Manfaat Minyak Zaitun

Siapa yang tidak kenal dengan minyak yang satu ini. Orang biasa menyebut dengan nama olive oil. Manfaat minyak zaitun ini memang sudah cukup terkenal sejak dahulu kala. Biasanya orang dulu memanfaatkannya untuk bahan kecantikan. Bahkan sejak 400 tahun sebelum masehi zaitun telah banyak digunakan untuk pengobatan tradisional. Vitamin yang terkandung dalam minyak buah zaitun yakni Vitamin E. Seperti diketahui, vitamin E mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya resiko kanker, mengurangi penyakit jantung, dan bisa menguatkan daya tahan tubuh.


Di dalam dunia kecantikan sendiri, minyak zaitun terbilang salah satu bahan yang menjadi favorit untuk digunakan untuk wajah. Ada pun kadar lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun terbilang cukup tinggi. Namun minyak zaitun sendiri tetap tergolong minyak yang sehat karena hanya terdapat 14 persen lemak jenuh yang terkandung didalamnya. Sisanya adalah lemak tidak jenuh yang menyehatkan bagi kesehatan manusia.

Sekalipun lemak yang terkandung dalam zaitun menyehatkan, Anda tetap harus membatasi dan mengontrol asupan lemak untuk tubuh anda. Gunakanlah zaitun secara baik dan benar agar anda bisa merasakan berjuta manfaat minyak zaitun. Berikut ini merupakan manfaat minyak zaitun yang sangat membantu untuk kesehatan tubuh anda.

Kandungan nutrisi di minyak Zaitun memang di percaya turun temurun dapat mempercantik kulit wajah. Seperti yang kita tahu dari semua bagian tubuh, wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang sering terkena berbagai masalah penyakit.

Seperti jerawat, noda bekas jerawat, flek hitam, penuaan dini, keriput dan lain sebagainya. Menjaga kesehatan kulit wajah merupakan hal yang penting karena wajah merupakan bagian tubuh pertama yang akan di pandang ketika anda bertemu dengan seseorang.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit Wajah

1. Melembabkan kulit wajah

Kurangnya nutrisi untuk kulit dapat menyebabkan kekeringan pada kulit. Anda dapat memanfaatkan buah zaitun untuk melembabkan kulit wajah secara alami. Caranya cukup buat adonan masker dari minyak Zaitun dan dicampurkan dengan kuning telur. Gunakan sebagai masker dan diamkan sekitar 30 menit. Setelah itu bilas bersih wajah anda hingga tak tercium bau amis lagi.

2. Mengatasi wajah berminyak

Minyak zaitun juga berguna untuk mengatasi kulit berminyak. Minyak berlebih yang di produksi kelenjar di kulit wajah menyebabkan berbagai macam masalah seperti jerawat dan komedo. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan minyak zaitun sebagai masker. Dapat di lakukan di malam hari ketika anda hendak tidur, bila memungkinkan bilas wajah dengan air di keesokan paginya.

3. Mengangkat noda

Kotoran di wajah yang disebabkan oleh polusi udara dan kebiasaan tidak mencuci wajah dapat menyebabkan masalah di kulit wajah seperti komedo dan wajah terlihat kusam. Anda dapat mengangkat kotoran di kuli wajah dan membuatnya lebih cerah dengan menggunakan minyak Zaitun. Caranya cukup basuh muka dengan menggunakan air hangat, kemudian oleskan minyak Zaitun kurang lebih 10 menit. Bilas menggunakan air hangat kembali untuk kemudian usap menggunakan air dingin untuk menutup pori yang terbuka.

4. Memutihkan kulit wajah

Anda mungkin belum percaya jika minyak zaitun berguna untuk memutihkan kulit wajah. Menurut para ahli minyak zaitun ternyata bermanfaat untuk memutihkan kulit wajah jika digunakan sebagai masker secara rutin di malam hari. Lebih disarankan juga untuk melakukan pijatan di bagian wajah selama kurang lebih 15 menit. Baru kemudian anda bilas bersih hingga kulit terasa kesat.

5. Mencegah penuaan dini

Minyak zaitun juga dapat mencegah penuaan dini. Keriput di kulit wajah memang tak bisa dihindari terutama jika usia semakin menua. Namun bagaimana jika penuaan dini muncul di usia muda? Anda dapat memanfaatkan minyak Zaitun untuk menunda terjadinya penuaan di kulit wajah. Kandungan antioksidan dan vitamin E di dalam minyak ini dapat membantu menghilangkan keriput halus di wajah. Anda dapat menggunakannya sebagai masker seperti cara nomor satu.

Itulah neberapa manfaat dari minyak Zaitun untuk kulit wajah. Tentunya menggunakan bahan alami untuk kesehatan kulit wajah lebih disarankan ketimbang menggunakan obat dengan bahan kimia berbahaya, meskipun efek  yang diberikan oleh kosmetik lebih cepat. Semoga artikel kali ini dapat memberi manfaat bagi anda semua.
Advertisement

2 Responses to "Manfaat Minyak Zaitun"

  1. betul2 itu kalau minyak anu bisa buat anu nggak..??

    ReplyDelete
  2. Zaitun, ada diantara tumbuhan yang namanya tersebut dalam sebuah kitab, jauh sebelum para pakar sains menemukan kandungan zat di dalamnya. Saya sendiri suka memakainya menjelang tidur di malam hari. Maklum, saya juga banyak jerawat. Dengan pemakaian rutin akan terlihat hasilnya.

    ReplyDelete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!