Cara Mengatasi Jerawat Dan Flek Hitam

Jerawat adalah bintik-bintik merah pada wajah, yang biasanya ditimbulkan oleh banyak faktor. Diantaranya ialah karena pola hidup kurang sehat. Jerawat mudah muncul disebabkan kita kurang menjaga kesehatan makanan dan kebersihan wajah.

Wajah tanpa jerawat

Wajar saja jika jerawat sering muncul pada orang-orang yang tidak menjaga kebersihan wajah. Biasanya ketika kita keluar rumah banyak debu yang menempel pada wajah tanpa disadari. Jika kita peka terhadap kebersihan wajah maka kita akan selalu merawat kebersihan wajah kita.

Jerawat juga bisa ditimbulkan dari faktor makanan. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak juga kurang baik, harus ada penawarnya agar jumlah lemak tidak berlebihan.

Apakah Anda sudah tahu apa saja makanan yang dapat menyebabkan jerawat? Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang membantu memicu timbulnya jerawat.

Makanan Yang Dapat Menyebabkan Jerawat

1. Gorengan

Gorengan menjadi faktor yang sering menimbulkan jerawat. Kualitas minyak yang digunakan untuk menggoreng biasanya sudah tidak terjamin. Kecuali kita membuat gorengan sendiri dirumah, jadi kita bisa memastikan kualitas minyak yang kita gunakan.

2. Makanan manis

Es krim, black forrest, coklat dan makanan manis lainnya memang enak jika dikonsumsi. Tapi jika dikonsumsi secara berlebih bisa menimbulkan jerawat.

3. Asam lemak omega 6

Konsumsi asam lemak omega 6 yang berlebihan bisa memicu kulit anda mengalami kemerahan dan peradangan. Beberapa makanan yang mengandung asam lemak adalah ham, daging babi dan bacon.

4. Kuning telur

Kuning telur sangat baik untuk tubuh kita, akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebih bisa menimbulkan jerawat. Jadi, konsumsi kuning telur sesuai dengan daftar menu sehat.

5. Kacang-kacangan

Untuk yang satu ini pasti merupakan favorit para remaja, apalagi ketika menonton bola. Terlalu banyak makan kacang juga tidak baik, karena kacang banyak mengandung lemak nabati yang bisa menjadi faktor munculnya jerawat.

Selain dari lima faktor diatas masih banyak lagi yang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Oleh karena itu sebaiknya anda selalu merawat dan menjaga wajah anda agar tetap sehat.

Bila jerawat sudah muncul, sebaiknya dihilangkan saja dengan menggunakan cara-cara alami. Jangan menggunakan cara yang tidak aman, karena wajah kita yang akan dijadikan eksperimennya. Selain jerawat ada juga penyakit berupa flek hitam pada wajah yang bisa mengganggu kepercayaan diri kita menurun.

Flek hitam atau dikenal juga dengan sebutan noda bekas di wajah memang terlihat sangatlah mengganggu, apalagi kalau kita ini termasuk kedalam type orang yang sering bergaul atau bersosialisasi. Pasti anda akan minder jika bertemu dengan orang yang anda sukai bukan? Hal ini tentu akan membuat risih dan juga membuat kita merasa kurang percaya diri.

Beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya flek hitam ialah sinar matahari, debu, faktor genetik keturunan, atau pun dari makanan yang dapat menimbulkan jerawat yang pada akhirnya dari jerawat tersebut bisa menimbulkan bekas hitam pada wajah. Selain dari itu masih banyak faktor-faktor lainnya.

Cara mudah hilangkan flek hitam di wajah ini tentunya bisa juga anda lakukan dirumah tanpa perlu pergi ke salon kecantikan. Sehingga anda tidak perlu untuk mengeluarkan biaya perawatan lebih hanya untuk menghilangkan bekas noda diwajah anda.

• Cara pertama yang biasa digunakan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah adalah dengan mengoleskan bagian kulit yang ada flek hitamnya dengan jeruk nipis atau jeruk lemon. Lakukan cara ini selama 4-5 jam. Jus lemon sangat baik dikarenakan mengandung sifat pemutih dan dapat digunakan sebagai obat alami yang sangat efektif dalam menyingkirkan bintik-bintik hitam pada wajah.

• Cara yang kedua adalah dengan menggunakan minyak zaitun atau mengkonsumsi vitamin E setiap malam sebelum tidur. Hal ini dapat membantu anda dalam menghilangkan bekas noda hitam di wajah setelah beraktifitas seharian. Selain itu, anda juga bisa menggunakan parutan bawang putih dan dicampur dengan beberapa tetes madu, kemudian oleskan pada wajah dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu basuhlah wajah anda sampai bersih.

• Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan bawang bombay. Bawah bombay sangat mudah didapat. Samarkan noda hitam pada wajah anda dengan bawang bombay. Caranya yaitu, cincang bawang bombay hingga halus kemudian peras hingga Anda pun mendapatkan air sari dari bawang bombay tersebut. Selanjutnya, gunakan kapas dan basahi dengan air sari bawang bombay, lalu oleskan pada wajah khususnya bagian wajah  yang terdapat noda hitam.

Perlu di ingatkan bahwa penyebab utama flek hitam pada wajah adalah karena kita kurang menjaga kesehatan. Seandainya anda rajin maka hal tersebut tidak akan terjadi. Baiklah semoga bermanfaat dan selamat menjaga kesehatan wajah anda.

Advertisement

12 Responses to "Cara Mengatasi Jerawat Dan Flek Hitam"

  1. tergantung kondisi badan juga mas, klu saya, makan gorengan alhamdulilah gorengan nggak bikin jerawat ni . hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Berarti kondisi tubuh sedang vit, jadi aman terhadap lemak.

      Delete
  2. waduh aku lagi jerawatan nih, apa karena gorengan atau hal lain ya? iya sangat mengganggu nih jerawat haha

    ReplyDelete
  3. Dulu waktu masih muda, jerawat saya juga banyak, kisanak. Tapi sekarang Alhamdulillah udah nggak tumbuh lagi jerawatnya. Soalnya tanah tempat tumbuh jerawat udah nggak subur lagi (keriput). Wkwkwkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmm.. Bisa begitu ya?
      Mungkin sudah takdir Tuhan dibuat keriput, kalau tidak gadis desa banyak yang jadi korban 😂

      Delete
  4. Alhamdulilah saya tak punya jerawat tapi kadang jerawat tumbuh jika lagi stres. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena sedikit stress bisa jadi faktor timbulnya jerawat

      Delete
  5. Thanks mas tipsnya, kalau saya biasanya pake jeruk nipis aja untuk ngilangin jerawat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jeruk nipis memang ampuh untuk membasmi jerawat.

      Delete
  6. emangnya admin orang sunda ya, kok PLEK nya jadi FLEK sih...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sanes mang, abdi teh sanes urang sunda 😂

      Delete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!