar 1.015.668.350 . Dan ranking dalam koin marketcap adalah #26. Ini menandakan bahwa peminat token aptos sangat banyak dan bisa masuk dalam jajaran Top token 50 besar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar