Thinking Of Balanced

Dalam hidup ada wilayah yang bisa kita kendalikan dan ada wilayah yang tidak bisa kita kendalikan. Sebagai contoh wilayah yang bisa kita kendalikkan seperti otak yang bisa kita kendalikan untuk berpikir, tangan kita gerakkan untuk memegang Smartphone atau mengetik keyboard komputer, kaki yang bisa kita kendalikan untuk berjalan sejauh yang kita inginkan, dan masih banyak yang lainnya.

Quote Berpikir Seimbang

Sedangkan wilayah yang tidak bisa kita kendalikan berada diluar diri kita seperti terjadi kecelakaan, kemacetan, kebakaran, perang dan lain sebagainnya. Dan kejadian diluar diri kita itu tidak bisa kontrol atau kendalikan.

Sebagai contoh kecil ketika ada seorang teman yang ingin pergi keluar negeri seperti Dubai atau Canada kemudian maskapai penerbangannya mengalami delay atau keterlambatan maka yang ia rasakan pasti kesal dan menyalahkan maskapai penerbangan tersebut.

Padahal jika kita mau sedikit mengoreksi diri kedalam, bahwa keterlambatan itu terjadi bukan disengaja. Ada faktor X dan area tertentu yang tidak bisa kita kontrol atau kendalikan.

Yang seharusnya kita kontrol atau kendalikan sebelumnya adalah yang berada didalam diri kita. Seperti jika kita tidak ingin terlambat kita bisa pergi lebih awal, atau jika kita sudah paham terhadap seluk beluk maskapai penerbangan tersebut, kita bisa berganti maskapai penerbangan lain yang lebih cepat, lebih baik dan tepat waktu.

Dan memang sebagian dari kita lebih enak jika menyalahkan keluar diri kita ketimbang menyalahkan diri sendiri. Padahal jika kita mau sedikit saja menggunakan fungsi otak untuk berpikir maka hal-hal diluar diri bisa diminimalisir.

Advertisement
• • • • • •

Setiap manusia diberi akal agar bisa berpikir. Akan tetapi tidak semua bisa menggunakan fungsi dari akal secara maksimal. Berpikir merupakan sebuah proses kerja otak untuk mengolah data-data yang baru maupun data lama yang tersimpan didalam otak.

Berpikir positif itu perlu, akan tetapi terlalu berpikir positif juga tidak baik karena bisa menyebabkan anda kurang berhati-hati. Sebagai contoh berapa banyak orang yang tertipu karena terlalu percaya dengan rekan bisnis, akan tetapi berakhir dengan penghianatan. Berapa banyak orang yang sudah tertipu dengan investasi yang tidak jelas hingga menyebabkan uang mereka hilang. Dan semua itu merupakan bukti-bukti bahwa terlalu berpikir positif juga memiliki resiko yang tidak baik.

Lalu bagaimana dengan terlalu berpikir negatif? Terlalu berpikir negatif juga tidak baik karena bisa menyebabkan anda tidak berani untuk mencoba. Contohnya ketika anda ingin menjual suatu produk tertentu maka dipikiran anda akan ada keraguan seperti, 

√ Bagaimana ya jika barangnya tidak laku?

√ Bagaimana ya jika tidak ada yang membeli?

√ Apa mereka kira-kira mau beli barang saya ya?

Keraguan-keraguan yang disebabkan oleh terlalu berpikir negatif itu akan menyebabkan anda tidak take action, hingga akhirnya anda tidak berani mencoba.

Berpikir negatif juga memiliki sisi positif seperti, ketika anda ditawari sebuah investasi yang tidak jelas bahkan asing menurut pengetahuan yang anda pelajari, maka sedikit berpikir negatif itu perlu agar bisa memunculkan kewaspadaan dan anda tidak terkena praktek penipuan.

Nah terlalu berpikir positif dan terlalu berpikir negatif itu memiliki kelemahan. Oleh karena itu anda perlu berpikir dengan seimbang. Gunakan cara berpikir positif dan negatif itu yang sesuai dengan kadarnya.

Karena jika terlalu berpikir positif akan menyebabkan kita kurang waspada sedangkan terlalu berpikir negatif akan membuat kita mudah curiga yang akan menyebabkan kita tidak bisa melihat sisi baik.

"Jika anda tidak memiliki keseimbangan hidup, maka bersiaplah anda akan diseimbangkan oleh alam semesta"

Latih terus cara berpikir anda dengan seimbang. Karena dengan memiliki keseimbangan berpikir maka kehidupan anda pun akan seimbang. Karena apa yang anda lihat dan anda dengar semuanya itu belumlah tentu benar.

Advertisement

20 Responses to "Thinking Of Balanced"

  1. Melatih berpikir seimbang sangat menguntungkan, beda halnya bila selalu berpikir positif saja atau berpikir negatif saja
    tentu saja yang terlihat oleh mata sangat mempengaruhi pikiran, tapi tidak semua pikiran itu benar, toh orang yang membawa handuk belum tentu akan mandi bukan? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Betul, bisa jadi dia mau nawarin handuk terbarunya

      Delete
  2. Menyeimbangkan berpikir memang wajib kita terapan supaya keseimbangan itu akan mengarah ke hal positif. Seperti halnya menyeimbangkan pola makan kita jika pola makan mengarah ke 4 sehat lima sempurna maka otak manusia akan bekerja kreatif dan menghasilkan gaya hidup positif. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thats right !
      Berpikir seimbang itu benar-benar perlu diterapkan dalam segala bidang.

      Delete
  3. kalau bagi saya, berfikir seimbang itu sulit... harus terus dilatih biar terprogram secara otomatis oleh bawah sadar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup..
      Teruskan latihannya kang biar otomatis bekerja

      Delete
  4. keseimbangan dalam hidup itu memang sangat diperlukan mas, apalagi dalam mengampil keputusan agar bijak. he,, he,, he,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul
      Terkadang kita perlu juga menjadi lebih bijak

      Delete
  5. Replies
    1. Semoga bisa diambil sisi positifnya mas

      Delete
  6. Yang terpenting itu berhati2 ya mas..

    ReplyDelete
  7. Keseimbangan pikiran yang susah untuk diwujudkan. Tapi kalau nggak seimbang bisa stres ya Mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he..
      Bisa jadi, semoga tidak sampai stress

      Delete
  8. Selalu berprasangka baik saat bisnis memang punya resiko juga. Contohnya saya, terlalu percaya, ya akhrinya kena imbas kerugian.
    Mungkin Tuhan menyuruh saya untuk bersikap lebih sabar. Mengendalikan diri, emposi dan jangan mudah marah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata sampean pernah punya pengalaman juga toh, semoga bisa dijadikan pelajaran yang berharga kang

      Delete
  9. Sangat bermanfaat ini artikelnya gan! Makasih!

    ReplyDelete

Komentar yang masuk akan dimoderasi :
1. Jangan menyertakan link aktif
2. Berkomentarlah dengan cerdas!