Skip to main content

Cara Berdoa Yang Baik & Sopan

Hallo sobat pembaca, apa kabarnya hari ini..? Masih bingungkah dengan cara berdoa yang benar. Atau mungkin ada yang salah dalam tata cara dan konsep memahami arti sebuah doa..! 

"Apa itu doa..?"

Doa adalah sebuah sarana penghubung atau kendaraan yang berfungsi untuk menghubungkan kita dengan Sang Pencipta. Sebuah doa menjadi jembatan untuk berkomunikasi dengan Tuhan.

Berdoa


Lewat sebuah doa kita bisa berkomunikasi dengan Sang Pencipta. Baik berkomunikasi secara langsung maupun berkomunikasi secara tidak langsung. Sebenarnya Tuhan berkomunikasi dengan manusia secara langsung, hanya saja manusia kurang peka dalam memahami maksud Tuhan.

Contohnya ketika perut kita terasa lapar sebenarnya itu adalah sinyal dari Tuhan bahwa manusia tersebut harus makan. Tuhan berkomunikasi lewat diri manusia maupun lewat gejala yang terjadi pada alam semesta, hanya saja terkadang kita kurang peka menangkap sinyal dari Tuhan tersebut.

Wilayah doa memang sangat pribadi dan setiap individu pasti memiliki cara yang sangat bervariasi. Akan tetapi bukan berarti tidak ada cara yang sederhana memahami sebuah doa.

Setiap manusia pasti memiliki konsep doa yang berbeda, akan tetap satu tujuan yaitu Sang Pencipta. Sebelum kita berdoa ada baiknya terlebih dahulu kita memahami konsep sebuah doa tersebut.

Menurut yang admin tahu dan pahami, doa itu adalah sebuah penyerahan sesuatu atas ketidakmampuan kita kepada Sang Pencipta agar diberikan baik itu petunjuk, pengabulan, perlindungan maupun jalan keluar atas apa yang kita alami saat ini.

Jadi, doa itu bukanlah sebuah permintaan. Karena Sang Pencipta sudah memberikan kepada kita berbagai nikmat hidup, modal hidup, kemampuan, rahmat, anugerah dan lain sebagainya. Hanya saja kita belum mau berpikir sejauh itu untuk mengerti dan memahami jalan fikiran Sang Pencipta.

Mulai sekarang berhentilah untuk meminta..meminta dan meminta..! Jangan pernah memiliki mental seorang pengemis. Karena Allah sudah memberikan lebih dari apa yang kita bayangkan.

"Lalu apa ada cara terbaik dan sopan untuk berdoa..?"

Berikut ini adalah tata cara yang baik dan sopan untuk berdoa kepada Sang Pencipta yaitu,

• • • • • •


4 Langkah Berdoa Yang Baik Dan Sopan


1. Menyapa Sang Pencipta

Sapalah dahulu Sang Pencipta dengan sapaan yang baik dan sopan. Sebagai contoh, wahai Tuhan atau wahai Sang Pencipta atau Yaa Rabbi, Yaa Rohmaan dan lain sebagainya sesuai dengan keyakinan dan bahasa yang sobat pahami. Karena Tuhan sangat senang apabila ada hambanya sering menyapa dan itu menjadi ciri bahwa hamba tersebut selalu ingat kepada Tuhannya.

2. Mengucapkan Rasa Bersyukur

Sebelum kita berkomunikasi dengan Sang Pencipta ada baiknya kita bersyukur terlebih dahulu atas semua nikmat yang telah di anugerahkan kepada kita. Berterima kasihlah kepada Sang Pencipta atas nikmat hidup, nikmat sehat, nikmat panjang umur dan lain sebagainya. Karena dengan mengucapkan rasa bersyukur itu sama dengan kita selalu berterima kasih atas segala nikmat yang telah dianugerahkan oleh Tuhan.

3. Memohon Pengampunan

Cara yang satu ini sering terlewatkan, karena kebanyakan manusia sibuk dengan meminta hal dunia. Usahakan untuk selalu memohon pengampunan terlebih dahulu, karena setiap manusia selalu dikelilingi kesalahan baik melalui pikiran, ucapan dan perbuatan yang tanpa sengaja dilakukan.

4. Maksud Doa

Setelah kita memohon pengampunan barulah kita mengutarakan apa yang kita maksudkan, baik itu melalui rasa, pikiran maupun ucapan. Karena apa yang kita rasakan bisa menjadi sebuah doa. Lalu yang kita pikirkan bisa pula menjadi sebuah doa. Dan yang terakhir adalah melalui ucapan. Tidak perlu berteriak-teriak ketika berdoa, karena Tuhan tidak tuli. Tuhan itu Maha Mendengar baik yang bersuara dalam hati maupun yang bersuara dengan wajar.

Sekali lagi utarakan penyerahan atas apa yang anda alami maupun rasakan kepada Sang Pencipta agar diberi jalan keluar yang terbaik. Karena pengabul / terkabulnya sebuah doa akan otomatis tanpa harus diminta. Karena Sang Pencipta sudah mengetahui maksud dari doa yang sobat utarakan. Sekali lagi pasrahkan tentang hasilnya kepada Tuhan dan jangan mengatur Tuhan pada wilayah tersebut.

Semoga cara berdoa yang simple ini bisa membuka wawasan dan membuka hati nurani sobat untuk mengenal Sang Pencipta lebih dekat lagi. Karena Tuhan sangat senang dengan hambanya yang selalu ingat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar